Cara Menjadi Peminjam di KlikCair

Menjadi peminjam di KlikCair
Cara menjadi peminjam di KlikCair. Photo by KlikCair
Bagikan:

Waktu baca: 5 menit

Melakukan pinjaman dana di era yang serba digital ini bisa dikatakan mudah. Sejumlah platform pinjaman online yang ada kini dapat memberikan pinjaman tanpa perlu persyaratan-persyaratan yang ruwet. Namun, itu tergantung jenis pinjaman yang diajukan seperti untuk bisnis atau untuk kepentingan pribadi.

Oleh karena makin banyaknya jenis platform pinjaman online dan makin mudahnya mengajukan pinjaman, kamu harus lebih waspada dan hati-hati TemanKlik. Sebab, sudah banyak yang terkena jebakan pinjaman ilegal yang sangat merugikan.

Pinjaman online ilegal ini sebenarnya sangat mudah untuk diidentifikasi. Untuk mengetahui daftar perusahaan pinjaman online yang resmi terdaftar dan berizin OJK, kamu bisa mengeceknya di situs resmi OJK atau bisa juga menghubungi kontak OJK 157 dan WhatsApp melalui 0811 5715 7157.

Jika kamu mendapati ada perusahaan atau aplikasi pinjaman online yang belum mendapat izin dari OJK, besar kemungkinan itu ilegal.

Ciri-ciri Pinjaman Online Ilegal

Adapun beberapa ciri-ciri pinjaman online ilegal yang perlu kamu ketahui ialah sebagai berikut:

  • Tidak terdaftar atau berizin dari OJK
  • Penawaran menggunakan SMS atau WhatsApp
  • Bunga dan denda tinggi mencapi 1-4 persen per hari
  • Biaya tambahan lainnya tinggi bisa mencapai 40 persen dari nilai pinjaman
  • Jangka waktu pelunasan singkat tidak sesuai kesepakatan
  • Meminta akses data pribadi seperti kontak, foto dan video, lokasi dan sejumlah data pribadi lainnya yang digunakan untuk meneror peminjam yang gagal bayar
  • Melakukan penagihan tidak beretika berupa teror, intimidasi dan pelecahan
  • Tidak memiliki layanan pengaduan dan identitas kantor yang jelas

Nah, agar kamu tidak terjebak pinjaman online ilegal berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

Yang pertama, tidak mengklik tautan atau menghubungi kontak yang ada saat menerima tawaran pinjaman baik melalui SMS ataupun WhatsApp.

Kedua, jangan tergoda dengan penawaran pinjaman yang menawarkan pinjaman cepat tanpa agunan.

Ketiga, jika menerima pesan baik melalui SMS atau WhatsApp terkait penawaran pinjaman online ilegal, segera hapus atau blokir nomor tersebut.

Keempat, lakukan pinjaman sesuai kebutuhan dan kemampuanmu saja.

Kelima, periksa legalitas perusahaan pinjaman online sebelum mengajukan pinjaman melalui situs resmi OJK.

Jika sudah terlanur bermasalah dengan pinjaman ilegal, kamu disarankan untuk segera melapor ke kepolisian untuk proses hukum dan juga melaporkan pada Satgas Waspada Investasi untuk pemblokiran melalui email waspadainvestasi@ojk.go.id.

Baca juga: Peer to Peer Lending di Indonesia Terpercaya

Ajukan Pinjaman Melalui KlikCair

Saat ini, KlikCair berfokus untuk memberikan pinjaman hanya untuk kegiatan produktif saja seperti untuk pengembangan bisnis. Maka dari itu, ada beberapa dokumen dan persyaratan yang harus disiapkan jika kamu sebagai pebisnis ingin mengajukan pinjaman melalui KlikCair.

Persyaratan dan dokumen yang harus disiapkan

Oleh karena KlikCair hanya melayani pinjaman produktif, ada beberapa syarat dan dokumen yang harus disiapkan. Berikut ini beberapa syarat dan dokumen yang harus disiapkan oleh peminjam.

  1. Data PIC (KTP, email, nomor HP aktif)
  2. NPWP Perusahaan
  3. Akta Pendirian Perusahaan & Akta Perubahan Terakhir (jika ada)
  4. SK Pengesahan & SK Perubahan Terakhir (jika ada)
  5. SIUP atau izin dari lembaga terkait
  6. TDP/NIB
  7. Data Bank Perusahaan (Nama Bank, No. Rekening)
  8. Laporan Keuangan per Semester terakhir
  9. Mutasi rekening perusahaan 6 bulan terakhir

Langkah-langkah menjadi peminjam di KlikCair

Untuk mendaftar menjadi peminjam, silakan kunjungi laman situs www.klikcair.com. Setelah itu, silakan lakukan langkah-langkah di bawah ini.

