Cari Tahu Menu Berbuka Hemat tapi Sehat (Part 1)

menu berbuka hemat
Menu berbuka hemat. Photo by Detik
Waktu baca: 3 menit

Berbuka adalah saat-saat yang ditunggu setelah berpuasa seharian. Biasanya berbuka akan diawali dengan yang manis-manis, seperti kurma, sirup, es buah dan yang lain-lain. Namun kamu juga harus ingat bahwa tubuh kamu tetap butuh karbohidrat. Di samping itu, tentu kurang lengkap rasanya jika kamu mengkonsumsi karbohidrat tanpa makanan pelengkapnya. Menu yang dipilih tentu tidak perlu mewah, cukup yang sederhana dan murah meriah. Maka dari itu kamu harus tahu menu berbuka hemat tapi tetap sehat.

Terlebih saat bulan puasa seperti ini harga bahan pokok rata-rata mengalami kenaikan. Nah, dari banyaknya menu sehat yang bisa kamu buat, apakah kamu sudah menentukan salah satunya? Jika belum, dua resep di bawah ini mungkin bisa jadi pilihan terbaik. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini:

Baca juga: Kenali 4 Tips Jalani Puasa yang Perlu Dipahami

Menu Ayam Geprek

menu berbuka hemat
Ayam geprek. Photo by Tastynesia

Hanya dengan budget Rp 50 ribu, kamu sudah dapat menyiapkan menu makanan selezat ayam geprek yang sedang booming-boomingnya. Untuk kamu yang hendak memasak menu ini, maka akan sangat tepat jika kamu membaca artikel satu ini. Pencarian bahan-bahannya pun mudah didapatkan sebab hanya memerlukan bahan masakan umum yang banyak ditemukan di pasaran seperti beberapa bahan sebagai berikut:

  • 250 gram daging ayam (Rp10.000),
  • 1 ikat kemangi  (Rp2.000),
  • 1 buah timun (Rp6.000)
  • 1 buah tahu putih iris-iris dan goreng (Rp6.000),
  • 3 butir bawang merah (Rp7.000),
  • 6 cabe rawit (Rp9.500),
  • Garam secukupnya.

Sedangkan untuk cara membuatnya juga cukup mudah dan praktis tidak ribet seperti yang kebanyakan orang bayangkan. Cukup dengan memotong-motong daging ayam yang dilanjutkan dengan mencuci bersih ayam tersebut sambil lumuri dnegan jeruk nipis jika ada. Kemudian kamu dapat melanjutkan dengan menggoreng ayam tersebut sampai matang yag biasanya ditkamui dengan warna kecokelatan Haluskan semua bumbu ayam geprek serta tuang sedikit minyak goreng ke bumbu yang kamu ulek. Selanjutnya taruhlah ayam yang sudah matang dan geprek di atas sambal bawang. Ayam geprek sudah siap untuk kamu santap.

Menu Tongkol Balado

menu berbuka hemat
Tongkol balado. Photo by Pinterest

Selain terkenal sebagai menu yang mengenyangkan, tongkol balado juga bisa dijadikan sebagai menu buka puasa yang sehat dan low budget karena hanya memerlukan biaya Rp37.000. Selain hemat, bubur ini juga mengenyangkan sehingga cocok untuk dijadikan sebagai menu berbuka puasa untuk keluarga kamu. Lantas, bagaimana dengan bahan-bahan dan cara membuatnya? Berikut pembahasan dari bahan hingga cara membuatnya.

  • 1 Kg tongkol (Rp27.000),
  • 3 buah cabai merah  (Rp2.000),
  • 2 siung bawang merah (Rp5.000),
  • 1 siung bawang putih (Rp2.500),
  • Garam secukupnya,
  • Gula secukupnya.

Bahan-bahan di atas sangat mudah untuk didapatkan bukan? Tentu saja, sebab bahan-bahan tersebut tersedia banyak di pasaran. Selanjutnya, tinggal bagaimana langkah yang harus kamu lakukan untuk membuatnya. Untuk cara membuatnya juga cukup mudah dan praktis. Pertama yang harus kamu lakukan adalah menggoreng tongkol hingga matang. Kemudian tumis bumbu hingga halus dan beri sedikit air. Lalu masukkan tongkol kemudian tambahkan garam serta gula sesuai selera. Coba rasanya, dan angkat. Tongkol balado sehat hemat pun siap untuk kamu sajikan sebagai menu berbuka puasa.

Itulah dua resep yang bisa kamu coba sebagai menu berbuka. Tidak sulit bukan? Bahan-bahannya pun mudah sekali didapatkan di lingkungan sekitarmu. Selamat mencoba.

Mungkin Anda juga menyukai