Cost of Goods Sold adalah: Pengenalan, Manfaat dan Cara Menghitung COGS Lengkap

Cost of Goods Sold adalah: Pengenalan, Manfaat dan Cara Menghitung COGS Lengkap
Cost of Goods Sold adalah: Pengenalan, Manfaat dan Cara Menghitung COGS Lengkap. Photo by Freepik
Waktu baca: 4 menit

Setiap bisnis jual beli pasti ada yang namanya Cost of Goods Sold atau Harga Pokok Penjualan (HPP). Adapun Cost of Goods Sold adalah salah satu proses produksi penting guna menentukan penjualan harga produk.

Cost of Goods Sold atau biasa disebut COGS harus kamu pahami lebih mendalam supaya harga jual produk sesuai dan ada laba yang dihasilkan. Apabila perhitungannya keliru, akan berdampak pada biaya produksi dan dampak buruknya tidak mendapatkan laba.

Mengenal Cost of Goods Sold

COGS artinya sama saja dengan Harga Pokok Penjualan. Secara umum Cost of Goods Sold adalah perhitungan semua biaya langsung (direct cost) produksi termasuk biaya bahan baku langsung, tenaga kerja langsung dan overhead pabrik langsung guna menentukan harga jual.

Biaya tidak langsung atau indirect costs seperti biaya gaji karyawan, biaya pengiriman tidak masuk dalam metode rumus perhitungan COGS. Sederhananya, jika kamu mulai bisnis kecil berjualan makanan atau minuman, maka saat kulakan itulah harga beli yang sebenarnya.

Selanjutnya saat akan menjualnya kembali, maka kamu dapat menambahkan harga jual sebesar 20% atau lebih sebagai keuntungan dan itulah yang disebut HPP. 

Dalam sebuah bisnis berskala besar, ada laporan khusus berupa laba rugi dari hasil proses pendapatan penjualan.

Cost of Goods Sold adalah dikurangkan dari pendapatan yang menghasilkan pendapatan kotor. Dari laba kotor maka terlihat sejauh mana pengelolaan tenaga kerja dengan bahan baku pembuatan produk. Jika bisa efisien, maka mendapatkan laba lebih banyak.

Namun, apabila proses produksi ternyata membutuhkan banyak dana, bisa jadi laba sedikit atau bahkan malah merugi. 

Maka, sangat penting kamu ketahui Cost of Goods Sold adalah secara lebih detail sebab ada tujuan tertentu yaitu menghitung harga pokok produk dijual pada jangka waktu tertentu.

Dari sini kamu bisa mengetahui harga jual yang tepat pada konsumen melalui sales di pasaran. Sehingga laba didapat, proses produksi berjalan lancar dan penjualan meningkat.

Baca juga: Alasan Berani Memulai Bisnis, Jangan Ragu!

Manfaat Cost of Goods Sold

Cost of Goods Sold
Manfaat cost of goods sold. Photo by Freepik

Sebelumnya sudah tahu kepanjangan COGS adalah Cost of Goods Sold yang bertujuan untuk mendapatkan harga jual produk secara tepat dan akurat. Dengan tujuan yang jelas perlu kamu tahu berbagai manfaat dari Harga Pokok Penjualan suatu produk.

Adapun manfaat Cost of Goods Sold adalah sebagai berikut:

1. Memberikan Estimasi Biaya Perusahaan

Perusahaan membutuhkan rincian dana paling akurat untuk menghasilkan suatu produk. Bagaimana sebuah produk tercipta dengan biaya bahan baku lengkap dengan proses produksinya. 

Dari semua pengeluaran dana, bisa menghasilkan HPP secara akurat dan penentuan harga jual paling tepat.

2. Menentukan Harga Jual dengan Tepat

Sudah kamu ketahui sebelumnya dalam mengusung harga jual ke konsumen harus jelas kebutuhan COGS. Biaya produksi, spesifikasi barang lengkap dengan nominal permintaan pasar. 

Perhitungan yang paling tepat dan spesifik dapat memberikan perhitungan berapa harga jual paling cocok untuk konsumen. Beberapa komponen yang termasuk dalam perhitungan Cost of Goods Sold adalah antara lain:

  • Inventory atau persediaan yaitu adanya barang yang asalnya dari stok sebelumnya. Artinya barang yang telah ada akan ditambahkan dengan barang yang akan dibeli.
  • Tenaga kerja langsung yaitu upah yang harus terbayarkan pada karyawan yang telah bekerja dalam hitungan jam. 
  • Overhead atau biaya tidak langsung merupakan biaya lain selain inventory dan biaya kerja langsung. 
  • Ragamnya ada banyak tergantung dari jenis bisnis yang akan kamu jalankan seperti biaya sewa gedung, biaya listrik, biaya ongkos kirim hingga biaya alat.

