Bangun Bisnis Setelah Pandemi Tidak Boleh Asal-Asalan

Seorang laki-laki sedang memikirkan cara bangun bisnis setelah pandemi
Bangun Bisnis Setelah Pandemi Tidak Boleh Asal-Asalan. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 5 menit

Bangun bisnis setelah pandemi bukan hal yang mudah. Selama adanya pandemi Covid-19, banyak sekali pemilik bisnis memutuskan untuk menyerah. Banyak bisnis gulung tikar. Ada juga yang bertahan dengan berbagai cara yang sebenarnya tidak mudah untuk dilakukan. Hal inilah yang membuat beberapa orang akhirnya berpikir ulang ketika ingin membangun usaha baru.

Akan tetapi, sulitnya membangun bisnis saat pandemi tidak lantas membuatnya mustahil. Karena faktanya banyak juga pebisnis yang bisa bertahan atau bahkan bisnis mereka jauh lebih berkembang. Ini hanya tentang bagaimana cara yang tepat untuk menyikapi masa pandemi seperti saat ini.

Yang pasti, tidak salah jika kamu memutuskan untuk bangun bisnis setelah pandemi. Hanya saja, harus diakui bahwa membangun bisnis di masa seperti saat ini jauh berbeda dengan yang dulu.

Yang Paling Perlu Diperhatikan Saat Bangun Bisnis

Cara Dapat Uang di Rumah
Perhatikan beberapa hal sebelum mulai berbisnis. Photo by Pixabay

Ada baiknya kamu belajar dari beberapa orang yang berhasil mempertahankan bisnis mereka di masa pandemi. Dan pelajaran tersebut harus kamu aplikasikan ketika kamu mulai bangun bisnis setelah pandemi.

Setidaknya ada tiga hal utama yang membuat beberapa bisnis tetap survive di masa pandemi. Yang pertama adalah adaptasi. Banyak pengusaha yang akhirnya menutup usaha mereka karena ketidakmampuan mereka untuk beradaptasi. Pandemi membuat penjualan menurun. Apalagi jika bisnis mereka sangat tergantung pada kunjungan fisik. Mengingat adanya pembatasan waktu buka atau bahkan larangan untuk berkumpul, beberapa bisnis seperti restoran gulung tikar.

Yang berhasil beradaptasi yang bisa mengatasi masalah ini. Misalnya saja menerapkan sistem delivery atau mengubah model bisnisnya. Untuk itu, untuk kamu yang ingin mulai bangun bisnis setelah pandemi, kamu harus adaptif. Tidak hanya adaptif dengan peraturan yang diterapkan sesuai dengan protokol kesehatan. Kamu juga harus tahu bahwa perilaku masyarakat yang menjadi konsumen kamu juga ikut berubah setelah pandemi.

Yang kedua adalah sisi unik. Tidak ada bisnis yang baru. Semuanya sudah ada. Restoran ada di mana-mana. Penjual baju online juga mudah ditemukan. Apa yang membuat mereka sukses? Sisi unik. Pastikan usaha yang baru kamu bangun memiliki sisi unik. Itu sangat penting agar bisnis kamu stand out.

Dan yang ketiga adalah sisi value. Bisnis tidak hanya tentang bagaimana mendapatkan uang. Kamu sebagai business owner harus mampu memberikan value kepada konsumen. Misalnya saja kamu bisa membuat sebuah produk baju yang membuat orang bangga karena baju tersebut dibuat oleh karyawan berkebutuhan khusus. Atau bahan utama baju tersebut berasal dari bahan yang ramah lingkungan. Value ini juga yang membuat bisnis kamu stand out dan akhirnya beda dari yang lainnya.

Baca juga: Ini Dia Bisnis Berawal dari Kreativitas yang Bisa Kamu Tiru

Ide Bisnis yang Layak untuk Kamu Coba

Seorang wanita memegang kertas bergambar bohlam
Ide bisnis. Photo by Pexels

Pertanyaan selanjutnya adalah ide bisnis apa yang harus dicoba? Yang pasti, bisnis kamu harus adaptif dengan situasi, unik, serta memiliki value. Untuk jenis bisnis di era pandemi seperti saat ini, berikut ini beberapa ide usaha yang layak untuk dicoba:

  • Usaha Jasa Pendidikan
Investasi membantu persiapkan dana pendidikan anak.
Usaha jasa pendidikan. Photo by @santiverdi

Bisnis yang sukses selalu berupa bisnis yang mampu mengatasi masalah di masyarakat. Dan di masa pandemi, banyak orang tua yang punya masalah dengan sekolah. Pasalnya, anak mereka sekolah online. Dan umumnya mereka tidak begitu puas dengan sistem online di sekolah.

