Kenali Penyebab Rekening Dormant dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi mengurus rekening dormant
Kenali Penyebab Rekening Dormant dan Cara Mengatasinya. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Sebagai nasabah bank, aktivitas apa saja yang sering kamu  lakukan dengan rekeningmu? Apakah kamu rutin menggunakan rekeningmu untuk membayar tagihan? Atau mengirim dana? Ataupun kegiatan lainnya?

Tapi pernahkah kamu membiarkan akun rekeningmu menganggur tanpa adanya aktivitas dalam jangka waktu yang lama? Jika kamu melakukan hal tersebut, sepertinya kamu harus mulai behati-hati saat ini.

Pasalnya bank dapat membekukan akun rekening seseorang jika akun rekening tersebut pasif dalam jangka waktu yang lama.

Rekening tersebut akan diberi status menjadi rekening dormant oleh pihak bank.

Apa sebenarnya rekening dormat tersebut?

Baca Juga: Prosedur Mengurus Buku Tabungan Hilang

Apa Itu Rekening Dormant?

Ilustrasi cek mutasi rekening
Buku rekening. Photo by Cek Premi

Pada dasarnya, rekening dormant merupakan akun rekening yang tidak aktif. Akun rekening tersebut menjadi pasif karena tidak beroperasi sebagaimana mestinya. Rekening menjadi dormant saat akun tersebut tidak digunakan sama sekali dan tidak adanya aktivitas dalam akun tersebut.

Lalu apa yang terjadi saat akun rekening menjadi dormant? Bank akan menghentikan semua kegiatan perbankan akun tersebut. Hal tersebut termasuk transfer, cek saldo, membayar tagihan dan lainnya. Bahkan bunga dan potongan setiap bulannya juga dihentikan oleh pihak bank.

Bagi pihak bank akun pasif menjadi beban. Bagi database bank, akun dormant akan menjadi perhitungan negatif. Jika nasabah membiarkan akun rekeningnya menjadi dormant dalam jangka waktu yang lama, maka akun rekening tersebut akan dihapus dari database oleh pihak bank. Maka rekening tersebut tidak bisa kembali.

Namun disaat rekening belum sampai ditahap penghapusan oleh pihak bank, kamu bisa membalikan akun tersebut. Tentunya akun yang sudah di dormant oleh bank tidak mudah untuk mengembalikannya. Ada beberapa proses yang harus kamu lakukan agar rekening dapat digunakan kembali. Proses tersebut juga akan menyita waktu dan juga menguras biaya.

Penyebab Terjadinya Dormant pada Akun Rekening

Ilustrasi seorang sedang di ATM
Akun bank dormant. Photo by @Mbaumi

Apa sebenarnya penyebab akun rekening menjadi dormant? Banyak hal yang dapat memungkinkan akun menjadi dormant. Walaupun bank memiliki prosedurnya masing-masing, namun ada beberapa hal yang umum terjadi yaitu;

  • Salah Transfer

Hati-hati! Nyatanya salah transfer bisa menyebabkan akun rekening menjadi dormant. Saat pengirim salah memasukan kode rekening dengan jumlah dana yang besar, tindakan dapat membuat rekening yang menerima menjadi rekening dormant.

Namun jangan khawatir dulu ya! Untuk kasus seperti ini umumnya dapat diselesaikan dalam kurung waktu setengah jam untuk membuka kembali akun rekeningmu. Kamu dapat mengurusnya dengan menghubungi pihak bank dan menjelaskan bahwa terjadinya kesalahan human error.

  • Aktivitas yang Mencurigakan

Adanya aktivitas yang mencurigakan juga dapat membuat akun rekening menjadi dormant. Hal ini terjadi karena adanya aktivitas yang tidak wajar dalam rekening.

Sering terjadinya transaksi dalam waktu singkat, ada akses yang tidak dikenal ataupun adanya penarikan dana dengan jumlah besar tanpa adanya pemberitahuan dapat menyebabkan akun menjadi dormant. Selain itu akun rekening juga dapat menjadi dormant saat rekening tersebut di hack oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

  • Saldo Rekening Kosong

Jika saldo rekening terus menerus kosong dalam jangka waktu yang cukup lama, pihak bank akan membuat rekening tersebut menjadi dormant. Hal ini dikarenakan adanya penarikan biaya administrasi tiap bulannya yang harus ditanggung oleh nasabah.

 Jika rekening tersebut kosong maka tidak ada saldo yang bisa ditarik. Tentunya pihak bank akan rugi dan memblock rekening tersebut.

  • Permintaan Pembekuan Pihak Berwajib

Akun rekening seseorang dapat menjadi rekening dormant saat pihak berwajib meminta tindakan tersebut. Hal ini didasari karena adanya tindakan kriminal, kejahatan ataupun korupsi. Tindakan ini dilakukan untuk mengamankan saldo dalam rekening sebagai barang bukti dalam proses pemeriksaan.

Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Akun Rekening Dormant

Ilustrasi mengurus rekening dormant
Mengatasi rekening dormant. Photo by Pexels

Jika rekening dibekukan oleh pihak bank, jangan panik dulu ya! Ada beberapa tahap yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini. Memang setiap bank memiliki prosedur yang berbeda-beda, namun pada umumnya kamu akan diminta melakukan beberapa tahapan ini.

Untuk mengubah rekening dormant menjadi rekening aktif, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menghubungi pihak bank.

Setelah itu pihak bank akan memintamu untuk datang ke bank dengan membawa berkas seperti identitas diri, buku tabungan dan juga pernyataan tertulis tentang alasan rekeningmu mendapatkan status dormant.

Jika status dormant yang diperoleh disebabkan karena kesalahan transfer atau adanya aktivitas tidak wajar, prosesnya tidak akan rumit dan tidak lama. Namun jika permasalahannya adalah saldo kosong atau permintaan dari pihak berwajib akan lebih rumit prosedurnya. Untuk membalikan akun rekeningmu akan dikenakan biaya. Biaya yang harus dikeluarkan tergantung dari pihak bank.

Setelah mengetahui apa penyebab akun rekening dapat berubah status menjadi rekening dormant. Kini kamu dapat mencegah hal tersebut agar tidak terjadi pembekuan rekening.

Artikel Lainnya