Cara Meningkatkan Kemampuan Otak Supaya Daya Ingat Lebih Baik

Cara melatih otak bisa mengingat
Cara Meningkatkan Kemampuan Otak Supaya Daya Ingat Lebih Baik. Photo by @thatsherbusiness
Waktu baca: 4 menit

Seseorang dianggap pintar ketika kemampuan otaknya sangat kuat sehingga mampu menghafal banyak hal. Hal ini yang membuat banyak orang mencari tahu cara meningkatkan kemampuan otak.

Sayangnya, ada yang menganggap kemampuan otak itu terus menerus turun seiring dengan bertambahnya usia. Artinya, tidak ada hal yang bisa dilakukan. Ketika usia bertambah, sangat mungkin sekali kemampuan otak menurun. Daya ingat pun semakin kurang baik.

Faktanya tidak demikian. Banyak juga anak muda yang daya ingat otaknya kurang bagus. Memang benar para ilmuwan mengatakan kemampuan otak itu menurun seiring bertambahnya usia. Akan tetapi, tetap saja daya ingat otak bisa ditingkatkan. Dan ada cara meningkatkan kemampuan otak yang tidak hanya penting untuk manula tapi juga anak-anak muda.

Mengapa Kemampuan Otak Menurun

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kemampuan otak yang menurun itu bisa disebabkan oleh bertambahnya usia. Ini berkaitan dengan apa yang disebut dengan Hipokampus. Ini merupakan gudang memori yang ada di otak, entah di bagian kiri maupun kanan. Kemampuan hipokampus inilah yang menurun seiring dengan bertambahnya usia.

Akan tetapi, ada kemungkinan hipokampus ini rusak. Kerusakan tersebut bukan disebabkan oleh usia tapi karena faktor lain. Saat hipokampus ini rusak, kemampuan mengingat otak akan menurun. Oleh sebab itu, penyebab otak lambat berpikir bisa disebabkan juga oleh rusaknya hipokampus.

Dari penjelasan tersebut, bisa dipastikan bahwa menjaga kesehatan otak, terutama hipokampus ini sangat penting. Dan ini merupakan cara meningkatkan kemampuan otak yang paling efektif. Untuk itu, bukan hanya orang manula saja yang kurang bagus dalam hal mengingat sesuatu. Anak muda pun bisa mengalami hal yang sama. Bahkan, bukan tidak mungkin anak muda pun sudah mengalami pikun, entah karena kondisi hipokampus kurang sehat atau hipokampus rusak.

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana cara menyehatkan otak agar daya ingat otak meningkat. Ini yang perlu kamu pelajari sekarang.

Baca juga: Pahami Prinsip Ergonomi Kerja agar Kamu Semakin Produktif

Tips Menyehatkan Otak untuk Meningkatkan Daya Ingat

Siapa kamu, entah itu masih muda atau sudah tua, harus tahu bagaimana cara menjaga kesehatan otak. Ini cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan otak. Setidaknya, 5 hal berikut ini yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan otak sekaligus mengasah otak agar daya ingatnya semakin meningkat:

  1. Senam Otak

Sama halnya seperti otot. Otak juga harus dilatih. Jika otot dilatih dengan cara olahraga, senam juga bisa dilatih dengan cara senam. Ada lho senam otak yang mampu meningkatkan daya ingat. Misalnya saja mengisi teka-teki silang, main puzzle, atau menghafal gambar. Di sisi lain, bermain alat musik juga dianggap sebagai salah satu senam otak yang sangat efektif. Bersyukur ketika kamu suka bermain alat musik. Asah kemampuan tersebut sambil meningkatkan kemampuan otak.

  1. Nutrisi Otak Harus Cukup 

Kamu pasti sering dengar pentingnya menutrisi otak bayi di saat masih di dalam kandungan ataupun sudah lahir ke dunia. Itu sangat penting dan harus terus dilakukan hingga dewasa. Bukan hanya ketika masih dalam kandungan atau masih balita. Otak harus terus mendapatkan nutrisi agar berkembang maksimal. Dengan demikian, fungsi otak pun lebih optimal.

Menutrisi otak tidaklah sulit. Ini bisa dimulai dengan mengkonsumsi ikan laut, sayuran hijau, dan juga makanan yang mengandung protein. Para ahli menyarankan agar setiap orang bisa meningkatkan kemampuan otak dengan cara mengkonsumsi kacang-kacangan. Dalam hal ini, kacang-kacangan merupakan sumber protein yang sangat aman dan baik untuk otak.

Di sisi lain, kamu juga harus mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung alkohol. Menurut penelitian ilmiah, makanan atau minuman yang mengandung alkohol bisa merusak otak sehingga kemampuan kognitif otak akan terganggu. Memang dalam penelitian disebutkan bahwa kerusakan otak bisa terjadi ketika seseorang mengkonsumsi makanan atau minuman beralkohol berlebihan. Akan tetapi, akan lebih baik jika kamu sebaiknya menjauhkan diri dari jenis makanan atau minuman seperti itu.

  1. Lakukan Olahraga Rutin

Memangnya apa hubungan antara olahraga dan meningkatkan kemampuan otak? Sekilas memang tidak ada. Namun, ada penjelasan ilmiah bagaimana olahraga menjadi salah satu cara meningkatkan kemampuan otak.

Mungkin selama ini banyak yang memahami bahwa olahraga itu baik untuk kesehatan fisik. Olahraga itu penting untuk menjaga stamina dan memperkuat otot. Faktanya, olahraga juga bisa menguatkan fungsi otak.

Saat seseorang rutin melakukan olahraga, sirkulasi darah akan berjalan dengan baik, terutama sirkulasi darah ke otak. Inilah yang menjaga kesehatan otak sehingga otak memiliki fungsi lebih optimal.

Belum lagi olahraga ternyata bisa mengurangi risiko terjadinya peradangan. Para ahli kesehatan mengerti betapa peradangan bisa merusak organ tubuh, terutama otak.

Yang tak kalah penting lagi adalah bahwasanya olahraga mampu merangsang pelepasan biokimiawi yang baik untuk menjaga kesehatan otak. Ini yang membuat sel dan saraf otak selalu dalam kondisi baik sehingga kemampuan otak terus bisa ditingkatkan.

Jadi, sudah tahu kan apa hubungan antara olahraga dengan menjaga kesehatan atau meningkatkan kemampuan otak?

  1. Luangkan Waktu untuk Istirahat

Pernahkah kamu dengar berapa lama waktu yang tepat untuk beristirahat setiap hari? Yaps, betul sekali. 7 hingga 8 jam setiap hari. Sebaiknya, kamu tidur sekurang-kurangnya 7 jam setiap hari. Kenapa? Karena saat tidur, tubuh beristirahat. Otak juga rehat sejenak. Otak akan lebih siap untuk bekerja kembali ketika otak sudah istirahat sejenak.

Istirahat tidak harus dilakukan dengan cara tidur. Bersantai dan tidak melakukan kegiatan yang menguras tenaga serta pikiran juga termasuk cara terbaik untuk istirahat.

Otak seperti tubuh. Saat tubuh lelah, maka badan ini tidak bisa digunakan untuk bekerja secara maksimal. Begitu juga dengan otak. Saat otak lelah, maka otak tidak mampu untuk mengingat dengan baik. Istirahatkan otak sejenak untuk mendapatkan kemampuan terbaiknya kembali.

  1. Menjadikan Membaca sebagai Kebiasaan Baik

Pernah dengar bahwa kebiasaan membaca itu sangat baik untuk otak? Mungkin jika selama ini tidak suka membaca, saat ini juga kamu akan suka membaca. Ini kegiatan yang ternyata bisa mengurangi risiko pikun dini.

Mengapa demikian? Saat membaca, saat itulah otak kamu bekerja. Membaca tidak hanya sekedar kamu membaca bacaan tapi juga mencerna informasi yang ada di dalam buku. Saat itulah otak dipaksa untuk bekerja menganalisis dan mengingat informasi apa yang sedang dibaca.

Semakin sering membaca, otak akan semakin terus aktif. Saat inilah otak tidak memiliki waktu untuk rehat sehingga kemampuannya bisa menurun. Sebenarnya, kemampuan otak akan terus naik ketika otak terus diaktifkan dengan cara melakukan kebiasaan membaca.

Nah, itulah beberapa cara meningkatkan kemampuan otak yang bisa kamu terapkan. Mudah, bukan? Tidak ada yang sulit. Bahkan, tips tersebut di atas merupakan kebiasaan hidup baik dan sehat yang perlu kamu terapkan setiap hari.

Mungkin Anda juga menyukai