Di sinilah ada celah di mana kamu bisa menyelesaikan masalah pendidikan yang dihadapi oleh para orang tua. Kamu bisa menawarkan jasa kursus, entah itu kursus online atau offline. Jika kursus online, pastikan kamu punya sistem pembelajaran yang asyik yang membuat anak tertarik untuk terus belajar. Atau jika kamu menawarkan sistem kursus offline, kamu bisa datang. Orang tua biasanya tidak mempermasalahkan jika anak tidak berkerumun. Jadi, sistemnya private.

Apalagi tidak ada yang tahu sekolah online ini mau sampai kapan. Sekalipun PPKM sudah tidak lagi diterapkan, anak sekolah kemungkinan tidak bisa setiap hari belajar di sekolah. Tetap saja masih ada pembelajaran online karena pembelajaran tatap muka masih dijalankan secara terbatas.

  • Usaha Jasa Promosi Online
Content marketing
Jasa promosi online. Photo by Pixabay

Salah satu bisnis yang sangat dibutuhkan di masa pandemi adalah jasa promosi online. Harus diakui pandemi tidak hanya menimbulkan kesengsaraan. Bagi penyedia jasa promosi online, pandemi justru menjadi berkah.

Di masa pandemi, banyak pengusaha bahkan pemilik perusahaan besar sadar bahwa promosi online itu sangat penting. Apalagi bagi mereka yang usahanya harus terkendala dengan promosi offline. Mau tidak mau, mereka harus melakukan promosi online.

Pengusaha tentu tidak ingin belajar dari awal. Mereka harus mempertahankan cash flow dengan cara bekerja sama dengan penyedia jasa promosi online. Ini jauh lebih efektif daripada mereka harus belajar sendiri.

  • Usaha Jasa Pembuatan Website
Tema yang bisa dipilih untuk website
Usaha jasa pembuatan website. Photo by @campaign_creators

Jika promosi online itu begitu penting, maka salah satu komponen pentingnya adalah website. Sekarang ini, bukan hanya bisnis besar saja yang menggunakan website untuk promosi, melainkan juga pebisnis setingkat UMKM. Mereka sadar lebih banyak orang yang mencari sebuah produk atau jasa melalui internet. Dan jika mereka tidak memiliki website, maka usaha mereka tidak akan bertahan apalagi maju.

  • Usaha Katering
Menu untuk bisnis katering
Membuat bisnis katering. Photo by @chenpitu

Banyak yang menganggap katering itu bisnis yang kurang pas untuk dijalankan di masa pandemi atau setelah pandemi. Akan tetapi, kenyataannya tidak demikian. Banyak masyarakat yang tidak mau lagi makan di luar. Di sisi lain, mereka tidak punya waktu untuk masak sendiri. Solusi yang diambil biasanya adalah mencari jasa katering harian.

Apalagi ketika anak sudah mulai sekolah dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Misalnya saja anak tidak boleh jajan di luar sekolah. Anak harus bawa bekal sendiri dari rumah. Atau sekolah yang menyediakan makanan untuk menjaga kehigienisan.

Makanya, usaha katering itu sangat menjanjikan. Jika kamu memiliki angan-angan untuk bangun usaha setelah pandemi, usaha katering menjadi pilihan yang bisa kamu pertimbangkan.

Kamu bisa buka jasa katering harian. Atau kamu juga bisa bekerja sama dengan perusahaan, instansi, atau lembaga pendidikan untuk menyediakan makanan.

  • Usaha Frozen Food
aneka maca frozen food
Frozen food bakso. Photo by Klikdokter

Jika kamu jeli, kamu pasti tahu usaha frozen food sekarang ada di mana-mana. Bahkan di kota-kota kecil sekalipun. Ini juga tidak lepas dari adanya pandemi. Pandemi membuat masyarakat enggan untuk makan di luar. Mereka lebih memilih untuk membeli frozen food yang bisa dimasak dengan sangat mudah di rumah.

Jika kamu berniat untuk bangun bisnis baru setelah pandemi, kamu bisa memilih jualan frozen food. Buat usaha kamu unik dan beda. Misalnya saja kamu jual frozen food yang sudah dipastikan halal, daging berkualitas, dan lain sebagainya. Jadi, frozen food kamu beda dengan yang lainnya. Itu kuncinya.

Nah, itulah beberapa ide bangun bisnis setelah pandemi. Tentu opsi lainnya juga banyak. Akan tetapi, pastikan usaha yang kamu akan rintis adaptif sesuai dengan kondisi saat atau setelah pandemi nanti.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai