Terapkan Cara Memulai Bisnis Online Ini agar Risiko Gagal Bisa Diminimalisir

Seorang pebisnis mengalami kegagalan.
Terapkan Cara Memulai Bisnis Online Ini agar Risiko Gagal Bisa Diminimalisir. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Ada banyak sekali tips tentang cara memulai bisnis online yang bisa kamu pelajari. Namun, apakah semua cara tersebut harus kamu terapkan? Tentu saja tidak. Karena ada kemungkinan cara-cara tersebut tidak saling mendukung.

Ada baiknya, kamu pelajari lalu terapkan cara berikut ini yang merupakan tahap demi tahap memulai bisnis online yang benar. Dengan menerapkan tahap berikut ini, risiko gagal bisa diminimalisir.

5 Tahap Memulai Bisnis Online yang Bisa Kamu Terapkan

Setidaknya 5 tahap memulai sebuah bisnis online berikut ini yang harus kamu lakukan:

  1. Belajar dari Ahlinya
Belajar dari orang lain.
Belajar dari ahlinya. Photo by @nesabymakers

Kamu bisa saja belajar tentang bisnis online dari mana saja. Di internet, banyak sekali website yang menjelaskan tentang hal tersebut. Ada juga ebook yang dibagikan secara gratis. Semuanya bisa kamu pilih.

Akan tetapi, ada satu saran yang wajib kamu pertimbangkan. Yaitu belajar dari ahlinya secara langsung. Belajar dari ahli tidak hanya tentang teori. Mereka sudah menerapkan teori dalam bisnis mereka. Jadi, ilmu yang kamu dapatkan akan lebih komprehensif.

Tidak hanya itu. Dengan belajar dari ahli secara langsung, kamu mendapatkan support. Misalnya saja jika ada kesulitan, kamu bisa langsung mendapatkan bantuan. Ada energi positif langsung yang bisa kamu rasakan.

Apalagi bisnis online itu bermacam-macam. Kamu harus tentukan di area mana yang kamu akan ambil, apakah online shop, affiliate, content creator, dan lain sebagainya. Tentukan lalu cari orang yang ahli di bidang tersebut.

Baca juga: Pebisnis Pemula Ingin Sukses? Yuk Simak Caranya di Sini

Mungkin kamu harus membayar sejumlah untuk bisa mendapatkan ilmu dari seorang ahli. Itu tidak masalah. Ini jauh lebih baik daripada kamu hanya sekedar membaca referensi gratis yang terkadang kamu harus menghabiskan banyak waktu tanpa ada hasil. Dengan belajar dari seorang ahli, kamu mendapatkan ilmu dan juga mentorship. Bukankah itu yang paling penting?

  • Imbangi dengan Praktik
Menerapkan ilmu bisnis di bisnis milikmu.
Langsung dipraktikan. Photo by @Docusign

Tidak seharusnya kamu menghabiskan seluruh waktu untuk belajar. Saat menerapkan cara memulai bisnis online, kamu harus membuat seimbang antara belajar dan praktik. Sekali kamu belajar satu bab, saat itulah kamu harus secara melakukan action.

  • Siapkan Modal Secukupnya
Ilustrasi setumpuk uang untuk modal.
Modal harus disiapkan secukupnya. Photo by Pixabay

Bisnis online bisa diterapkan dengan modal yang kecil. Bahkan, ada juga yang hampir tanpa modal. Namun, apapun itu, tetap saja kamu harus siapkan modal.

Berapa modal yang harus disiapkan? Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kamu. Jangan terlalu fokus mencari modal yang begitu besar. Jika bisa, gunakan uang yang tidak kamu gunakan. Jangan menggunakan uang tabungan apalagi uang yang kamu siapkan untuk dana pendidikan anak. Gunakan uang yang benar-benar tidak kamu akan gunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok. Dengan demikian, kamu bisa lebih tenang dalam menjalankan bisnis.

  • Lakukan Review Secara Berkala
Sekumpulan orang sedang mereview bisnisnya.
Lakukan review berkala. Photo by @myleon

Sudah punya mentor dan bisnis sudah berjalan? Langkah selanjutnya adalah melakukan review. Dan review ini harus dilakukan secara berkala. Bisa satu minggu sekali atau satu bulan sekali. Ini tergantung pada kebutuhan atau seberapa besar bisnis online yang kamu jalankan.

  • Bangun Tim
Lakukan rekrutmen tim dengan baik.
Siapkan tim. Photo by @youxventures

Ketika bisnis sudah mulai berjalan, pikirkan untuk membuat tim. Jangan menjadi superman di mana semua pekerjaan kamu kerjakan sendiri. Kamu harus mulai membangun tim. Mulailah merekrut satu atau dua orang untuk menjadi bagian dari tim. Cari orang yang memiliki dedikasi yang tinggi dan etos kerja yang kuat. Jangan mementingkan pengetahuan. Yang paling penting adalah orang yang memiliki etos kerja yang tinggi. Pengetahuan bisa di upgrade seiring berjalannya waktu.

Nah, sudah tahu kan cara memulai bisnis online? Kini saatnya kamu melakukan action.

Artikel Lainnya