Cara Menghasilkan Uang dengan Lowongan Kerja dari Rumah, Simak Penjelasan Lengkapnya

Ilustrasi mengerjakan freelance
Cara Menghasilkan Uang dari Rumah, Simak Penjelasan Lengkapnya. Photo by Pexels
Waktu baca: 5 menit

Di era yang sudah serba praktis dan canggih ini ternyata sudah ada banyak kerja sampingan yang bisa kamu lakukan secara online atau kerja di rumah saja. Hal ini merupakan sebuah peluang yang sangat besar di mana bisa kamu manfaatkan dengan baik.

Daripada kamu bingung karena uangmu selalu habis terus menerus, maka bisa mencari cara untuk menambah pemasukan. Salah satunya yaitu dengan mencari lowongan kerja dari rumah atau online.

Ada banyak sekali kelebihan yang bisa didapatkan saat mencoba untuk melakukan pekerjaan yang satu ini. Terutama bagi kamu yang belum pernah bekerja dan masih menjadi seorang pelajar.

Namun terkadang yang paling sulit untuk mencari lowongan kerja dari rumah ini adalah bingung harus mencari ke mana dan pekerjaan apa yang harus dilakukan. Maka dari itu, kamu bisa menyimak penjelasan secara detail di bawah ini.

Platform untuk Mencari Pekerjaan Freelancer Online

Bagi yang ingin mulai cari lowongan kerja dari rumah , maka sekarang ini kamu bisa mulai mencari mana lowongan pekerjaan yang sesuai dengan yang diinginkan di platform atau situs marketplace yang memang untuk para freelancer. Beberapa situs tersebut di antaranya yaitu:

1. Sribulancer

Tampilan situs freelance Sribulancer
Sribulancer. Photo by Sribulancer

Platform pertama yang bisa kamu gunakan untuk mencari informasi tentang pekerjaan online adalah Sribulancer. Situs freelancer yang satu ini ada di Indonesia dan dari sana kamu bisa menemukan berbagai macam jenis pekerjaan.

Situs yang satu ini termasuk ke dalam situs terbesar yang ada di Indonesia karena situs yang satu ini sudah disesuaikan untuk pasar yang memang ada di Indonesia. Dengan adanya beragam jenis pekerjaan yang tersedia di situs itu, kamu bisa menentukan pekerjaan mana yang memang sesuai dengan keahlian yang kamu miliki.

Bukan hanya itu, untuk sistem pembayaran yang digunakan yaitu via transfer bank sehingga bisa sangat memudahkan kamu nanti.

2. Freelancer

Tampilan situs Freelancer
Freelancer. Photo by Freelancer

Website yang kedua yang biasa digunakan sebagai platform untuk mencari pekerjaan online adalah Freelancer. Situs yang satu ini memiliki lowongan untuk hampir semua jenis pekerjaan yang ada.

Selain itu web yang satu ini juga ada banyak sekali pekerjaan yang telah diposting karena web ini merupakan salah satu web untuk freelancer terbesar. Bahkan sampai sekarang sudah ada 32 juta user yang sudah terdaftar ke dalamnya.

Maka dari itu, banyaknya pekerjaan yang ditawarkan sangat sebanding dengan tingginya peminat freelancer dan bisa berpenghasilan dari rumah.

3. Sribu

Tampilan situs Sribu
Sribu. Photo by Sribu

Platform ketiga yang bisa kamu gunakan untuk mencari pekerjaan secara online adalah Sribu. Web yang satu ini hanya membuka lowongan pekerjaan khusus di bidang desain saja.

Sehingga bagi yang suka membuat suatu desain dan memang ahli di bidang itu, kamu bisa mencoba untuk bekerja freelance di situs ini dan bisa memiliki pemasukan sendiri.

Baca juga: Cara Lapor SPT Pajak Freelancer dengan Mudah

Cara Menghasilkan Uang dari Rumah

Ilustrasi menghasilkan uang dari rumah
Menghasilkan uang dari rumah. Photo by Fox Business

Sebetulnya ada banyak cara yang bisa dilakukan agar menghasilkan uang dari rumah dan bekerja secara online. Berikut beberapa cara dan jenis pekerjaan yang bisa kamu lakukan:

Nulis artikel ke media online

Cara yang pertama yaitu dengan menulis artikel ke media online yang ada. Jenis pekerjaan yang satu ini biasa disebut dengan freelance writer atau penulis lepas. Bagi yang memiliki hobi menulis atau suka menulis, maka tidak ada salahnya jika mencoba pekerjaan yang satu ini.

