Aset Investasi yang Sebaiknya Kamu Miliki Saat Ini Juga

Aset investasi berupa properti
Aset Investasi yang Sebaiknya Kamu Miliki Saat Ini Juga. Photo by @sxy_selia
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Memiliki aset investasi adalah hal yang sangat penting jika kamu ingin memiliki finansial yang stabil. Dengan finansial yang stabil, maka kehidupan akan berjalan jauh lebih baik. Setidaknya, kamu tidak perlu lagi khawatir dengan apa yang perlu dicukupi untuk kehidupan setiap hari. Bahkan, jika kamu tepat dalam memilih dan mengelola aset investasi ini, kamu bisa memenuhi tidak hanya kebutuhan primer tapi juga sekunder. Kamu bisa membeli mobil apapun yang kamu inginkan.

Sayangnya, beberapa orang tidak mengerti bagaimana memilih dan mengelola aset untuk investasi yang tepat. Mereka hanya mengerti bahwa berinvestasi itu penting. Padahal, ada banyak pilihannya. Dan setiap pilihan itu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Untuk itu, kamu perlu meluangkan waktu untuk mengetahui apa saja aset investasi yang bagus dan pilih mana yang tepat untuk kamu miliki. Tentu saja pilihan tersebut harus kamu sesuaikan dengan kondisi dan situasi kamu saat ini. Karena setiap orang memiliki pertimbangan tersendiri sehingga harus memilih aset investasi yang paling tepat sesuai dengan kondisi mereka masing-masing.

Baca juga: Investasi Risiko Paling Tinggi yang Sekarang Semakin Seksi

6 Aset Investasi yang Sangat Tepat untuk Kamu Miliki

Kelola aset investasi
Mengelola aset investasi. Photo by Pexels

Sebelum membahas tentang jenis aset investasi, kamu perlu tahu dulu apa yang dimaksud dengan istilah yang satu ini. Secara mudah, aset investasi adalah kekayaan dan juga sumber daya yang menghasilkan finansial. Jadi, bukan hanya kekayaan seperti emas saja tapi juga sumber daya lainnya yang menjadi sumber keuangan kamu seperti bisnis dan perusahaan.

Jadi, ada banyak sekali aset yang bisa kamu gunakan untuk investasi. Namun, setidaknya satu atau lebih dari 6 aset berikut ini sebaiknya kamu pertimbangkan untuk kamu miliki dengan masing-masing kelebihan. Apa saja 6 aset yang dimaksud?

  1. Emas

Sangat tepat sekali jika memasukkan emas dijadikan aset untuk investasi. Dan harus diakui ini merupakan jenis aset yang sudah sangat lama digunakan oleh orang-orang terdahulu.

Salah satu kelebihannya adalah terhindar dari inflasi. Seperti yang kamu ketahui, nilai dari uang itu terus menurun, bukan? Nilai uang Rp 10.000 tahun ini dengan 10 tahun yang lalu jelas berbeda. Ini disebabkan oleh inflasi.

Lain hal dengan emas. Jika kamu memiliki 10 gram emas pada hari ini, nilai emas tersebut akan terus naik sering berjalannya waktu. Kenaikannya ditentukan oleh banyak faktor. Yang pasti, nilai emas tidak tergerus layaknya nilai uang. 

Apalagi menjadikan emas sebagai instrumen investasi sekarang ini sangat mudah. Kamu bisa menabung emas di bank digital atau di fintech yang melayani tabungan emas. Kamu bisa memanfaatkan gadget untuk mulai memiliki aset investasi emas sekarang juga.

  1. Properti

Selain emas, properti juga sangat menarik untuk dijadikan aset investasi. Mengapa? Karena harga properti juga terus naik. Apalagi jika kamu tepat memilih lokasi properti yang kamu jadikan aset. Misalnya saja kamu memilih untuk membeli properti yang aksesnya bagus dan dekat dengan perkembangan kota. Nilainya pasti terus naik.

  1. Paper Asset 

Ini aset investasi yang sangat diminati saat ini, terutama anak-anak muda. Paper asset ini berupa kertas tapi sangat berharga. Misalnya saja reksadana, deposito, dan saham. Tiga paper asset ini paling banyak diburu oleh kalangan milenial untuk dijadikan sebagai aset investasi.

  1. Bisnis

Ada tipe orang yang tidak ingin berdiam diri dengan cara membeli aset investasi seperti emas, properti, dan juga paper asset. Ada yang ingin aktif membangun bisnis sebagai aset di masa depan. 

Bisnis ini bisa menjadi aset jika bisnis tersebut sudah besar dan sudah bisa berjalan tanpa pemilik bisnis harus 100% terlibat. Makanya, fondasi bisnis harus kuat. Manajemen harus ditata sehingga bisnis bisa berjalan dengan baik. Saat itulah bisnis bisa dijadikan aset investasi yang menguntungkan.

  1. Pertanian 

Dari berbagai sektor, pertanian merupakan sektor yang tak ada matinya. Logikanya sederhana. Setiap orang dari generasi ke generasi membutuhkan pangan. Oleh sebab itu, pertanian itu akan terus ada.

Menjadikan pertanian menjadi aset investasi itu sangat tepat. Dengan satu syarat. Aset tersebut diolah dengan baik sesuai dengan kebutuhan saat ini. Misalnya saja lahan digunakan untuk menanam sayuran organik yang sekarang ini permintaannya semakin naik. Jadi, hasil pertanian tidak hanya terus didistribusikan ke pasar tradisional tapi juga pasar modern. Bahkan, bisa juga hasilnya dipasarkan ke market di luar negeri.

  1. Peternakan 

Sama seperti pertanian. Peternakan juga tidak ada habisnya. Lihat saja bisnis kuliner semakin menjamur. Ini membuat peternak terus mendapatkan demand yang sangat tinggi.

Tentu tidak semua jenis aset investasi tersebut di atas cocok untuk kamu pilih. Maka dari itu, pertimbangkan kondisi dan situasi yang ada. Perhatikan juga apa yang sebenarnya kamu inginkan. Dengan memilih aset investasi yang sesuai dengan kamu inginkan, maka kamu akan lebih mudah untuk mengembangkan serta mengelola aset tersebut.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai