3 Cara Sederhana Selesaikan Utang di Bank

Selesaikan utang di bank
Cara sederhana selesaikan utang di bank. Photo by Pixabay
Waktu baca: 2 menit

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa utang menjadi momok yang mengerikan di hidup ini. Jika memiliki utang, kondisi keuanganmu bisa berantakan. Maka dari itu, kamu harus menemukan cara sederhana selesaikan utang, terutama jika kamu berutang di bank.

Namun, untuk terlepas dari utang saat ini adalah hal yang sulit. Untuk beli rumah, kendaraan, bahkan smartphone saja kamu pasti lebih memilih kredit daripada bayar kontan bukan? Dengan begitu, sebenarnya utang tidak selalu menjadi hal yang buruk asal kamu bisa mengaturnya dengan benar. Dengan pengelolaan yang benar, maka utang bisa digunakan dengan tepat dan cepat lunas.

Berikut ini penjelasan mengenai cara sederhana untuk selesaikan utang di bank yang perlu kamu ketahui.

Ingat lagi tujuan kamu berutang

Ingat tujuan kamu berutang.
Ingat tujuan kamu berutang. Photo by @travisessinger

Sebelum buru-buru menyelesaikan utang, kamu harus ingat-ingat lagi tujuan kamu berutang. Apakah digunakan untuk beli rumah, kendaraan, atau membuka bisnis. Luangkan waktu sejenak untuk mengingat kembali tujuanmu berutang.

Setelah itu, kamu coba bayangkan apa yang bisa dilakukan jika kamu tidak punya utang. Bukan untuk menyesalinya, namun bisa jadi bahan evaluasi dan kamu bisa berpikir bagaimana kamu tidak melakukan kesalahan yang sama. Contohnya, saat kamu berutang untuk memenuhi keinginan yang sesaat saja seperti belanja online, itu jadi utang yang tidak bermanfaat. Hindarilah hal itu.

Ganti kebiasaan belanjamu

Ubah kebiasaan belanjamu.
Ubah kebiasaan belanjamu. Photo by Pexels

Jika kebiasaan belanjamu dirasa malah membuat dompetmu jebol, maka sebaiknya harus diubah dari sekarang. Stop belanjakan uangmu dan mulai susun rencana anggaran dengan tepat. Jangan lupa juga untuk menyisihkan penghasilanmu untuk dana darurat. Lacak setiap pengeluaran lalu jumlahkan. Dengan begitu tentu akan memudahkanmu untuk mengetahui arus kas keuanganmu.

Ketahui jumlah utang yang dimiliki

Ketahui jumlah utang.
Ketahui jumlah utang. Photo by Pixabay

Jika kamu tidak tahu berapa jumlah utang yang dimiliki, maka cobalah untuk mulai menghitungnya kembali. Buat daftar seluruh utangmu serta tenggat waktu yang tersisa. Berusahalah untuk segera melakukan pelunasan. Usahakan untuk tidak memikirkan melakukan utang baru saat proses pelunasan utang sebelumnya.

Untuk bisa melunasi utang dengan cepat, kamu harus membayarkan pelunasan lebih dari angka minimum yang sudah disepakati setiap bulannya. Semakin besar jumlah yang dibayarkan, maka semakin cepat pula utang yang kamu miliki lunas.

Nah itulah tiga cara yang bisa dilakukan untuk selesaikan utang di bank. Intinya, berapapun besaran utang yang kamu miliki, usahakan untuk tetap disiplin dalam membayarnya. Setelah itu, kamu bisa melakukan beberapa hal saat utang sudah lunas seperti tidak membuat utang baru dan menyiapkan dana darurat. Jangan beli sesuatu dengan cara mencicil jika memang belum dibutuhkan sekali. Cobalah untuk hidup lebih minimalis agar terhindar dari tumpukan utang.

You may also like...

Leave a Reply