Bagaimana Merintis Usaha Kecil Modal Kecil?

Cara merintis usaha kecil dengan modal kecil.
Cara merintis usaha kecil dengan modal kecil. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Apakah perlu kita membuka usaha kendati sudah hidup berkecukupan? Jawabannya adalah relatif, ada yang mencoba memulai usaha kecil karena ingin belajar menjadi seorang pebisnis dengan cara berbisnis yang baik dan ada pula yang memang terjebak dalam kondisi sulit dan bermodal kecil. Jika kamu ingin memulai usaha kecil modal kecil sebaiknya perhatikan poin di bawah ini:

Kreatif

Jadi kreatif dan inovatif untuk memajukan UMKM.
Jadilah kreatif. Photo by Pixabay

Jika kamu ingin menjalani sebuah usaha dengan modal kecil maka carilah sesuatu yang beda dan lain daripada lainnya. Intinya kreatif itu bisa dibentuk jika sudah kepepet, benar demikian ya?
Dengan sesuatu yang unik dan menarik tentu akan banyak diminati.

Sabar dan Tekun

Cara merintis usaha kecil dengan modal kecil.
Tekun. Photo by Pexels

Sabar dan tekun adalah kunci menemukan sebuah sela atau seluk beluk dalam mendalami pasaran. Tidak semua orang sabar ketika pertama kali melakukan usaha kok sepi dan tidak kunjung laku. Analisislah apa yang kurang atau salah dengan usaha barumu. Minta saran kepada ahli usaha untuk menunjang karir usaha.

Mulai dengan Tren

Social media specialist.
Ikuti tren. Photo by @katerinapavlickova

Terkadang orang ikut-ikutan dengan tren masa kini yang menjebak dan pada akhirnya mulai bosan lalu ditinggalkan. Namun, tren yang bagaimana yang perlu kamu ikuti? Tren untuk memasarkan sebuah produk yang kini semakin canggih melalui media online. Untuk objek yang dijual jangan pernah mengganti dan labil karena keberhasilan dari usaha adalah ciri khas menempel pada tubuhmu.

Sasaran Tepat

Jualan snack kemasan.
Sasaran tepat. Photo by Usaha Rumahan

Kamu harus jeli saat memulai usaha, salah satunya adalah sasaran jualan. Misalnya, kamu menjual makanan ringan seperti kerupuk maka sasaran utama adalah warga dengan kelas menengah ke bawah. Maka, sesuaikan kualitas dari objek usaha yang akan kamu bangun tersebut.

Berikut ini beberapa contoh usaha kecil yang bisa kamu sesuaikan dengan sasaran atau target pasar yang diinginkan:

  • Nasi rames
  • Laundry
  • Kelontong
  • Jasa les privat
  • Cuci motor atau mobil
  • Menjahit
  • Kuliner anak sekolah
  • Fashion

Mengatur Keuangan dengan Matang

Sistem keuangan syariah.
Mengatur keuangan dengan matang. Photo by Pixabay

Ketika sebuah usaha sudah mulai berjalan tanpa adanya halangan di muka maka cobalah untuk mengatur keuangan. Salah satunya jangan mencampur uang hasil usaha dengan uang pribadi karena akan mengacaukan manajemen. Tahan diri untuk mengambil laba dari usaha yang sedang dirintis, lihat bagaimana perkembangannya di 12 bulan ke depan. Dari sinilah akan terlihat naik turunnya keuangan dan pasar.

Jangan Mencampur Emosi Usaha

usaha kecil modal kecil
Jangan mencampur emosi dengan usaha. Photo by Rawpixel

Jika kamu sedang asyik dengan usaha A maka jangan campur dengan usaha baru lagi karena satu belum matang sudah membuka usaha mentah lainnya. Emosi dan pikiran akan kacau, tekuni satu dulu barulah jika sudah stabil bisa membuka usaha lainnya dan dikelola dengan baik.

Saran dari pengusaha sukses Bob Sadino adalah ketika kamu akan merintis usaha walaupun masih skala kecil peganglah sendiri, jangan bebankan kepada orang lain.

Mungkin Anda juga menyukai