Puasa Sudah Tiba? Saatnya Belajar Mengelola Keuangan di Bulan Ramadan 

Belajar Mengelola Keuangan di Bulan Ramadhan
Puasa Sudah Tiba? Saatnya Belajar Mengelola Keuangan di Bulan Ramadhan. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Tidak terasa sekarang sudah bulan puasa. Sebentar lagi akan ada Idul Fitri yang mungkin membuat kamu harus mengeluarkan banyak uang. Jangan khawatir. Kamu hanya perlu tahu bagaimana cara mengelola keuangan di bulan Ramadan. Itu saja. Karena ketika berhasil dalam hal pengelolaan uang, maka kamu tidak akan kebingungan saat hari besar Idul Fitri tiba.

Ada banyak orang yang justru boros saat bulan Ramadan tiba. Mungkin kamu juga salah satu dari mereka. Dan akhirnya, ketika bulan penuh berkah ini sudah usai, rasa-rasanya tabungan terkuras. Padahal, banyak pengeluaran yang harus disiapkan.

Lupakan pengalaman buruk seperti itu dan mulailah belajar tentang cara mengelola keuangan di bulan Ramadan. Ini akan membuat kamu lebih tenang dan benar-benar menikmati bulan yang penuh berkah ini.

Baca juga: Cara Uang Bekerja untuk Kita dengan Langkah Sederhana

6 Tips Mengelola Keuangan Saat Bulan Ramadan 

Tidak perlu banyak hal yang perlu kamu terapkan saat ingin mengelola keuangan di saat bulan Ramadan tiba. Cukup terapkan 6 tips berikut ini saja dan buktikan sendiri bahwa di tahun ini kamu berhasil menjaga stabilitas keuangan dengan sangat baik.

  1. Tetapkan Anggaran Selama 1 Bulan Penuh

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menetapkan anggaran. Buat anggaran 1 bulan penuh. Artinya, selama di bulan Ramadan, kamu hanya akan menggunakan uang yang sudah dianggarkan.

Menganggarkan uang selama 1 bulan Ramadan penuh relatif mudah. Pasalnya, praktis kamu tidak perlu menganggarkan biaya untuk makan siang. Kamu hanya perlu menganggarkan uang untuk makan saat berbuka dan sahur. Kalaupun ingin camilan, itu pun praktis hanya kamu nikmati di malam hari; biasanya setelah tarawih.

Tentu bukan anggaran itu saja. Ada anggaran untuk takjil di masjid atau di musholla di mana kamu berada. Biasanya ada program takjil bergilir. Itu juga harus kamu siapkan. 

Tetapkan anggaran dan usahakan agar kamu tidak overbudget. Itu yang paling penting dalam mengelola keuangan di bulan Ramadan.

  1. Siapkan Budget Idul Fitri

Mengelola uang saat bulan Ramadan tiba bukan hanya mengelola uang untuk 1 bulan itu saja. Malahan, yang paling penting adalah menyiapkan uang untuk Idul Fitri. 

Ada beberapa hal yang harus disiapkan, seperti angpau untuk keponakan, hadiah untuk orang tua, biaya mudik, dan lain sebagainya. Ini harus kamu siapkan di awal bulan Ramadan, bukan di tengah apalagi saat bulan Ramadan sudah  hampir usia.

Tetapkan anggaran Idul Fitri. Pastikan kamu sisihkan uang tersebut agar tidak terpakai untuk hal yang lain.

  1. Usahakan Masak Sendiri 

Kenapa boros saat Ramadan? Bukannya di bulan puasa kamu bisa skip jajan atau makan siang? Betul sekali. Harusnya kamu lebih hemat di bulan puasa. Akan tetapi, pada faktanya, orang lebih cenderung boros.

Mengapa demikian? Ini disebabkan kebiasaan untuk membeli makanan takjil di luar. Meskipun harganya mungkin tidak mahal, namun kuantitasnya banyak. Ini yang membuat kamu bakal boros. Dan saat itulah kamu akan gagal dalam mengelola keuangan di bulan Ramadan. 

Tentu bukan hal yang salah ketika kamu beli takjil di luar. Namun, usahakan lebih banyak hari di mana kamu buat makanan sendiri di rumah. Apalagi kamu sudah berkeluarga. Masak sendiri di rumah sepertinya sebuah kewajiban ketika kamu ingin mengelola uang di bulan puasa dengan baik.

  1. Cari Ide Pendapatan Tambahan

Daripada memikirkan beli takjil di luar, kenapa kamu tidak bikin saja? Jadikan bulan berkah ini sebagai bulan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Pikirkan skill apa yang kamu miliki? Kamu bisa membuat camilan takjil? Buat lalu tawarkan ke tetangga, teman, saudara, dan lain sebagainya. Manfaatkan media sosial untuk memberitahukan kepada orang-orang bahwa kamu berjualan khusus di bulan Ramadan.

  1. Bijak Memanfaatkan Diskon 

Ini satu hal yang bikin boros. Diskon di bulan puasa. Silakan kamu manfaatkan diskon. Karena itu bisa membuat kamu bisa mengeluarkan uang yang lebih sedikit untuk mendapatkan sebuah produk. Akan tetapi, pastikan itu memang produk yang kamu butuhkan. Ini yang disebut dengan bijak memanfaatkan diskon.

  1. Donasi 

Saat mengelola keuangan di bulan Ramadan, bukan berarti kamu harus memegang erat uang seerat mungkin agar semakin sedikit pengeluaran. Tentu saja ada uang yang harus kamu keluarkan juga. Misalnya saja donasi. 

Dengan melakukan donasi, sebenarnya ini juga cara untuk mendapatkan rezeki. Donasi atau sedekah itu cara terbaik untuk membuka rezeki lain.

Siapkan jumlah uang yang harus kamu donasikan. Kamu bisa menghitung zakat mal yang harus dikeluarkan dalam 1 tahun ini. Keluarkan dan berikan kepada yang berhak. Ini termasuk donasi wajib yang harus kamu keluarkan.

Di sisi lain, kamu juga bisa memberikan donasi kepada saudara-saudara terdekat yang membutuhkan. Tidak perlu banyak. Yang terpenting, kamu memberikan dengan tulus. Akan lebih baik lagi kamu donasikan sejumlah uang untuk wakaf produktif. Dengan wakaf ini, uang yang kamu wakafkan akan terus bergulir semakin besar dan memberikan manfaatkan semakin banyak kepada masyarakat.

Itulah 6 tips mengelola keuangan di bulan Ramadan yang bisa kamu lakukan. Mudah, bukan? Tidak ada yang susah dalam hal pengelolaan uang. Yang terpenting adalah kamu harus memiliki komitmen yang kuat serta konsistensi. Itu dua kunci utama dalam mengelola keuangan. 

Semoga, Ramadan ini akan menjadi bulan di mana kamu belajar mengelola uang yang tidak hanya diterapkan di bulan suci ini tapi juga di bulan-bulan berikutnya.

Mungkin Anda juga menyukai