Ingin Belanja Online Lebih Mudah? Yuk Simak Tipsnya di Sini

laptop dengan latar belakang troli belanja
Ingin Belanja Online Lebih Mudah? Yuk Simak Tipsnya di Sini. Photo by Pixabay
Waktu baca: 4 menit

Belanja online sudah menjadi kebiasaan banyak orang di Indonesia, kemudahan yang diberikan ketika berbelanja seolah membuat kegiatan ini menjadi candu masyarakat jaman sekarang. Meski begitu tips belanja online tetap harus diperhatikan, agar nantinya seseorang tidak menanggung beban besar ketika melakukan aktivitas ini.

Pada umumnya kecanduan belanja online justru membuat pengeluaran seseorang menjadi bengkak, selain itu jika terlalu asal dalam melakukan belanja online ditakutkan nantinya merusak sistem pengeluaran tiap bulan. Tak jarang seseorang justru berani berhutang hanya demi memenuhi hasrat belanja online mereka, tentu ini bukan masalah biasa yang dapat dibiarkan.

Tips Belanja Online

  1. Pilih Online Shop Terpercaya
Tampilan online shop.
Pilih online shop terpercaya. Photo by Pixabay

Hal ini bisa dilihat dari testimoni dan review yang baik dari pembeli lain, prestasi yang diberikan para pelanggan menjadi tolok ukur reputasi toko online. Perhatikan alamat web toko online, tujuannya untuk memperkecil risiko kebocoran informasi, bisa dilihat dari ikon gembok kecil pada pojok kanan atas alamat URL.

  1. Baca Kebijakan Toko Online
Seorang sedang memegang kartu dengan tulisan terms and contions
Pahami kebijakan toko online. Photo by Pixabay

Biasanya banyak orang mengabagikan syarat dan ketentuan yang diberlakukan toko online, padahal jika dibaca dengan teliti akan sangat berguna bagi pengguna. Khususnya jika terjadi sesuatu yang di luar dugaan, seperti barang yang diterima cacat atau jika ingin melakukan pengembalian barang hingga ongkos kirim.

  1. Jangan Tergiur Barang Murah
Papan tulis hitam bertuliskan angka dan sale
Jangan tergiur barang murah. Photo by Pixabay

Sudah sering menjadi trik dan strategi pedagang online dalam memberikan penawaran harga sangat murah, terutama barang-barang bermerk yang sebenarnya memiliki nilai jual mahal. Jika menemukan hal ini ketika sedang berbelanja online perlu diwaspadai karena erat kaitannya dengan penipuan, jangan buru-buru dalam melakukan pembelian barang.

  1. Baca Deskripsi Produk
Seorang pria sedang membaca deskripsi produk melalui ponsel pintar.
Baca deskripsi produk. Photo by Stocksnap

Perlu diingat sebelum memutuskan membeli suatu produk, biasakan untuk membaca terlebih dahulu deskripsi yang disediakan. Hal ini guna mengantisipasi apabila produk yang dipajang tidak sesuai dengan yang dijual, jika menemui kondisi ini sangat disarankan untuk bertanya kepada penjual atau mencari di toko online lainnya.

Baca juga: Keuntungan Belanja Online yang Perlu Diketahui

  1. Cara Pembayaran Paling Aman
Seorang pria sedang membayar produk dari toko online.
Pastikan pembayaran aman. Photo by Pexels

Mengutamakan pembayaran cash on delivery (COD) sering kali dipilih pembeli guna mengantisipasi barang tidak dikirimkan. Selain itu juga bisa dilakukan dengan menggunakan rekening bersama, pembeli akan melakukan transfer kepada perantara dan jika barang sudah diterima maka dana dari pihak perantara bakal ditransfer ke penjual.

Jangan tergesa-gesa dalam melakukan pembayaran, kecuali memang toko online tempat membeli produk benar-benar dipercaya. Ciri toko online yang baik adalah menggunakan rekening perusahaan dalam bertransaksi dan bukan menggunakan nama pribadi atau perorangan. Jika sudah melakukan pembayaran, simpan bukti pembayaran tersebut.

  1. Pastikan Keamanan Perangkat
Layar bertuliskan Security
Pastikan jaga keamanan. Photo by Pexels

Belanja online mengharuskan seseorang menggunakan perangkat dengan internet, bisa itu smartphone atau juga bisa menggunakan laptop. Pastikan keamanan barang-barang yang digunakan untuk berbelanja online, usahakan untuk tidak melakukan belanja online di tempat umum dan memakai perangkat umum karena keamanannya tidak terjamin.

  1. Cek Barang Belanjaan dan Hilangkan Jejak Data
Beberapa bungkus hasil belanja online.
Cek barang. Photo by Pexels

Apabila pengecekan menemukan hasil yang baik dan proses transaksi berjalan lancar, maka hanya tinggal menunggu produk pesanan yang dibeli datang dan sampai ke tempat tujuan. Namun belum berhenti sampai di sini, karena pembeli online masih harus memeriksa isi paket guna melakukan pengecekan secara pasti.

Jika barang sudah sesuai pesanan makan pembelian di online shop bisa dibilang sukses, namun jika produk yang datang tidak sesuai yang dipesan, maka harus ada langkah lain yang ditempuh. Seperti melakukan pengembalian dan protes terhadap penjual, pelaporan harus dilakukan agar segera ditangani oleh platform tempat penjual melakukan bisnis online.

Selain itu setelah mendapatkan produk jangan sampai membuang data yang tertera pada paket produk dibuang begitu saja. Catatan alamat pada paket bisa dimusnahkan dengan cara membakar atau digunting kecil-kecil hingga tulisan yang tertera tidak bisa terbaca lagi. Hal ini digunakan untuk menghindari penipuan yang bisa mengatasnamakan data tersebut.

Memahami tips-tips belanja online sangat penting untuk dilakukan setiap ingin melakukan pembelian melalui toko online. Jika diterapkan dengan benar dan teliti, maka pembeli online kemungkinan besar terhindar dari penipuan atau salah dalam melakukan pembelian. Usahakan untuk mengenal lebih jauh platform jual beli online yang dipakai sebelum melakukan pembelian produk.

Artikel Lainnya