Cover Proposal Bisnis: Pengertian dan Cara Membuatnya

Cover Proposal Bisnis
Cover Proposal Bisnis: Pengertian dan Cara Membuatnya. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Pada bagian awal proposal bisnis, terdapat bagian berupa cover. Cover ini memang hampir selalu ada dalam setiap proposal baik itu proposal penelitian, proposal kegiatan maupun proposal bisnis. Dalam hal ini, cover proposal bisnis harus dibuat bagus agar bisa membuat Investor tertarik.

Dalam artikel ini tidak hanya dibahas mengenai apa itu cover proposal melainkan juga cara membuat cover proposal yang menarik. Yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Cover Proposal Bisnis

Pengertian cover proposal bisnis ialah suatu bagian awal dari proposal bisnis dimana sangat penting diperhatikan karena bisa memberikan kesan pertama pada proposal yang sudah ditulis. Proposal bisnis ini berfungsi untuk membantu usaha mendapatkan investasi, mencapai tujuan bisnis dan dapat mempertajam strategi bisnis yang dijalankan.

Proposal bisnis sendiri memuat ide maupun hal-hal rancangan dalam berbisnis  yang diupayakan bisa meyakinkan investor agar tertarik untuk mendukung bisnis yang akan dijalankan berupa suntikan modal ataupun sumbangan dalam kebutuhan berbisnis.

Proposal juga memuat background usaha sehingga investor maupun pihak lain tahu terkait bisnis yang akan dijalankan.

Sementara itu, untuk cover sendiri ialah bagian wajah yang terlihat pertama pada sebuah proposal. Dengan demikian, bagian ini menjadi awalan yang dilihat pertama sehingga harus dibuat semenarik mungkin dan tidak berlebihan. Cover sebagai kesan pertama bisnis bisa dibuat menarik, mewah, kreatif, futuristic, dan sebagainya.

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa cover proposal bisnis ialah bagian awal yang menjadi kesan pertama dari gambaran suatu bisnis yang akan dijalankan dimana rancangan tersebut disusun dalam bentuk proposal.

Adapun contoh cover proposal bisnis ialah sebagai berikut:

Contoh proposal bisnis
Contoh proposal bisnis 1. Photo by Canva
Contoh proposal bisnis
Contoh proposal bisnis 2. Photo by Scrib

Bagaimana, contoh cover di atas cukup menarik bukan?

Baca juga: Bisnis 2023 yang Menguntungkan dan Tipsnya

Cara Membuat Cover untuk Proposal Bisnis Agar Menarik Investor

Untuk membuat cover proposal bisnis makanan, minuman, alat rumah tangga, dan berbagai produk lainnya sebisa mungkin dibuat dengan menarik. Cover proposal menarik bisa membuat investor tertarik dan menilai baik suatu proposal yang diajukan.

Dalam hal ini, agar proposal bisnis lebih meyakinkan maka perlu diperhatikan setiap unsur dalam proposal secara cermat, termasuk cover bisnis plan menarik. Pastikan juga bahwa dalam proposal ini tidak terdapat kesalahan pada pembuatannya.

Apa yang harus diperhatikan dalam membuat gambar cover? Ini dia beberapa hal yang perlu diperhatikan

1. Meminimalisir Unsur Teks

Dalam cover proposal bisnis, sebaiknya meminimalisir unsur teks yang ada dan memperbanyak logo atau gambar. Teks yang disematkan dalam cover ialah judul dimana ditulis tidak terlalu panjang. Pada cover juga bisa ditambahi informasi pendukung berupa teks seperti nama produk, nama lembaga maupun usaha.

Cantumkan juga pada cover proposal terkait alamat dari pendirian usaha untuk mempermudah pembaca menemukan lokasi bisnis dijalankan.

2. Desain yang Simpel dan Menarik

Pada pembuatan cover ini desain menjadi kunci penentu apakah cover proposal terlihat menarik maupun tidak. Dengan demikian, cobalah memikat pembaca dengan cover proposal yang terlihat simpel namun menarik.