Selain bisa mengembangkan kemampuan dan keahlian dalam bidang menulis, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan hanya dengan menulis artikel dari rumah. Tentu ini adalah peluang yang sangat bagus bagi kamu jika memiliki skill menulis.

Apalagi sekarang sudah banyak website yang membutuhkan jasa untuk freelance writer. Hari ini sudah banyak yang memilih untuk melakukan pekerjaan yang satu ini karena kamu juga bisa dibayar dengan menulis satu artikel online saja.

Menarik sekali bukan? Kamu bisa mulai mencari informasinya di internet.

Membuka jasa sebagai design grafis

Apakah kamu sangat suka membuat desain? Atau kamu memang memiliki hobi yang sangat unik itu? Jika iya kamu memang jago di bidang desain, maka bisa memanfaatkan skill yang dimiliki itu untuk bisa menghasilkan uang dari rumah.

Cara menghasilkan uang dari rumah yang satu ini bisa dibilang akan sangat menguntungkan apalagi bagi kamu yang belum memiliki pekerjaan tetap atau masih menjadi pelajar. Akan tetapi memiliki bakat dan skill yang sangat bagus di bidang design grafis.

Maka kamu bisa memanfaatkan peluang supaya bisa menambah pemasukan. Sebagai langkah awal kamu bisa mulai untuk posting di akun pribadi atau ke seluruh media sosial milikmu.

Jika nanti insight media sosial milikmu bagus terutama di Instagram, maka kamu bisa semakin dikenal banyak orang lewat desain yang dibuat tersebut.

Tips Mendapat Pekerjaan Freelancer Online

Ilustrasi sedang mengerjakan pekerjaan freelance
Tips mendapat pekerjaan freelance online. Photo by Pixabay

Di bawah ini ada informasi tentang tips apa saja yang bisa kamu lakukan dan perhatikan agar bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan freelancer secara online.

Perbaiki dulu rate-mu

Tips yang pertama jika kamu ingin mendapatkan pekerjaan online yang diidam-idamkan adalah dengan memperbaiki rate-mu. Rate di dalam profilmu inilah yang bisa membedakan apakah kamu termasuk ke dalam freelancer yang masih pemula atau sudah menjadi seorang profesional.

Sehingga jika kamu sering mendapat rate, maka kamu sudah melakukan pekerjaan kamu dengan baik dan hasilnya pasti bagus. Dengan adanya rate tersebut maka kamu bisa lebih meyakinkan calon klien kamu agar bisa menerima kamu nantinya.

Membuat profil yang meyakinkan

Tips kedua yaitu kamu harus membuat profil yang meyakinkan. Agar kamu bisa semakin mudah dalam memperoleh pekerjaan yang diinginkan, maka kamu harus dan wajib untuk memperbaharui serta melengkapi profilmu.

Kelengkapan data dalam profil ini nanti yang bisa menjadi bahan untuk kamu branding dan juga sebagai portofolio. Dengan adanya data profil yang lengkap, maka kamu akan dilihat sebagai seorang pekerja yang kerja di rumah dengan transparan dan terbuka.

Selesaikan pekerjaan yang ada dengan penuh rasa tanggung jawab

Tips yang terakhir agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan online dengan mudah yaitu harus bisa menyelesaikan seluruh pekerjaan yang ada. Selain itu kamu juga harus menyelesaikannya dengan penuh rasa tanggung jawab di dalamnya.

Bukan hal yang mudah untuk bisa mendapatkan kepercayaan dan juga kepuasan dari para klienmu, maka dari itu kamu harus bisa melakukan semua pekerjaan dengan baik, teliti, dan juga tanggung jawab.

Dengan begitu maka citra kamu di depan para klien bisa bagus dan mereka juga bisa memberi rate yang tinggi pula.

Artikel Lainnya