Beberapa Pilihan Bisnis Online untuk Pelajar SMP Tanpa Modal

Beberapa Pilihan Bisnis Online untuk Pelajar SMP Tanpa Modal. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Apa mungkin anak SMP sudah bisa menghasilkan uang? Di era digital seperti saat ini, kemungkinan itu sangat ada. Apalagi sudah ada jenis bisnis online untuk pelajar SMP tanpa modal yang sudah terbukti bisa membuat anak yang baru di bangku SMP bisa mendapatkan uang sendiri.

Tentu sangat membanggakan jika anak yang masih berada di bangku SMP sudah mendapatkan uang sendiri. Mungkin tidak banyak. Namun, setidaknya mereka memiliki uang sendiri untuk jajan. Apalagi jika ini dijadikan ajang pembelajaran agar anak belajar kemandirian, belajar mengatur serta menghargai uang. 

Profesi sebagai Content Creator yang Sangat Menjanjikan 

ilustrasi seorang wanita menajdi content creator
Profesi sebagai content creator. Photo by @jennyueberberg

Ada banyak sekali pilihan bisnis online. Akan tetapi, apa jenis bisnis online untuk pelajar SMP tanpa modal? Ini yang menjadi pertanyaannya. Ada bisnis online berupa jualan online, menawarkan jasa online, affiliate, reseller, dropshipper, dan lain sebagainya. Mana yang tepat untuk anak usia SMP yang notabene tidak memiliki modal?

Sepertinya, yang paling tepat untuk anak usia SMP adalah content creator. Setidaknya ada tiga alasan utama. Yang pertama, dengan menjadi content creator, anak tidak perlu modal. Hanya dengan menggunakan hp saja, mereka bisa menghasilkan konten yang bagus yang bisa mendatangkan uang. Yang kedua, membuat konten itu sangat menarik bagi anak. Dan yang ketiga, menjadi content creator tidak membuat anak kehabisan waktu sehingga tidak fokus belajar pelajaran dari sekolah.

Tentu ini bukan satu-satunya opsi. Ada juga opsi yang lainnya. Akan tetapi, jika ditanya apa bisnis online untuk pelajar SMP tanpa modal, content creator menjadi salah satu jawabannya.

Baca juga: Bisnis Online 2022 Seperti Apa yang Bakal Berkembang?

Jenis Konten yang Bisa Menghasilkan Uang

Lalu, jenis konten seperti apa yang bisa mendatangkan uang untuk anak SMP? 

  • Konten Artikel
Inilah usaha rumahan modal kecil.
Konten artikel. Photo by Pixabay

Konten yang pertama adalah konten artikel. Ini tepat sekali dipilih oleh anak yang suka menulis. Anak tinggal diajarkan cara membuat blog dan cara posting artikel di blog. Jika anak sudah mulai mahir dalam membuat artikel dan memposting, selanjutnya anak diajarkan cara daftarkan blog di Google Adsense. Dari sanalah anak mendapatkan uang.

  • Konten Video 
Seorang videografer sedang membuat konten
Membuat konten video. Photo by Pexels

Sekarang, lebih banyak anak yang suka menonton video di Youtube. Dan sama saja dengan blogging. Youtube juga bisa menjadi ladang uang untuk anak SMP. Mereka tidak hanya boleh jadi penonton tapi juga creator video.

Anak bisa menggunakan smartphone mereka untuk membuat video. Ajarkan anak untuk mengedit video dan mengupload video tersebut di channel Youtube. Monetize pakai Youtube Adsense. 

  • Konten Grafis 
Proses membuat konten grafis
Konten grafis. Photo by @timxdesign

Ini yang jarang dibuat oleh anak SMP. Padahal, konten grafis juga bisa dibuat dan bisa menghasilkan uang lho. Bagaimana caranya? Banyak caranya. Misalnya saja anak bisa membuka jasa desain konten grafis untuk media sosial, desain banner, atau desain iklan grafis. Bisa juga mereka membuat konten grafis yang menarik untuk memasarkan produk orang lain. Mereka langsung mendapatkan quick cash karena sudah melakukan promosi.

Nah, itulah beberapa ide bisnis online untuk pelajar SMP tanpa modal. Memang bukan berarti mereka tidak perlu modal. Tentu ada sedikit modal yang harus dikeluarkan, misalnya saja smartphone. Orang tua bisa membelikan smartphone yang bagus. Jika tujuannya untuk belajar apalagi yang menghasilkan, mengapa tidak?

Yang terpenting adalah anak suka. Karena jika mereka mengerjakan sesuatu berlandaskan suka, maka mereka bisa berkembang lebih cepat. 


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai