Inilah Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan 

Dua orang berdiskusi soal barang
Inilah Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Hukum Penawaran 

Jika tadi sudah mengerti mengenai hukum permintaan, tidak ada salahnya untuk mengetahui tentang hukum penawaran. Hukum penawaran sendiri bertolak belakang dengan hukum permintaan. 

Hukum penawaran yaitu saat angka harga naik, jumlah barang dan jasa yang ditawarkan juga naik, dan bila angka harga rendah, barang atau jasa yang ditawarkan akan rendah juga. 

Sehingga pada hukum penawaran pada sistem jual beli di pasar, saat harga suatu barang naik penjual akan berusaha untuk menambah barang yang mereka jual untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penawaran 

  • Banyaknya Sumber Daya yang Ada 

Penawaran bisa dilakukan saat barang yang dimiliki cukup atau tinggi. Jika jumlah barang atau jasa pada penawaran rendah dan permintaan tinggi, akan membuat perekonomian terganggu. 

  • Keterlibatan Penjual dan Produsen 

Keterlibatan dari produsen dan penjual suatu barang atau jasa harus seimbang dengan jumlah produk yang tersedia.

  • Harga Barang 

Harga selalu menjadi faktor besar dalam permintaan dan penawaran. Karena jika tidak ada harga untuk barang atau jasa, proses jual beli tidak akan terjadi. 

  • Alternatif Barang dan Harga Barang Lain 

Jika harga suatu barang sedang melambung tinggi, konsumen biasanya akan mencari barang alternatif untuk penggantinya. Ini akan sangat berpengaruh dengan penawarannya. 

  • Modal 

Produsen membutuhkan modal untuk membayar biaya produksi barang yang disediakan. Jika biaya produksi semakin tinggi, maka harga barang juga akan menjadi tinggi. Karena itu jumlah barang yang ditawarkan akan menjadi rendah.  

  • Masa Produksi 

Masa produksi juga menjadi salah satu faktor penting. Jika jangka waktu produk yang ditawarkan lama, sementara permintaan meningkat maka penjual atau produsen akan kesulitan untuk mengimbanginya.

  • Teknologi 

Teknologi yang semakin maju mempermuda penawar dalam menyediakan barang. Selain itu proses jual beli juga semakin cepat. 

  • Peraturan Pemerintah 

Peraturan pemerintah juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi penawaran. Dalam hal ini, peraturan pemerintah pada bidang eksport dan import yang memiliki pengaruh besar. 

  • Subsidi dan Pemberian Pajak 

Pajak menjadi salah satu faktor yang membuat harga suatu barang atau jasa meningkat. Jika ada subsidi, maka penawaran akan meningkat sehingga permintaan juga akan meningkat pula. 

Permintaan dan penawaran ini tidak terlalu jauh dari kehidupan sehari-hari. Contoh dan faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran tadi menunjukan bahwa sistem perekonomian akan selalu berjalan satu sama lain, dan bisa berubah dengan faktor yang jarang diperhatikan. 

Mungkin Anda juga menyukai