Gaji Terasa Cepat Habis? Cari Tahu Alasannya di Sini

Gaji bulananmu terasa cepat habis.
Gaji bulananmu terasa cepat habis. Photo by @JPvalery
Waktu baca: 3 menit

Saat kamu memiliki penghasilan yang sedikit demi sedikit bertambah, biasanya pengeluaranmu akan bertambah pula. Jika tidak dikendalikan dengan baik, maka gaji yang kamu dapatkan tiap bulannya terasa cepat habis. Dan keadaan itu tentu akan memengaruhi tingkat kesehatan finansial dalam jangka panjang.

Apakah kamu menginginkan hal itu terjadi? Tentu saja tidak bukan? Memang, banyak hal yang tidak terduga yang membuat pengeluaranmu bertambah setiap harinya tanpa disadari. Namun, kamu tetap harus menyelidiki ke mana saja gaji yang kamu dapatkan lari sehingga terasa cepat habis.

Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan saat gajimu terasa cepat habis.

Analisis total pengeluaran akhir-akhir ini

Analisis pengeluaran.
Analisis pengeluaran. Photo by Pixabay

Sebelum terlambat, cobalah untuk menganalisis semua pengeluaran yang kamu lakukan dalam 7 hari ke belakang. Lihat apakah jumlah pengeluarannya itu lebih besar atau lebih kecil dari minggu lalu. Jika jumlahnya lebih besar, maka kamu harus mengelola uang lebih ketat lagi untuk minggu-minggu berikutnya.

Namun, jika kamu tidak melakukan hal itu, sudah pasti pengeluaranmu akan semakin membengkak. Akibatnya, gajimu akan semakin sulit untuk dilihat. Untuk mulai menganalisisnya, kamu bisa memanfaatkan waktu-waktu kosong yang kamu miliki. Lakukan dengan teliti agar dapat menemukan pos mana yang pengeluarannya cukup besar.

Bandingkan pengeluaranmu sekarang dengan sebelumnya

Bandingkan pengeluaran.
Bandingkan pengeluaran. Photo by Pexels

Setelah selesai menganalisis, selanjutnya lakukan perbandingan antara pengeluaran yang kamu lakukan bulan ini dengan bulan sebelumnya. Hal itu bertujuan untuk mengetahui selisih pengeluaran dari kedua bulan itu sekaligus. Jika selisihnya tidak terlalu signifikan, maka pengeluaranmu bisa dikatakan stabil setiap bulannya.

Namun, jika pengeluaranmu ternyata memiliki selisih yang cukup besar, segera lakukan penghematan. Dengan melakukan penghematan itu, setidaknya pengeluaranmu tersebut bisa dialihkan untuk hal lain seperti untuk investasi atau menabung.

Kurangi aktivitas yang memakan biaya tambahan

Kurangi waktu nongkrong.
Kurangi waktu nongkrong. Photo by @wadeaustinellis

Dalam upaya menghemat, usahakan untuk mengurangi aktivitas yang benar-benar memakan biaya tambahan. Contohnya ialah nongkrong bareng teman, nonton, hingga party. Aktivitas seperti itu sebenarnya menyenangkan namun dapat menyebabkan pengeluaranmu bertambah drastis.

Selain menguras uang, aktivitas tersebut juga bisa dikatakan menguras waktu dan tenaga. Daripada bersenang-senang, alangkah lebih baiknya kamu memanfaatkan sisa waktu untuk bersantai dan melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat.

Pastikan pikiran untuk selalu tenang

Pikiran harus tetap tenang agar gaji tak terasa cepat habis
Pikiran harus tetap tenang. Photo by Pixabay

Saat pikiranmu tidak tenang, pasti banyak uang yang kamu habiskan. Sebagai contoh saat kamu galau setelah diputusin pacar, dimarahi bos, pekerjaan menumpuk, dan lain sebagainya. Biasanya pelampiasan dari hal itu ialah mengeluarkan cukup banyak uang agar pikiranmu bisa tenang.

Maka dari itu, pastikan agar pikiranmu tetap tenang setiap saat. Jika terjadi hal-hal yang tidak mengenakkan, kamu bisa mulai bercerita kepada teman atau kerabat untuk meringankan bebanmu itu. Dengan begitu, kamu akan merasa lega atau mungkin bahkan mendapat solusi untuk menyelesaikan masalah yang kamu hadapi.

Setelah kamu tahu ke mana saja gaji yang kamu dapatkan selama ini hingga terasa cepat habis, segera lakukan perbaikan keuangan. Perbaikan keuangan yang bisa dilakukan di antaranya mencari penghasilan tambahan, menabung, hingga berinvestasi.

Untuk mulai investasi, kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Saat ini sudah banyak jenis investasi yang membutuhkan modal tidak besar, di antaranya ialah Peer to Peer (P2P) Lending. Tidak perlu bingung, saat ini banyak P2P Lending yang ada di Indonesia, salah satunya ialah KlikCair. Jika kamu melakukan pendaan bersama KlikCair, maka kamu sudah mendukung misi dari KlikCair yaitu menumbuhkan perekonomian yang lebih inklusif di Indonesia. Yuk jangan ragu untuk mulai mendanai bersama KlikCair.

You may also like...

Leave a Reply