Cari Tahu Biaya Siapkan Menu Sahur Hemat Tapi Sehat (Part 2)

Biaya menu sahur hemat tapi sehat.
Biaya menu sahur hemat tapi sehat. Photo by Tech in Asia
Waktu baca: 3 menit

Sahur adalah waktu yang tidak dilewatkan oleh umat muslim saat menjalankan puasa. Hal ini karena jika kamu tidak melewatkannya, maka kamu akan mendapatkan pahala yang melimpah. Selain itu, sahur pun sangat penting karena di waktu itu kamu berkesempatan untuk mengisi energi untuk beraktifitas seharian. Nah dengan begitu, menu sahur yang kamu pilih harus sehat. Namun sayangnya, di Ramadan ini harga bahan pokok melonjak tinggi. Hal ini mengakibatkan kamu harus pandai dalam mengatur keuangan. Kamu bisa menyiapkan biaya untuk menu sahur hemat tapi sehat.

Baca juga: Cari Tahu Biaya Siapkan Menu Sahur Hemat Tapi Sehat (Part 1)

Untuk itu, kamu perlu memanfaatkan bahan-bahan yang mudah dan murah namun tetap bergizi. Biasanya bahan-bahan seperti itu akan mudah ditemukan di warung terdekat kamu sekalipun. Nah, jika kamu masih bingung tentang menu apa yang ingin kamu buat untuk sahur nanti, di bawah ini ada beberapa menu yang bisa kamu pilih. Apa saja? Simak ulasan mengenai menu dengan biaya untuk sahur yang hemat tapi sehat di bawah ini:

Orak Arik Telur

Biaya menu sahur hemat tapi sehat.
Orak-arik telur. Photo by Tribunnews

Hanya dengan budget Rp 14.500 ribu, kamu sudah dapat menyiapkan menu makanan selezat dan sesederhana orak arik untuk menu makan sahur yang praktis. Menu ini tidak hanya bisa dibuat oleh ibu rumah tangga, tapi juga buat kamu yang lagi ngekos. Kantong tetap aman namun tetap sehat dengan orak arik telur.

  • 4 Telur (Rp8.000),
  • 2 buah cabai merah (Rp2.000),
  • Garam secukupnya,
  • Daun bawang 1 batang (Rp2.000),
  • Minyak goreng secukupnya,
  • Seledri 1 tangkai (Rp2.500).

Sedangkan untuk cara membuatnya juga cukup mudah dan praktis tidak ribet sehingga tepat untuk disiapkan meskipun waktu sahur tinggal sedikit. Langkah yang harus kamu lakukan adalah mencincang cabai, seledri serta daun bawang di dalam satu tempat. Kemudian masukkan telur ke dalam wadah yang berisi cincangan tadi. Aduk hingga merata sembari di beri garam secukupnya. Setelah itu, goreng telur dengan minyak secukupnya ada api sedang dan jangan biarkan bentuk telur sempurna, melainkan acak telur dengan spatula hingga matang. Setelah berwarna kuning kecoklatan, angkat, dan sajikan.

Menu Sup Ayam Bakso

Biaya menu sahur hemat tapi sehat.
Sup ayam bakso. Photo by Tribunnews

Hanya dengan budget Rp48.500 ribu, kamu sudah dapat menyiapkan menu makanan selezat sup ayam bakso yang pas untuk dijadikan sebagai menu sahur keluarga kamu di bulan puasa. Selain murah, menu makanan yang sangat cocok untuk sahur ini menyehatkan dan mudah cara membuatnya serta pas di santap di suhu pagi yang dingin. Pencarian bahan-bahannya pun mudah didapatkan seperti:

  • 250 gram daging ayam (Rp10.000),
  • Bakso sayur (Rp16.000),
  • 100 gram wortel (Rp5.000)
  • Bawang putih 2 siung (Rp5.000),
  • Daun bawang 1 batang (Rp2.000),
  • Seledri 1 tangkai (Rp2.500).

Nah, untuk cara membuatnya sendiri juga cukup mudah loh. Tidak serumit yang kebanyakan orang bayangkan. Meskipun kamu menyiapkan menu istimewa ini sehabis tidur, tentu harus tetap semangat sebab hanya membutuhkan waktu yang cukup singkat. Cukup dengan menumis bumbunya hingga matang, kemudian tambahkan garam dan merica masing-masing satu sendok teh garam, tambahkan pula satu liter air, dilanjutkan memasukkan sayur, daging ayam yang telah direbus sebelumnya, serta bakso sembari aduk hingga rata. Sup ayam bakso siap untuk Kamu sajikan sebagai menu sahur hemat tapi sehat…

Nah, itulah dua menu sahur yang bisa kamu coba. Semoga dengan ide menu yang memiliki biaya sahur yang hemat tapi sehat, kamu sekarang sudah menentukan menu apa yang ingin kamu buat untuk sahur nanti ya. Semoga bermanfaat.