3. Sarana Memantau Realisasi Biaya Produksi

Manfaat ketiga dari Cost of Goods Sold adalah mampu melakukan pemantauan realisasi biaya produksi. Ketika ada pesanan masuk, ada perhitungan biaya produksi dalam pemenuhan pesanan.

Data sebelumnya dalam jurnal COGS dan berbagai akun tentang akuntansi terkait bisa kamu cek untuk perhitungan yang valid dalam biaya produksi. Informasi lengkap memudahkan berapa kebutuhan biaya untuk memenuhi pesanan. 

Perhitungan jelas akan menghasilkan efisiensi dana dan melihat keseluruhan total biaya sesuai pesanan periode sebelumnya atau tidak.

4. Mengetahui Laba Rugi Perusahaan

Perhitungan Cost of Goods Sold adalah dapat kamu gunakan pula untuk mengetahui bagaimana perusahaan berjalan, rugi, jalan di tempat atau berkembang. Apabila profit bisnis kamu lebih tinggi dari nilai perhitungan COGS maka ada keuntungan.

Namun, jika hitungan laba rugi usaha ternyata malah lebih kecil dari perhitungan pengeluaran biaya untuk COGS maka usaha kamu rugi. 

Guna memperbaikinya perlu tahu secara detail cara menghitung Cost of Goods Sold perusahaan dagang lebih tepat dan akurat supaya laba didapat.

5. Menghitung Perkiraan Pembayaran Pajak

Penghasilan laba rugi dari perhitungan Cost of Goods Sold adalah berperan utama dalam profit bisnis yang kamu jalankan. Tidak mengherankan jika kamu harus benar-benar tahu sejauh mana HPP bisa terdeteksi dalam hitungan secara akurat. 

Hasil dari profit bisnis inilah yang akan menentukan seberapa besar pajak yang harus kamu bayarkan. 

6. Mengetahui Kesehatan Bisnis 

Bisnis kamu bisa sehat jika menghasilkan laba baik sedikit atau banyak. Laba sedikit bisa karena produk baru sedikit dengan pemasaran kurang maksimal. 

Laba banyak karena efisiensi biaya produksi tidak terlalu banyak dengan penjualan meningkat dan banyak konsumennya.

Selain menentukan COGS laba bersih, COGS dapat pula untuk  menghitung laba kotor secara optimal. Laba kotor dapat kamu gunakan sebagai analisa terbaik lengkap dengan data yang ada untuk menentukan strategi langkah bisnis selanjutnya.

Cara Menghitung Cost of Goods Sold

Pemahaman akan COGS harus lengkap dengan cara menghitung Cost of Goods Sold lebih mendalam. Adapun rumus Cost of Goods Sold terbagi menjadi rumus penjualan bersih, rumus pembelian bersih dan rumus biaya produksi penjualan, yaitu:

1. Rumus Penjualan Bersih

Penjualan Bersih = Hasil  Jual  Bruto – Retur  Penjualan –  Potongan  Penjualan

2. Rumus Pembelian Bersih

Pembelian Bersih = Pembelian – Biaya Angkutan Saat Pembelian – Adanya Retur Pembelian ( jika ada retur) – Potongan Pembelian

3. Rumus Biaya Produksi Penjualan 

Harga Pokok Penjualan (HPP) = Persediaan Barang saat Awal = Pembelian Bersih – Persediaan Akhir

Setelah mengetahui cara menghitung Cost of Goods Sold akan terlihat sejauh mana laba kamu hasilkan dalam sebuah bisnis. Bisnis skala besar atau kecil tetap harus memperhitungkan biaya proses produksi dengan benar.

Dengan mengetahui seberapa banyak pengeluaran proses produksi, harga jual harus kamu tentukan secara tepat juga. Rumus tersebut dapat menjadi acuan guna mendapatkan perhitungan harga jual secara lebih akurat.

Apa itu COGS sudah kamu baca lengkap penjelasannya dengan rumus hitungannya. Sederhananya Cost of Goods Sold adalah semua yang mencakup biaya produksi suatu produk untuk menentukan harga jual paling akurat. Dengan perhitungan tepat maka kamu mendapatkan laba bisnis optimal untuk menekan terjadinya kerugian.

Mungkin Anda juga menyukai