Agar bisa membuat desain cover yang menarik maka pilihlah desain yang terlihat sederhana namun mewakili isi dari proposal gambaran usaha. Cover ini fungsinya hampir layaknya iklan yakni memberikan gambaran umum pada pembaca proposal nantinya.

Terdapat beberapa hal yang penting diperhatikan misalnya dalam pemilihan warna yang sesuai, desain background yang digunakan dan warna font yang dipilih sebaiknya memiliki tone yang sesuai dengan gambar produk atau logo perusahaan.

Pastikan warna yang dipilih pada cover tidak bertabrakan ataupun kontras. Sebagai contoh apabila logo produk makanan misalnya ayam goreng berwarna merah maka usahakan background berwarna hitam maupun kuning sehingga logo tersebut muncul. Kemudian gunakan warna senada seperti orange untuk tulisan dan hal-hal lainnya.

Pada pemilihan warna ini juga sebaiknya tidak terlalu ramai atau warna-warni. Cukup gunakan 2-3 kombinasi warna saja sehingga terlihat lebih elegan.

3. Menggunakan Font yang Sesuai

Selanjutnya, pada pembuatan cover juga sebaiknya menggunakan jenis font yang tepat. Adapun dalam bisnis, kriteria font yang sesuai yakni mudah untuk dibaca dan memiliki karakter yang sama dengan produk pada proposal yang akan ditawarkan.

4. Menambahkan Logo dan Gambar

Agar cover bisa memberikan gambaran mengenai isi proposal, maka dalam cover dapat disematkan logo ataupun gambar produk. Logo dan gambar ini menjadi komponen yang bisa membuat cover semakin cantik dan menarik.

Dengan adanya gambar baik itu logo ataupun foto produk maka pembaca bisa memahami isi proposal seperti produk yang akan dijual. Selain itu, pada cover juga bisa ditambahkan elemen pendukung yang lain misalnya bulatan-bulatan, lengkungan, garis bawah, garis atas dan sebagainya.

Apabila hendak menyematkan logo usaha, maka logo ini lebih baik ditempatkan di bagian tengah dan berukuran agak besar sehingga akan terlihat lebih menonjol. Sementara jika hendak menggunakan logo beserta gambar maka logo dapat diperkecil dan diletakkan di sudut atas sementara foto produk dijadikan sebagai gambar utama dan diletakkan di tengah.

5. Mengatur Komposisi sehingga Nampak Pas

Komposisi pada desain cover juga harus disusun agar terlihat harmonis. Seluruh unsur yang diperlukan dapat ditata dan dicocokkan sehingga bisa terlihat pas dan sesuai dengan tema proposal yang diajukan.

Pastikan kombinasi dalam cover bisa menyajikan suguhan gambaran cover menarik dan memikat pembaca sehingga nyaman untuk dipandang. Dalam hal ini, elemen yang harus disusun harmonis meliputi font, foto produk, logo, elemen pendukung, warna background dan sebagainya.

Dengan susunan yang harmonis ini desain cover akan nampak menarik dan mengagumkan. Bagaimana? Mudah bukan cara untuk membuat cover proposal usaha ini?

Begitulah cara membuat cover proposal usaha yang menarik. Agar hasilnya semakin memuaskan, maka diperlukan kesabaran dan ketelitian dalam membuat cover proposal bisnis. Ketika cover tersebut dibuat menarik, maka pembaca paham isinya tanpa membaca keseluruhan.

Untuk bisa membuat cover, terdapat banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan seperti Corel Draw, Adobe Photoshop, maupun Canva. Aplikasi tersebut bisa diakses secara gratis untuk membuat desain cover yang bagus dan menarik.

Baiklah, mungkin sampai disini saja pembahasan mengenai cover proposal bisnis. Semoga apa yang dipaparkan terkait cover proposal beserta cara membuatnya di atas bisa menjadi panduan bagi pembaca yang hendak membuat desain cover proposal. Selamat mencoba!

Mungkin Anda juga menyukai