7 Cara Menabung Unik dan Kreatif, Rahasia Semangat Menabung yang Efektif

ilustrasi menabung unik dan kreatif
7 Cara Menabung Unik dan Kreatif, Rahasia Semangat Menabung yang Efektif. Photo by KlikCair
Waktu baca: 3 menit

Menabung sebenarnya penting untuk memiliki cadangan dana darurat ataupun untuk mewujudkan tujuan tertentu. Sayangnya tidak semua orang bisa rutin atau telaten menabung. Kuncinya memang harus kreatif agar Kamu jadi selalu bersemangat untuk menabung. Seperti misalnya menggunakan beberapa cara menabung unik yang akan diulas kali ini.

Cara Menabung yang Unik

Menabung.
Menabung. Photo by Pexels

Siapa bilang menabung harus selalu dengan cara lama memasukkan uang ke dalam celengan? Karena sebenarnya banyak cara unik yang bisa dicoba agar kegiatan menabung Kamu lebih menyenangkan dan tidak terasa seperti menabung. Tahu-tahu uang terkumpul dan bisa digunakan untuk tujuan keuangan tertentu. Berikut beberapa caranya:

  1. Tabungan Pecahan 5 Ribu

Cara unik pertama menabung dengan nominal tetap 5 ribu. Kamu bisa memakai kaleng bekas, dompet khusus, atau wadah lainnya. Jika punya sisa uang saku atau uang belanja pecahan 5 ribu, maka Kamu bisa langsung memasukkannya ke dalam wadah. Cara ini cukup efektif jika Kamu konsisten. 

Pecahan 5 ribu tentunya tidak terlalu besar, sehingga sebagai awalan membiasakan diri menabung kiranya tidak akan terasa berat. Jika punya pecahan uang 1000 atau 2000 kamu bisa menukarkannya menjadi 5 ribu agar bisa ditabung. Untuk target lebih besar, Kamu bisa mengganti pecahan uang menjadi 10 ribu atau sesuai kemampuan.

  1. Menabung dengan Kalender Saku

Cara menabung unik berikutnya menggunakan kalender saku. Kalender ini tampil beda karena di setiap tanggalnya mempunyai saku atau wadah untuk menyimpan uang. Kamu bisa menyisakan sejumlah uang setiap harinya ke dalam saku kalender. Untuk jumlahnya bebas bisa dibuat sama ataupun seadanya. 

Setiap akhir bulan Kamu bisa melakukan evaluasi dan menghitung berapa uang yang bisa terkumpul tiap bulannya. Selanjutnya uang yang terkumpul bisa disimpan di bank atau bisa digunakan sesuai tujuan menabung.

Baca juga: 5 Tujuan Menabung yang Perlu Dipahami

  1. Menabung Sesuai Tanggal

Masih kurang semangat dan kurang tertantang dengan cara-cara yang diberikan sebelumnya? Bagaimana jika Kamu mencoba menabung sesuai dengan tanggal? 

Contohnya untuk tanggal 1 Kamu bisa menabung dengan nominal 1000 rupiah. Jika dirasa terlalu kecil kamu bisa menaikkan angkanya menjadi 11.000, tanggal 2 menabung 2000 atau 12.000, dan demikian seterusnya harus sesuai angka pada kalender. Dijamin nominal akhirnya yang terkumpul di akhir bulan akan membuat Kamu kaget terheran-heran.

  1. Mengikuti Arisan

Cara ini tentu bukan cara baru karena arisan sendiri banyak dilakukan mulai dari arisan trah keluarga, arisan RT, hingga arisan di kalangan pertemanan. Arisan sebenarnya termasuk kegiatan menabung yang dapat membuat seseorang bisa konsisten untuk terus menabung karena ada iuran bersifat wajib yang harus disetor tiap bulannya. 

Hanya saja cara ini memiliki kekurangan uang yang disetorkan tidak bisa diambil sewaktu-waktu dibutuhkan. Kamu juga tidak tahu kapan giliran mendapat arisan. Jangka waktunya juga tidak fleksibel lantaran bergantung dengan jumlah anggota arisan. Tapi satu hal yang pasti membuat kegiatan ini masih dilakukan karena adanya manfaat mempererat hubungan pertemanan antar anggotanya.

  1. Menabung Setiap Kali Jajan

Cara menabung unik satu ini bisa dibilang cukup menantang. Caranya setiap kali akan membeli jajanan Kamu harus menabungkan uang dengan nominal tertentu. Kamu bebas menentukannya misal 5.000, 10.000, atau nominal lebih setiap kali ingin jajan. Jika Kamu tidak memiliki uang untuk ditabung, maka artinya tidak seharusnya Kamu membeli jajanan waktu itu.

Tidak hanya efektif menambah nominal uang tabungan, cara ini juga ampuh menekan keinginan boros jajan makanan, barang, atau produk yang bukan kebutuhan pokok atau mendesak.

  1. Menabung Uang Receh

Jangan menganggap uang receh. Meski nominalnya tidak besar, tetapi jika rutin dan sering ditabung sedikit demi sedikit bisa memberi perubahan berarti pada isi tabunganmu. Menabung uang receh bisa dilakukan kapan saja saat Kamu memiliki receh. 

Untuk kegiatan menabung receh ini, Kamu bisa memakai wadah yang tidak biasa. Misalnya menggunakan botol bekas, kaleng, toples, atau lainnya. Tidak perlu terlalu besar. Di mana saat wadah sudah penuh Kamu bisa menukarkannya ke toko kelontong, minimarket, atau pedagang yang membutuhkan. Kemudian uang hasil tabungan bisa Kamu simpan di bank ataupun digunakan untuk kebutuhan. 

  1. Metode Menabung 50/30/20

Untuk Kamu yang sekiranya tidak bisa rutin menabung harian karena takut terlupa bisa mencoba cara berikut ini. Metode menabung 50/30/20 ini pun cocok untuk Kamu yang sudah memiliki penghasilan sendiri atau bisa juga diterapkan oleh kalangan pelajar yang mendapat jatah uang bulanan.

Metode 50/30/20 merupakan cara pembagian uang yang Kamu miliki. Dimana 50% ditujukan untuk kebutuhan bulanan, 30% untuk keinginan atau dana cadangan, dan 20% untuk tabungan. Kamu bisa mengubah persentasenya disesuaikan dengan besarnya pengeluaran seperti misal adanya cicilan atau lainnya.
Itulah beberapa cara menabung unik yang bisa Kamu coba. Cukup unik dan menantang bukan? Asal Kamu konsisten tidak menutup kemungkinan bisa menghasilkan ratusan bahkan jutaan rupiah tiap bulannya. Jika demikian, maka impianmu pasti akan segera terwujud. Yuk mulai menabung dengan cara yang unik sekarang juga!

Artikel Lainnya