Usaha Kecil Menengah Kuliner yang Dapat Dicoba

usaha kecil menengah kuliner
Jenis usaha kecil menengah kuliner. Photo by @louishansel
Waktu baca: 3 menit

Semakin berkembangnya zaman, usaha kuliner seakan-akan tidak akan matinya. Semakin banyak usaha kecil menengah kuliner yang dapat di coba untuk menambah tabunganmu tetapi dengan modal yang minim. Usaha ini sangat cocok untuk kamu yang hobi terjun ke dapur untuk memasak dan mengolah makanan sehingga menjadi sangat lezat dan menarik. Dengan membuka usaha kecil di rumah, kamu turut membantu perekonomian yang ada terutama jika mengikutsertakan orang-orang di sekitarmu untuk membuka usaha. Lalu, apakah dibutuhkan modal yang sangat besar? Jawabannya adalah tidak. Karena saat ini banyak sekali usaha rumahan dengan modal kecil. Berikut adalah usaha kecil menengah bertemakan kuliner yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi.

Sambel Rumahan

usaha kecil menengah kuliner
Sambel rumahan. Photo by Detik

Jujur saja, siapa yang tidak menyukai sambel? Hampir semua masyarakat tidak bisa makan tanpa adanya sambel. Untuk masyarakat Indonesia sendiri sambel adalah segalanya. Sambel rumahan menjadi usaha kecil menengah kuliner yang sangat banyak peminatnya. Untuk anak rantau atau kos yang tidak memiliki waktu banyak, sambel rumahan adalah penyelamat selera makan. Kamu bisa mengemas sambel rumahan dalam botol kaca yang sangat kuat sehingga tahan dalam beberapa waktu. Variasi sambel yang bsia dibuat adalah sambel bawang, sambel tomat, sambel terasi, sambel pete, sambel teri, dan sambal ijo. Tentu saja membuat sambel merupakan usaha rumahan dengan modal kecil dan sesuai dengan kamu yang ingin membuka bisnis baru.

Pisang Nugget dan Olahan Lainnya

Pisang nugget
Bisnis pisang nugget. Photo by Mamikost

Pisang adalah buah-buahan yang sangat mudah didapatkan dan memiliki harga yang relatif murah dibandingkan buah lain. Pisang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain manfaat tersebut, pisang memiliki rasa manis yang sangat pas untuk dijadikan olahan makanan. Olahan makanan yang dapat dibuat dari pisang adalah pisang nugget dengan varian matcha, cream cheese, Nutella, dan yang lain. Jika bosan dengan pisang nugget bisa diganti dengan pisang keju, pisang pasir, dan bolu pisang. Pasarkan dengan memasukkan promo-promo sehingga konsumen merasa untung dan tertarik membeli, seperti beli 1 gratis 1 dan yang lainnya.

Baca juga: Cara Sederhana Mengelola Usaha dengan Baik

Katering Rumah

Inilah usaha rumahan modal kecil.
Warung makan rumahan. Photo by Detik

Usaha kuliner terakhir sudah sangat banyak dijalani oleh pengusaha yang bergerak dalam bidang kuliner. Cara terbaik agar usaha katering yang kamu jalankan lancar adalah dengan promosi yang kuat. Kamu dapat memulai dengan mengisi katering di pengajian antar RW atau RT. Katering rumahan juga bisa berbentuk kue tradisional yang sangat sering dipesan untuk acara-acara di Kantor. Kue tradisional yang dibungkus dalam kotak sering sekali jadi andalan divisi konsumsi untuk acara-acara besar mereka. Kunci utamanya adalah konsistensi rasa yang tidak boleh berubah. Banyak sekali katering yang tidak jalan karena rasa yang berubah. Usaha kecil menengah kuliner katering rumahan dapat dimulai dengan modal kecil.

Demikianlah daftar usaha kecil menengah kuliner yang bisa dicoba. Semoga dapat menambah cuanmu ya!

Mungkin Anda juga menyukai