Menerapkan Strategi Digital Marketing UMKM Sederhana Tapi Efektif

Digital marketing UMKM
Menerapkan Strategi Digital Marketing UMKM Sederhana Tapi Efektif. Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Banyak yang menganggap strategi digital marketing itu tidak cocok untuk UMKM. Alasannya biaya yang begitu mahal. UMKM biasanya tidak memiliki budget yang cukup untuk menerapkan strategi marketing secara digital.

Anggapan seperti itu tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, sekarang ini penerapan digital marketing semakin beragam. Ada yang memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Misalnya saja dengan memanfaatkan iklan berbayar. 

Namun, tidak menutup kemungkinan biaya penerapan strategi digital marketing bisa ditekan dan UMKM sangat mampu untuk menyiapkan biaya tersebut.

Kamu yang sekarang sedang mencari strategi digital marketing UMKM, kamu akan mendapatkan informasi yang berharga. Diperlukan cara yang cerdik agar tidak perlu banyak biaya marketing yang harus kamu keluarkan agar bisa menjangkau konsumen yang selama ini sudah sangat melek dengan dunia digital. 

Mengapa Harus Menggunakan Strategi Digital Marketing?

Jika ada pertanyaan mengapa UMKM harus menggunakan digital marketing, jawabannya mudah. Orang sekarang ini mencari banyak hal dengan menggunakan smartphone. Mereka berselancar di internet tidak hanya untuk mencari informasi tapi juga belanja. Ini tidak hanya dilakukan oleh mereka yang tinggal di perkotaan atau mereka yang tingkat ekonominya tinggi. 

Orang-orang kampung yang bahkan tingkat ekonominya menengah atau bahkan bawah juga sudah menggunakan internet. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak menerapkan strategi digital marketing UMKM.

Di sisi lain, UMKM sekarang ini sangat didorong untuk bisa melakukan marketing secara online. Karena dengan cara ini, mereka bisa menjangkau konsumen secara langsung. Mereka bisa memutus rantai distribusi yang awalnya terlalu panjang. Mereka tidak perlu lagi berpikir bagaimana produk mereka diterima di outlet-outlet atau pusat perbelanjaan. Mereka bisa melakukan distribusi sendiri dengan digital marketing.

Apa yang terjadi? Produk mereka bisa ditawarkan dengan harga yang lebih kompetitif. Dan yang pasti, mereka tidak terlalu tergantung pada pihak distributor.

Jadi, mengapa harus menggunakan strategi digital marketing UMKM? Sudah tahu jawabannya, bukan?

Baca juga: Cara Merencanakan Digital Marketing Budgeting Secara Tepat

Menerapkan Digital Marketing yang Tepat untuk UMKM

Ada yang menganggap penerapan digital marketing itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Itu benar. Akan tetapi, ada beberapa strategi marketing secara digital yang minim dana. Apa saja itu?

  1. Bekerja Sama dengan Influencer 

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menggandeng influencer. Sekarang ini, ada artis yang tidak muncul di TV tapi memiliki fans yang begitu banyak di media sosial. Mereka memiliki kemampuan untuk mempengaruhi para fans untuk tahu, tertarik, percaya, dan akhirnya membeli apa pun yang mereka gunakan. Mereka disebut dengan influencer.

Dalam hal ini, kamu bisa mencari influencer yang fans-nya merupakan target market produk yang kamu buat. Ajak influencer tersebut untuk bekerja sama dalam bentuk endorsement. Biaya endorsement ini bermacam-macam, tergantung seberapa populer influencer yang kau ajak kerja sama.

Ada yang disebut dengan micro influencer. Ini influencer yang sifatnya lokal. Artinya fans yang dimiliki biasanya hanya ada di sekitar daerah di mana ia tinggal. Beda dengan macro influencer yang popularitasnya bisa bersifat nasional atau bahkan internasional. Jumlah follower micro influencer di bawah 100.000 di media sosialnya. Sementara itu, macro memiliki follower lebih dari 100.000.

Kira-kira mana yang harus kamu pilih? Jika kamu fokus untuk manterget pasar lokal atau daerah saja, bekerja sama dengan micro influencer sudah cukup. Lebih dari itu, biaya endorsement biasanya murah. Akan tetapi, jika kamu ingin mentarget pasar secara nasional atau bahkan internasinal, kamu bisa siapkan budget sedikit lebih banyak untuk mendapatkan endorsement dari seorang macro influencer.

  1. Memanfaatkan Trafik Organik

Tidak punya cukup budget untuk bekerja sama dengan influencer? Ada strategi digital marketing UMKM lainnya yang bisa kamu pilih, yaitu memanfaatkan trafik dari mesin pencarian Google atau yang sering sebut dengan trafik organik. Caranya lebih sederhana. 

Kamu hanya perlu membuat website. Mintalah agency untuk melakukan optimasi SEO agar web kamu muncul di halaman satu mesin pencarian Google untuk kata kunci sesuai dengan produk yang kamu jual. Lebih sederhana, kan?

  1. Optimalkan Media Sosial 

Banyak sekali orang yang menghabiskan waktu untuk scroll media sosial. Jadi, salah besar jika kamu tidak mengoptimalkan media sosial.

Buatlah konten yang sangat mungkin viral. Akan lebih baik jenis kontan yang kamu buat adalah video pendek. Manfaatkan video TikTok atau IG Reels. Buat konten yang edukatif, menarik, informatif, dan banyak disukai.

  1. Menggunakan Marketplace 

Kebanyakan orang sekarang ini mencari produk di marketplace. Ada banyak marketplace yang bisa kamu pilih. Taruh produk kamu di sana. Optimasi dengan kata kunci tertentu agar lebih mudah ditemukan olah calon pembeli.

Jika kamu sudah memiliki website jualan, kam juga bisa memasang link toko kamu di marketplace. Ini diperlukan karena ada banyak orang yang lebih nyaman melakukan checkout dan payment melalui marketplace.

Nah, itulah beberapa strategi digital marketing UMKM sederhana, murah, tapi efektif untuk diterapkan. Kira-kira, strategi mana saja yang akan kamu lakukan?

Artikel Lainnya