Bisnis Online Terpercaya dengan Modal Kecil yang Benar-Benar Terbukti

seorang pemilik bisnis online yang membutuhkan modal kecil
Bisnis Online Terpercaya dengan Modal Kecil yang Benar-Benar Terbukti. Photo by @brucemars
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Kamu pasti sudah tidak lagi asing dengan ajakan untuk menjalankan bisnis online terpercaya dengan modal kecil. Namun, kamu tidak mau langsung percaya begitu saja. Karena banyak sekali yang ternyata tidak terbukti menghasilkan. Bukannya dapat untung tapi justru banyak yang buntung.

Waspada memang perlu. Namun, bukan berarti kamu tidak percaya sama sekali dengan adanya model bisnis online modal kecil yang menguntungkan. Faktanya memang ada dan masuk akal. Dengan modal kecil, kamu bisa memiliki bisnis dengan penghasilan yang sesuai dengan effort yang kamu lakukan.

Jika ada yang menawarkan bisnis online modal kecil tanpa perlu mengeluarkan keringat, lupakan. Itu kemungkinan besar bohong. Karena tetap saja ada effort yang kamu harus keluarkan.

2 Jenis Bisnis Online Modal Kecil

ilustrasi koin dengan action figur
Bisnis online modal kecil. Photo by @mathieustern

Setidaknya ada dua macam bisnis online dengan hanya memerlukan modal kecil, yaitu dropship dan reseller. 

Kedua model bisnis ini tampak sama. Namun, ada sedikit perbedaan. Keduanya membuat kamu tidak perlu memiliki produk. Pada intinya, kamu hanya seorang marketer atau penjual saja. Kamu mengambil produk dari suplier atau produsen secara langsung. Kemudian, kamu naikkan harga jual dan keuntungan pun kamu dapatkan.

Namun, ada satu perbedaan. Jika kamu memilih dropship, kamu tidak perlu membeli produk. Kamu hanya perlu memasarkan saja. Jika ada yang membeli, hubungi saja perusahaan dropship agar produk dikirimkan ke pembeli. Kamu langsung mendapatkan keuntungan.

Sementara itu, jika kamu jadi reseller, kamu harus beli produk dulu dengan kuantitas tertentu. Namun, jangan khawatir. Biasanya, reseller mendapatkan harga yang berbeda. Jauh lebih murah dibandingkan harga untuk customer.

Jadi, benar-benar jenis bisnis modal kecil, bukan?

Baca juga: Ini Daftar Aplikasi Bisnis Online Shop yang Kamu Butuhkan

Tips Bisnis Online dengan Hanya Bermodalkan HP

Seorang sedang merencanakan bisnis melalui handphone
Bisnis online bermodalkan HP. Photo by Pixabay

Setelah kamu pilih apakah dropship atau reseller, yang harus kamu siapkan adalah modal untuk jaulan. Yaitu handphone dan data internet. Itu saja. Mudah dan murah, bukan? Setelah itu, kamu bisa mulai untuk melakukan sedikit effort untuk mencari cuan dari bisnis online yang kamu pilih. 

Berikut ini tips yang menjadi effort yang harus kamu lakukan.

  1. Siapkan Aplikasi-Aplikasi yang Dibutuhkan

Tidak perlu beli komputer atau laptop yang harganya mahal. Cukup beli hp atau smartphone. Kamu pun tidak perlu beli hp yang mahal. Yang sedang-sedang saja. Yang penting, hp kamu bisa diinstal beberapa aplikasi berikut ini:

  • WhatsApp 
  • Media sosial (Facebook, Instagram, TikTok)
  • Aplikasi Edit Video atau Grafis yang gratis seperti VN dan Canva

Setidaknya tiga aplikasi tersebut harus kamu install dulu. Karena aplikasi itulah yang akan terus kamu gunakan untuk menjalankan bisnis online. 

  1. Rutin Membuat Konten 

Setelah punya aplikasi, manfaatkan dengan baik. Mulailah dengan membuat konten, entah itu konten tulisan yang diposting di Facebook, konten gambar dan video yang diposting di Instagram atapun TikTok. Gunakan VN untuk mengedit video. Gunakan Canva untuk membuat konten grafis.

Buat konten yang bermanfaat yang juga menunjukkan apa bisnis atau produk yang kamu tawarkan. Misalnya saja kamu dropship produk kosmetik. Kamu bisa bagikan konten tutorial makeup sekaligus tawarkan produk yang kamu gunakan untuk makeup. 

Pastikan kamu posting konten tiap hari, minimal 1 konten di semua media digital. Buat posting di WhatsApp Story, IG, Facebook, dan juga TikTok.

  1. Interaktif di Media Sosial

Agar kamu lebih mudah dikenal orang lain di media sosial, berinteraksilah dengan baik. Komentarlah yang positif di postingan orang. Bagikan status orang lain jika kamu merasa status itu bagus dan bermanfaat.

  1. Bangun Trust di Mata Konsumen 

Yang tak kalah penting, bangun trust. Tunjukkan bahwa kamu pebisnis yang aman. Tunjukkan bahwa produk yang kamu jual berkualitas. 

Mulailah dengan melakukan hal sederhana. Misalnya saja posting kegiatan kamu secara live di media sosial seperti kegiatan packaging atau kegiatan melakukan pengiriman produk ke konsumen. Jika perlu, kamu juga harus menggunakan produk tersebut. Ini akan membuat orang lain semakin yakin bahwa produk kamu benar-benar bagus.

Sudah siap untuk menjalankan bisnis online terpercaya dengan modal kecil?


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai