Bisnis 2023 yang Menguntungkan dan Tipsnya 

Bisnis yang Menguntungkan
Bisnis yang Menguntungkan dan Tipsnya. Photo by Pexels
Waktu baca: 5 menit

Semakin berkembangnya zaman, membuat para pelaku usaha harus memikirkan ide bisnis yang lebih kreatif dan banyak dibutuhkan saat ini. Oleh sebab itu, berikut akan diberikan rekomendasi bisnis 2023 yang menguntungkan. 

Usaha tersebut disebut sebagai peluang terbaik karena mempunyai kebutuhan pasar yang besar. Kamu tidak boleh melewatkan peluang ini. Banyak juga usaha yang mulai beralih ke perkembangan teknologi karena semakin menguntungkan. Lalu, apa saja daftarnya? 

Bisnis-bisnis yang Menguntungkan di Tahun 2023 

Akhir-akhir ini, banyak peluang usaha yang menjanjikan bahkan diantaranya ada yang tidak perlu modal yang besar. Ada yang bisa menghasilkan keuntungan yang besar jika bisnis dijalankan dengan serius. Lalu, apa saja bisnis-bisnis ini? Mari kita simak bersama. 

1. Bisnis Dropship 

Ide usaha kecil tapi menguntungkan.
Jadi dropshipper. Photo by Pexels

Rekomendasi usaha untuk pemula yang pertama adalah dropship yang merupakan bisnis tanpa modal. Hal ini karena dropshipper tidak perlu menyetok barangnya. Semua orang bisa menjadi dropshipper dengan cara menjual barang lewat e-commerce tanpa perlu menyediakan barangnya. 

Kamu cukup bekerja sama dengan supplier sehingga apabila ada pesanan di e-commerce, supplierlah yang akan mengirimkan barang tersebut ke alamat penerima dengan mengatasnamakan tokomu. 

Dengan begitu, bisa dikatakan sistem dropship dilakukan dengan jual beli yang biasa dilakukan secara online dan kamu disini sebagai pihak perantara antara konsumen dan supplier. 

Meski tidak membutuhkan modal dan harus stok barang, bisnis ini bisa mendapatkan keuntungan yang besar. 

2. Guru Les Online 

Menjadi guru online
Menjadi guru online. Photo by Pixabay

Saat ini era digital memang sangat masif. Banyak komunikasi yang bisa dilakukan secara online sehingga lebih praktis. Salah satunya adalah menjadi guru les online. Bisnis 2023 yang menguntungkan ini bisa kamu pertimbangkan jika punya skill mengajar dan pengetahuan. 

Kamu bisa mengajar ilmu yang sudah dikuasai dimana saja dan kapanpun karena yang dibutuhkan hanya perangkat digital dan koneksi WiFi. Profesi tersebut sudah banyak disukai apalagi setelah pandemi Covid-19 yang membatasi pertemuan secara offline . 

3. Jasa Titip 

Buka jasa titip.
Buka jasa titip. Photo by Pexels

Trend bisnis berikutnya yaitu  jasa titip. Usaha ini juga tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak. Bagi pemula, kamu bisa membuka jasa ini ketika sedang perjalanan ke luar kota. Dengan demikian, tidak hanya isa berlibur, tetapi juga menjalankan bisnis. 

Banyak pembeli yang mencari jasa ini karena produk tersebut hanya ada di daerah tertentu. Kamu bisa menyediakan produk tertentu yang banyak dicari baik itu makanan dan minuman atau fashion . 

4. Penulis dan Desain Grafis Freelance 

Inilah usaha rumahan modal kecil.
Buka jasa penulisan artikel. Photo by Pixabay

Bisnis 2023 yang menguntungkan dan mudah saat ini menjadi penulis lepas untuk website atau desain grafis. Hal ini karena banyak website yang membutuhkannya sehingga ini menjadi segmentasi terbaik untuk mendapatkan banyak pelanggan. 

Selain itu, di era digital ini membuat para pelaku bisnis ingin memakai jasa penulis dan desain grafis untuk memasarkan produk perusahaan. Hal ini lebih efektif karena bisa mendatangkan banyak pelanggan. 

Desain yang menarik adalah strategi pemasaran yang efektif untuk iklan sehingga memang banyak dicari. Bisnis ini juga cocok untuk pemula karena tidak perlu modal yang besar. Kamu cukup punya perangkat yang mendukung untuk menulis dan mendesain. 

5. Pembuatan Website 

Jasa pembuatan website
Mermbuat website. Photo by @campaign_creators

Selain menulis untuk website, kamu juga bisa membuat jasa pembuatan website. Pembuatan website adalah bisnis 2023 yang menguntungkan dan menarik. Banyak yang tertarik dengan bisnis website ini karena cocok untuk anak milenial sekarang. 

Bagi yang punya bisnis atau usaha kecil menengah juga perlu website agar lebih meningkatkan penjualan sampai dengan branding perusahaan. Namun, tidak semua orang mengetahui cara untuk membuat website. 

Oleh sebab itu, kamu bisa membuka jasa pembuatan website untuk menyediakan website dengan kualitas terbaik dan user friendly. 

6. Jual Makanan dan Minuman 

Jualan makanan
Jualan makanan. Photo by Dream

Peluang bisnis 2023 selanjutnya adalah jual makanan dan minuman baik secara online ataupun offline. Cara online juga termasuk pilihan yang tepat untuk mendapatkan untung karena pemesanannya yang mudah dan bisa dikirim ke berbagai daerah. 

Kamu bisa menyediakan makanan dan minuman yang tidak terlalu dekat masa kadaluarsanya agar bisa didistribusikan di berbagai daerah. Selain itu, bisa juga membuka restoran dan bekerjasama dengan aplikasi antar makanan ke pelanggan. 

Apabila punya kemampuan dalam memasak, maka cobalah untuk mendapatkan penghasilan lewat skill yang kamu miliki. 

Bisnis 2023 yang menguntungkan ini adalah pilihan tepat untuk bisnis karena sudah banyak jasa transportasi online yang bisa mengantarkan makanan ke pelanggan. 

Persiapkan modal yang dimiliki dengan memilih makanan dan minuman yang cocok untuk budget dan banyak dicari oleh konsumen. 

7. Bisnis Fashion dan Aksesoris 

Bisnis fashion
Bisnis fashion. Photo by @socialcut

Fashion dan aksesoris adalah bisnis yang tidak ada matinya. Setiap berganti tahun, akan ada model baru yang muncul. 

Banyak juga masyarakat yang mengikuti tren untuk mendapatkan style yang kekinian sehingga tak jarang bisnis fashion dan aksesoris termasuk bisnis 2023 yang menguntungkan. Jika mengikuti perkembangan, kamu berpeluang mendapatkan untung yang besar. 

Ada juga yang memulai bisnis fashion berdasarkan tema tertentu seperti fashion seragam sekolah, pengantin, berhijab, sampai untuk haji dan umrah. 

8. Jadi Reseller 

Menjalankan bisnis reseller
Bisnis reseller. Photo by Pexels

Selain berjualan secara langsung, bisnis reseller juga banyak mendatangkan keuntungan. Bisnis yang satu ini juga banyak dilirik oleh pelaku usaha. Reseller tidak sama dengan dropship karena kamu harus stok barang atau membeli dari supplier tersebut. 

Lalu, kemudian dijual kembali untuk mendapatkan keuntungan. Reseller akan cocok bagi penjual pemula yang tidak punya produk sendiri. 

Baca juga: Mengenal Ciri-Ciri Bisnis yang Menguntungkan

Tips Menjalankan Bisnis Agar Untung di 2023 

Bagi yang masih pemula tentu butuh kiat memulai bisnis agar mendapatkan untung. Simak beberapa langkah untuk melakukan bisnis berikut ini. 

1. Tentukan Jenis Usaha 

Cara memulai bisnis yang pertama adalah menentukan jenis usaha yang hendak dijalankan. Tujuannya agar  memudahkan kamu untuk menghasilkan kualitas layanan atau produk terbaik. 

Kamu bisa menentukannya dari apa yang disukai sehingga bisa semangat untuk menjalankan bisnis dan lebih optimal. 

2. Lakukan Riset dan Susun Anggaran 

Cara memulai bisnis bagi pemula selanjutnya adalah dengan melakukan riset. Riset adalah cara dalam menemukan kelebihan dan kekurangan dari jenis usaha yang dipilih. 

Dengan melakukannya, kamu bisa meminimalisir risiko yang bisa terjadi dan membuat strategi bisnis yang lebih baik. Susun juga anggaran pengeluaran dan pendapatan yang masuk agar bisa mengetahui arus keuntungannya menjadi lebih baik. 

3. Buat Strategi Promosi yang Tepat 

Tips terakhir supaya mendapatkan bisnis 2023 yang menguntungkan adalah strategi promosi yang tepat. Kamu perlu untuk memilih strategi apa yang membuat produk efektif terjual. Caranya dapat dilihat dengan segmentasi pasar yang ada. 

Contohnya menggunakan promosi media sosial, banner, sampai dengan billboard. 

Demikian penjelasan rekomendasi bisnis 2023 yang menguntungkan beserta dengan tipsnya. Kamu bisa memilih rekomendasi di atas berdasarkan kemampuan yang dimiliki.

Mungkin Anda juga menyukai