Ketahui Cara Melihat NAB Reksadana agar Tidak Salah Pilih Investasi 

cara melihat NAB reksadana hari ini
Ketahui Cara Melihat NAB Reksadana agar Tidak Salah Pilih Investasi. Photo by Pexels
Waktu baca: 2 menit

Kesalahan umum yang sering dilakukan investor reksadana pemula adalah asal memilih. Mereka tidak mengetahui cara melihat NAB reksadana hari ini. Hingga akhirnya keuntungan yang mereka dapatkan tidak maksimal.

Untuk kamu yang sekarang sedang mulai mencoba berinvestasi di reksadana, kamu harus tahu apa itu NAB, peran pentingnya, dan bagaimana cara menghitung NAB. Ini menjadi pijakan awal ketika kamu mulai mengeluarkan modal untuk berinvestasi di reksadana.

Apakah ini sulit? Tenang saja. Ini bukan perkara yang sulit. Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan hal ini. Yang mereka ketahui adalah bahwasanya reksadana itu instrumen investasi yang low risk sehingga tidak perlu khawatir ketika menaruh uang di sana.

Faktanya, meskipun ini termasuk low risk investment, bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan profit yang melimpah. Ketika kamu tahu cara melihat NAB reksadana dan tahu cara menghitungnya, kamu akan mengerti bagaimana memaksimalkan potensi profit dari instrumen investasi ini.

Apa NAB dan Mengapa Itu Penting untuk Kamu Ketahui?

Apa itu NAB? Ini pertanyaan pertama yang harus kamu cari jawabannya. NAB ini singkatan dari Nilai Aktiva Bersih. Dalam Bahasa Inggris, ada istilah lain yang digunakan, yaitu NAV atau Net Asset Value. 

Lalu, apa yang dimaksud dengan NAB? Secara sederhana, ini adalah sebuah angka yang menunjukkan kekayaan bersih sebuah reksadana di setiap hari. Jadi, ini juga bisa diartikan sebagai nilai aset reksadana di pasar.

Kamu harus tahu uang yang diinvestasikan ke reksadana akan digunakan untuk hal yang produktif. Ini bisa berupa proyek atau trading. Apa pun itu, manajer investasi reksadana akan berusaha untuk menggunakan uang tersebut untuk hal yang lebih produktif. Hasil dari kegiatan itulah yang kemudian dihitung untuk mengetahui berapa NAB nya. Dalam hal ini, manajer investasi akan mengumumkan NAB setiap harinya.

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa sih NAB reksadana. Selanjutnya, mungkin kamu akan mengajukan pertanyaan lagi. Mengapa NAB ini harus dipertimbangkan? Jawabannya mudah. Dengan mengetahui NAB reksadana, kamu tahu harga jual reksadana hari ini. Di sisi lain, jika kamu lebih jeli lagi, kamu juga bisa memprediksi berapa jumlah keuntungan ketika kamu menjual reksadana yang sudah kamu miliki suatu hari nanti.

Jadi, menurut kamu, seberapa penting kamu mengetahui cara melihat NAB reksadana hari ini? Sangat penting, bukan?

Baca juga: Mengenali Apa Saja Risiko Reksadana dan Cara Mengatasinya

Cara Sederhana Menghitung NAB Reksadana 

Lalu, bagaimana cara melihat NAB reksadana hari ini? Caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu menggunakan rumus berikut ini:

NAB = Nilai Aset – Nilai Kewajiban

Apa itu nilai aset? Ini merupakan nilai sekuritas dalam portofolio.

Di sisi lain, kamu juga perlu mengetahui NAB untuk basis per saham dengan menggunakan rumus: 

NAB = (Nilai Aset – Nilai Kewajiban)/Total Saham

Dari rumus kedua ini, kamu akan mendapatkan sebuah angka yang menunjukkan berapa jual beli investasi.

Nah, kamu sudah tahu kan bagaimana cara melihat NAB reksadana hari ini? Setelah itu, kamu bisa bandingkan nilainya dari hari ke hari. Dari riset kecil tersebut, kamu bisa tahu reksadana mana yang menguntungkan yang bisa kamu pilih.

Jadi, sudah yakin untuk menaruh uang di instrumen reksadana yang mana nih? Yang pasti, lakukan investasi dengan hati-hati dan selalu update ilmu pengetahuan kamu tentang investasi. Ini sangat penting agar kamu tidak salah dalam memilih investasi.

Artikel Lainnya