Cara Cek Tagihan PBB Tahun Ini Secara Online

cek tagihan PBB online
Cara Cek Tagihan PBB Tahun Ini Secara Online. Photo by KlikCair
Waktu baca: 3 menit

Pajak Bumi dan Bangunan atau biasa disebut dengan PBB merupakan pajak yang ditanggung oleh pribadi atau badan yang mendapat keuntungan dan/atau kedudukan sosial ekonomi yang lebih baik karena hak atas tanah dan bangunannya. Biasanya, untuk melakukan pembayaran kamu harus menunggu Surat Pemberitahuan Pajak Terutang atau SPPT. Namun, kini kamu bisa cek tagihan PBB secara online loh. Terutama untuk cek PBB online Jakarta.

Sudah ada beberapa pemerintah kota atau daerah yang memberi kemudahan untuk mencari tahu berapa besaran PBB yang harus dibayarkan. Dengan adanya fasilitas itu, masyarakat kini tak lagi kesulitan dalam mengakses informasi mengenai PBB.

Lalu, bagaimana cara cek tagihan PBB secara online? Berikut penjelasannya.

Cara cek online di DKI Jakarta

Cek PBB online Jakarta.

DKI Jakarta merupakan salah satu provinsi yang menyediakan fasilitas cek tagihan PBB secara online. Untuk mengetahui tagihan PBB khusus untuk yang ber-KTP Jakarta, kamu cukup membuka situs bprd.jakarta.go.id/pencarian-sppt-pbb/. Setelah itu, besaran PBB yang harus dibayarkan bisa diketahui.

update: untuk saat ini (per 3 September 2020), link tersebut tidak dapat diakses untuk cek tagihan PBB secara online. Bagi kamu yang ingin tetap mencari tahu, bisa melalui Tokopedia.

Cara cek online di kota Bekasi

Cek PBB online Bekasi.

Selanjutnya, kota Bekasi juga tidak mau kalah. Bahkan, fasilitas pengecekan yang disediakan oleh pemda kota Bekasi tidak melalui website, melainkan lewat aplikasi yang bisa kamu unduh di Play Store. Maka dari itu, untuk menggunakannya kamu harus memiliki smartphone android.

Lakukan pengecekan PBB secara online ini melalui aplikasi tersebut. Nantinya di dalam aplikasi akan dijelaskan informasi terkait objek pajak dan besaran tunggakan pajak.

Baca: Inilah cara menghitung Pajak Bumi dan Bangunan

Cara cek di kota Bogor

Cek PBB online Bogor.

Adapun untuk kota Bogor juga menggunakan sebuah aplikasi yang bisa di unduh di Play Store untuk melakukan pengecekan PBB secara online. Setelah melakukan pengunduhan, kamu cukup memasukkan nomor objek pajak atau NOP. Setelah itu akan muncul informasi tagihan PBB yang harus dibayarkan.

Cara cek di Kabupaten Tangerang

Cek PBB online Tangerang.

Sementara, di kabupaten Tangerang kamu bisa melakukan pengecekan dengan dua cara. Yang pertama kamu bisa menggunakan aplikasi bernama iPBB Kab. Tangerang yang dapat diunduh di Play Store. Untuk melihat informasi terkait PBB melalui aplikasi, cukup masukkan nomor objek pajak.

Cara yang kedua. menggunakan Sistem Informasi Cetak PBB Online Terpadu (Si Cepot). Dengan menggunakan Si Cepot, wajib pajak dapat mencetak sendiri SPPT PBB miliknya.

Cara cek di kota Depok

cek tagihan PBB online
Cek PBB online Depok.

Kemudahan dalam melakukan pengecekan PBB secara online juga dapat dinikmati oleh warga Depok. Informasi tagihan PBB kota Depok bisa diakses melalui Pelayanan PBB dan BPHTB Bidang Pajak Daerah II. Di dalam layanan tersebut, kamu cukup memasukan NOP lalu informasi tagihan PBB akan muncul.

cara cek di kota Surabaya

cek tagihan PBB online
Cek PBB online Surabaya.

Selanjutnya, kota Surabaya juga menyediakan cara cek PBB secara online. Bagi yang memiliki tanah dan bangunan di Surabaya, kamu bisa melihat informasi terkait PBB melalui pbb.bpkpd.surabaya.go.id/. Setelah itu, pilih e-SPPT kemudian masukkan NIK sesuai e-KTP, NOP, dan kode captcha lalu klik submit.

Cara cek di kota lain

Sementara untuk kota selain yang sudah disebutkan di atas, untuk melakukan pengecekan bisa memuali SMS. Berikut ini yang harus dikirimkan:

PBB<spasi>NomorObjekPajak<spasi>TahunPajak kirim ke: 081317872525

Setelah itu, kamu bakal mendapat balasan tentang nominal pajak yang harus dibayar.

Itulah cara cek tagihan PBB secara online yang perlu diketahui. Semoga dapat menambah wawasanmu.

Mungkin Anda juga menyukai