Begini Cara Kelola Keuangan Saat Libur Natal dan Tahun Baru

kelola keuangan saat natal.
Kelola keuangan saat libur Natal dan Tahun Baru. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Momen libur Natal dan Tahun Baru merupakan momen yang paling dinanti-nanti oleh banyak orang. Hal itu dikarenakan momen liburan bisa digunakan untuk berkumpul bersama keluarga hingga jalan-jalan untuk menghilangkan stres dan penat setelah menjalani rutinitas sehari-hari.

Namun, perlu diingat bahwa saat liburan ini pasti akan lebih mengikis isi dompetmu. Apalagi, jika kamu jalan-jalan bareng keluarga sehingga pengeluaranmu akan lebih banyak daripada biasanya. Nah, agar lebih hemat, berikut ini cara kelola keuangan saat libur Natal dan Tahun Baru yang perlu kamu ketahui.

Menabung jauh-jauh hari

Kelola keuangan saat Natal dengan menabung.
Menabung jauh-jauh hari untuk liburan Natal dan Tahun Baru. Photo by Pixabay

Sebelum menghadapi momen Natal dan Tahun Baru, ada baiknya kamu menabung sedini mungkin. Jangan sampai kamu baru mengalokasikan dana menjelang hari H. Jika kamu melakukan hal itu, yang ada beberapa post uang yang sudah kamu susun akan terpakai karena jumlah uang melebihi anggaran liburan Natal dan Tahun Baru.

Bandingkan jika kamu sudah menyicil mengumpulkan uang untuk liburan tersebut. Kamu bisa memenuhi kebutuhan saat itu juga atau mungkin uang tersebut bisa lebih dan bisa disimpan lagi untuk keperluan lain.

Manfaatkan THR dengan baik

Gunakan THR dengan baik.
Gunakan THR dengan baik. Photo by Liputan6

Tunjangan Hari Raya (THR) ini pasti akan diterima oleh umat Kristiani yang biasanya akan diberikan perusahaan dua minggu sebelum hari Natal. Setelah menerima THR tersebut, harap digunakan dengan bijak dan jangan langsung menghabiskan uang dalam sekejap.

Selain itu, kamu juga harus memikirkan bagaimana THR yang kamu terima bisa menjadi simpanan setelah Natal dan Tahun Baru ini. Sedikitnya, sisihkan sekitar 20 hingga 30 persen uang THR untuk kebutuhan lainnya, seperti investasi.

Buat prioritas pengeluaran

Buat prioritas pengeluaran.
Buat prioritas pengeluaran. Photo by Pexels

Agar dana yang sudah disiapkan untuk Natal dan Tahun Baru tidak bocor, kamu harus membuat skala prioritas pengeluaran dana tersebut. Pikirkan dan susun kembali barang-barang apa saja yang akan dibeli sebagai hadiah atau keperluan pribadi. Selain itu, kamu harus mengalokasikan budget untuk kegiatan bareng keluarga atau teman-temanmu.

Baca juga: Waspada! 5 Kebiasaan Sepele Ini Bikin Kamu Boros

Batasi pengeluaran selama Natal dan Tahun Baru

Batasi pengeluaran saat libur Natal
Batasi pengeluaran saat libur Natal dan Tahun Baru. Photo by Pixabay

Selain membuat skala prioritas, kamu juga harus membatasi jumlah uang yang dikeluarkan selama Natal dan Tahun Baru. Hal itu dilakukan agar bisa menahan hasratmu untuk membeli sesuatu. Dengan begitu, dompetmu dijamin tidak kempes lagi sampai Tahun Baru.

Melakukan pencatatan arus kas

Melakukan pencatatan arus kas.
Melakukan pencatatan arus kas. Photo by Pixabay

Terakhir, jangan lupa untuk melakukan pencatatan arus kas. Hal ini berguna untuk mengetahui uangmu digunakan untuk apa. Jika merasa kecolongan atau sempat merasa budget yang kamu miliki bocor, maka pencatatan arus kas tersebut bisa digunakan untuk bahan evaluasi.

Itulah beberapa cara kelola keuangan saat liburan Natal dan Tahun Baru yang perlu dilakukan. Segera terapkan cara di atas ya agar keuanganmu tetap aman.

Mungkin Anda juga menyukai