6 Cara Menyimpan Uang di Bank dengan Aman

Cara menyimpan uang di bank
Cara menyimpan uang di bank dengan aman. Photo by Pexels
Waktu baca: 2 menit

Bank menjadi salah satu tempat untuk menabung dan menyimpan uang yang dianggap aman. Dengan menyimpan uang di bank, kamu akan memiliki rekening tabungan yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. Contohnya untuk mengajukan pinjaman, penyaluran bantuan dari pemerintah, dan lain sebagainya.

Namun meski terkesan aman karena sistem keamanan yang diterapkan oleh bank sudah sesuai dengan aturan dari regulator, kamu harus tetap waspada. Sebab, ada saja oknum yang bisa membobol bank dengan beragam modus.

Cara Menyimpan Uang di Bank

Gunakan kode PIN yang sulit dan berbeda. Photo by Pexels

Di bawah ini akan dijelaskan 6 cara menyimpan uang di bank dengan aman. Simak ya TemanKlik!

  • Pilih bank terpercaya

Sebelum memutuskan untuk membuka rekening tabungan, alangkah baiknya kamu memilih bank yang dipercaya untuk menyimpan uang. Pilihlah bank yang memiliki kredibilitas baik, rekam jejak bersih seperti tidak ada kasus pembobolan dana nasabah. Serta jangan lupa juga untuk memastikan bank tersebut sebagai bank peserta penjamin LPS.

Baca juga: Catat! Inilah 7 Bank yang Bagus untuk Menabung

  • Simpan uang di beberapa bank

Di masa sekarang, biasanya setiap orang memiliki rekening lebih dari satu. Hal itu bertujuan agar bisa membagi uang ke dalam dua jenis rekening, yaitu rekening untuk menabung dan rekening untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dengan membaginya, kamu bisa makin fokus dalam menabung tanpa perlu mengotak-ngatik uang yang udah diplot untuk memenuhi kebutuhan sehari-harimu.

  • Rutin cek saldo

Rajin-rajinlah dalam mengecek saldo, setidaknya sebulan sekali. Hal itu dilakukan agar nominal yang ada di rekeningmu bisa dipantau dengan baik. Jika kamu merasa kesulitan harus ke bank atau ke ATM terlebih dahulu untuk cek saldo, kamu bisa memasang mobile banking atau internet banking untuk memudahkanmu cek saldo.

Dengan begitu, rekening selalu terpantau dan jika suatu ketika adaa transaksi mencurigakan, kesalahan, atau perbedaan, bisa langsung melapor ke pihak bank untuk penyelesaiannya.

  • Gunakan PIN berbeda dan sulit ditebak

Umumnya, orang akan menggunakan PIN yyang sama pada semua akun keuangan. Hal itu dilakukan agar tidak lupa. Namun, hal itu justru bisa membahayakanmu. Sebab, jika satu akun berhasil dibobol, maka rekening atau akun yang lain juga pasti bisa dibobol. Apalagi jika PIN yang digunakan ialah PIN yang mudah ditebak seperti tanggal lahir.

Pastikan gunakan PIN yang berbeda dan susah untuk setiap akun rekening yang kamu miliki. Jika takut lupa, kamu bisa mencatatnya asal dapat disimpan dengan rapi dan jangan beritahukan kepada siapapun.

  • Simpan buku tabungan dan kartu ATM dengan baik

Setiap nasabah membuka rekening tabungan, pasti akan mendapatkan buku tabungan dan kartu debit atau ATM. Ya tidak semua sih, namun rata-rata pasti akan mendapatkan kedua hal tersebut. Nah, jika kamu mendapatkan keduanya usahakan untuk menyimpannya dengan baik. Jangan sampai jatuh ke orang lain karena berpotensi untuk disalahgunakan. Apalagi jika kode PIN kartu ATM milikmu ketahuan.

  • Lindungi data pribadi

Rahasiakan data-data pribadi yang digunakan untuk mendaftar di bank seperti user ID, kata sandi, nomor PIN ATM, kode OTP dan informasi lainnya. Selain itu, jangan mempublikasikan nomor ponselmu di media sosial. Atau bila perlu, kamu bisa gunakan nomor lain untuk aktivitas perbankan.

Demikian cara menyimpan uang di bank dengan aman. Yang paling penting ialah, kamu jangan mudah percaya dengan orang lain. Sebab dengan seiring perkembangan teknologi, semakin canggih pula modus yang digunakan untuk membobol rekeningmu. Terus waspada ya TemanKlik!

Mungkin Anda juga menyukai