  • Klik “Masuk Sebagai Peminjam”
Tampilan website KlikCair
Tampilan homepage KlikCair. Photo by KlikCair

Setelah masuk ke situs KlikCair, dilanjutkan dengan klik tombol Masuk Sebagai Peminjam lalu klik Daftar di Sini untuk memulai pendaftaran.

Tampilan homepage KlikCair
Tampilan homepage KlikCair. Photo by KlikCair

Baca dan pahami dari detail disclaimer yang diberikan. Setelah selesai membaca dan memahami, silakan centang kotak “Saya telah membaca dan menyetujui pernyataan disclaimer” lalu klik setuju.

  • Masukkan nomor ponsel dan alamat surel serta kata sandi

Selanjutnya, silakan masukkan nomor ponsel yang aktif di kolom yang tersedia untuk mendapatkan One Time Password (OTP). Klik Kirim Kode OTP lalu masukkan kode tersebut ke kolom yang tersedia.

Setelah itu, masukkan alamat surel atau email beserta kata sandi yang diinginkan di kolom yang disediakan. Kamu akan mendapatkan email verifikasi dari KlikCair.

Email verifikasi.
Email verifikasi. Photo by KlikCair

Pastikan email tersebut masuk ke email yang kamu daftarkan lalu periksa isi email tersebut. Selanjutnya, klik Verifikasi Surel Anda.

  • Masuk ke akun Peminjam
Tampilan halaman log in.
Tampilan halaman log in. Photo by KlikCair

Masuk ke akun Peminjam yang sudah kamu buat sesuai langkah yang sudah disebutkan di atas. Masukkan alamat email yang terdaftar dan kata sandi yang sudah dibuat di kolom yang tersedia. Klik masuk.

Baca dengan teliti syarat dan ketentuan lalu centang kotak yang tersedia. Setelah itu, klik Kirim.

  • Lengkapi profil
Tampilan kolom profil.
Tampilan kolom profil. Photo by KlikCair

Kamu akan dialihkan ke halaman Beranda. Silakan klik Lengkapi Profil yang tersedia seperti nama, jenis kelamin, dan nomor KTP. Jangan lupa juga untuk menyiapkan foto KTP dan foto selfiemu.

  • Lengkapi data perusahaan
Tampilan kolom data perusahaan.
Lengkapi data perusahaan. Photo by KlikCair

Setelah melengkapi profil, dilanjutkan dengan melengkapi data perusahaan. Siapkan dokumen-dokumen yang sudah disebutkan di atas seperti Akta Pendirian Badan Usaha, Akta Perubahan, dan SK Pengesahan.

Unggah dokumen-dokumen tersebut di kolom yang tersedia. Jangan lupa juga untuk mengisi nomor masing-masing dokumen. Klik Simpan setelah selesai mengunggah tiap-tiap dokumen tersebut.

  • Lengkapi kolom data rekening
Lengkapi data rekening
Kolom data rekening. Photo by KlikCair

Lengkapi kolom data rekening sesuai dengan rekening milikmu. Periksa kembali ya nomor rekening yang sudah dicantumkan.

  • Unggah laporan keuangan
Laporan keuangan.
Laporan keuangan. Photo by KlikCair

Setelah itu, silakan untuk menyiapkan dokumen laporan keuangan seperti Laporan laba Rugi dan Laporan Keuangan per Semester. Unggah laporan tersebut. Jangan lupa klik Simpan setelah selesai mengunggah tiap-tiap dokumen itu lalu klik centang pada kotak dan klik Simpan.

Selanjutnya, tim KlikCair akan melakukan verifikasi baik secara sistem dan juga telepon kepada calon Peminjam untuk memastikan keaslian data calon Peminjam. Nantinya saat akunmu telah terverifikasi, dilanjutkan dengan menyelesaikan proses aktivasi terakhir yaitu menyiapkan akun tandatangan digital, dimana dalam hal ini KlikCair bermitra dengan DigiSign. Setelah semuanya selesai, kamu bisa mulai melakukan pengajuan pinjaman di KliKCair.

Begitulah cara mendaftar menjadi peminjam di KlikCair. Perlu diingat lagi ya TemanKlik, KlikCair hanya memberikan pinjaman untuk pinjaman produktif saja. Mari kita jaga bersama industri dan ekosistem P2P Lending di Indonesia agar tetap sehat ya TemanKlik!


Bagikan: