7 Etika Cara Berbicara Meminjam Uang Paling Ampuh 

Meminjam uang kepada teman
7 Etika Cara Berbicara Meminjam Uang Paling Ampuh. Photo by @cdubo
Waktu baca: 3 menit

Seringkali kebutuhan hidup melebihi penghasilan yang didapatkan. Bagi sebagian orang yang membutuhkan uang darurat, maka opsi yang biasa dipilih adalah dengan meminjam uang. Lalu, bagaimana cara berbicara meminjam uang dengan benar? 

Cara pinjam uang tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada etika yang harus kamu lakukan untuk mendapatkannya. Pada kesempatan ini, kamu harus mengetahui cara meminjam uang dengan benar agar kesempatan untuk disetujui oleh orang tersebut menjadi lebih besar. 

Etika-etika Pinjam Uang ke Teman 

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu lakukan ketika ingin meminjam uang ke teman atau keluarga terdekat. Simak tips cara berbicara meminjam uang dengan baik. 

1. Cari Tahu Kondisi Keuangan Teman 

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum meminta pinjaman teman yaitu mengetahui kondisi finansial mereka terlebih dahulu. Jangan sampai meminjam uang saat kondisi keuangan mereka juga sulit. 

Ini tentu saja menyebabkan kecil kemungkinan dipinjami uang. Dari pada berakhir sia-sia, tanyakan dulu bagaimana kehidupannya sebelum meminjam uang. 

Jadi, saat mereka bercerita telah mengalami kesulitan seperti tunggakan spp anak, banyak cicilan, atau bisnis yang gagal, maka besar kemungkinan mereka tidak akan meminjamkan uang. 

Jadi, kamu tidak perlu bertanya lebih jauh untuk meminjam uang pada mereka. Dengan demikian, kamu tidak akan memberatkan dan membuat teman menjadi kesal. 

Baca juga: Cicilan 0 Persen, Yuk Pahami Plus Minusnya!

2. Pakai Bahasa yang Sopan 

Tips berikutnya dalam cara pinjam uang agar berhasil adalah menggunakan bahasa yang sopan baik secara langsung atau melalui chat pinjam uang. Hal ini sangat penting karena banyak kasus dijumpai orang yang meminjam menjadi lebih galak dibandingkan peminjamnya. 

Hal ini harus kamu hindari dan tidak boleh dilakukan. Minta tolonglah secara baik-baik agar teman dan berikan alasan yang tepat pinjam uang. Pasalnya, banyak peminjam yang tidak ingin memberikan pinjaman karena orang tersebut tidak sopan meski uangnya sebenarnya sudah ada. 

Jadi, kesopanan adalah hal penting dalam meminjam uang. Jangan menelponnya larut malam sampai memberikan pesan spam yang akan mengganggu temanmu. Bicarakan secara baik-baik agar kesempatan diberi pinjaman utang menjadi lebih besar. 

Jika kata-kata pinjam uang sopan, maka orang juga tidak enak untuk menolaknya kecuali jika mereka sedang tidak ada uang. Selain itu, jika orang tersebut tidak bisa meminjami uang, mereka juga bisa berkata halus dan sopan karena kamu juga bersikap demikian. 

Bukan menolak dengan tindakan kasar yang akan menyakiti hati.

3. Tetapkan Jangka Waktu Pengembalian Utang 

Cara meminjam uang agar dapat dipercaya adalah dengan memberitahukan kepada peminjam kapan waktu pengembalian. Dengan memberitahukan jangka waktunya, ini menunjukkan bahwa kamu konsisten dan memang berniat untuk mengembalikannya. 

Dengan demikian, pemberi pinjaman akan lebih percaya dan mau membantumu. Namun, penting juga untuk bertanggung jawab terhadap janji yang sudah dilakukan. Cara berbicara meminjam uang harus dilakukan dengan baik dan sesuai kesepakatan. 

Jangan sampai menyalahi kepercayaan yang telah teman berikan. Kamu harus memberikan tenggat waktu terutama jika meminjam uang dalam jumlah yang besar. Tujuannya adalah agar temanmu merasa yakin dan tidak perlu cemas. 

4. Buat Bukti Perjanjian 

Untuk menunjukkan sikap tanggung jawab kamu dan menepis keraguan dari pemberi pinjaman, kamu juga bisa membuat bukti tertulis yang legal (hitam di atas putih). Buatlah perjanjian MoU dengan kesepakatan bersama. 

Dengan membuat perjanjian tertulis ini akan meningkatkan kepercayaan dan besar kesempatan untuk diterima. Cara berbicara meminjam uang ini juga tidak perlu janji-janji palsu cukup buatkan MoU dengan ditandatangani oleh kedua belah pihak. 

5. Bicarakan Jika Sudah Terpaksa 

Cara berbicara meminjam uang lainnya yaitu bicarakan secara khusus. Kamu tidak boleh meminjam jika tidak terdesak karena perilaku meminjam bisa membuatmu menjadi lebih sulit di masa depan untuk melunasi utang. 

Jadi, lebih baik untuk berusaha terlebih dahulu. Sebelum berutang, kamu dapat membicarakan kepada temanmu bagaimana saran terbaik. Bisa jadi temanmu punya saran terbaik selain meminjam uang. 

Contohnya ketika sedang berbincang masalah finansial, bisa jadi temanmu akan memberikan solusi dengan memberikan pekerjaan sampingan untukmu sehingga tidak perlu melakukan pinjaman. 

6. Ucapkan Terima Kasih 

Cara berbicara meminjam uang yaitu mengucapkan terima kasih baik saat teman meminjamkannya maupun menolaknya. Hal ini adalah bentuk kesopanan yang harus dilakukan bagi para peminjam. 

Kamu harus tetap bersikap baik meski ditolak agar hubungan yang terjalin tetap harmonis. 

7. Jangan Bernegosiasi  

Tips pinjam uang ke teman yang harus kamu ketahui adalah tidak boleh melakukan negosiasi apabila pemberi pinjaman memberikan uang yang tidak sesuai dengan angka yang kamu inginkan. 

Terimalah jumlah nominal uang yang mereka sanggupi. Jika kamu terlalu memaksa, maka temanmu mungkin akan merasa kesal dan akhirnya malah tidak jadi untuk meminjamkannya. 

Perlu diingat, saat meminjam uang ke teman kamu juga harus mengerti tujuannya untuk apa. Jika tujuannya ingin mengembangkan bisnis yang sedang kamu jalankan, lebih baik pinjam ke peer to peer lending terpercaya dan yang telah berizin serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) seperti KlikCair.

Melalui KlikCair, kamu selaku pebisnis dapat memperoleh pinjaman modal untuk pengembangan bisnismu. Segera ajukan pinjaman di KlikCair dengan mengikuti langkah-langkah yang tertulis di sini ya TemanKlik!

Demikian adalah cara berbicara meminjam uang yang benar. Lakukan dengan baik agar kamu bisa dipercaya oleh teman. Dalam meminjam uang, kamu harus mempertimbangkannya dengan matang apakah benar-benar membutuhkannya atau tidak agar tidak terjerat utang besar.

Mungkin Anda juga menyukai