Bagaimana Caranya Menjadi Orang Kaya? Simak Kiat-Kiatnya

Bagaimana Caranya Menjadi Orang Kaya
Bagaimana Caranya Menjadi Orang Kaya? Simak Kiat-Kiatnya. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Bagaimana caranya menjadi orang kaya? Tidak ada cara kaya yang instan. Namun beberapa cara berikut ini bisa kamu coba untuk menambah pundi-pundi.

Menjadi milyuner mungkin terdengar agak ambisius, bahkan beberapa orang menganggap hal tersebut tidak mungkin terjadi. Namun kamu boleh bermimpi setinggi mungkin, bukan? 

Dengan menerapkan perencanaan yang tepat, kesabaran, dan rajin menabung, menjadi milyuner bukan lagi sebuah mimpi.

Tidak Instan, Begini 5 Cara Jadi Orang Kaya

Bicara soal bagaimana caranya menjadi orang kaya, banyak orang langsung mencari cara cepat kaya di internet. Padahal tidak ada hal besar yang instan – good things take time. Beberapa hal berikut ini mungkin bisa membantumu untuk menjadi kaya bahkan sejak usia muda.

Apabila kamu bisa mengikut langkah-langkah di bawah ini dan mau mengerjakan “pekerjaan rumah” lebih awal. Tidak hanya itu, bagaimana caranya menjadi orang kaya banyak melibatkan mindfulness dalam membelanjakan uangmu.

1. Segera Menabung

Kamu ingin kaya sebelum umur 30 tahun? Hal yang bisa kamu mulai sekarang adalah menyisihkan uang untuk ditabung. Mulai menabung lebih awal memberikan banyak keuntungan, salah satunya adalah memungkinkanmu untuk melakukan compounding.

Apa itu compounding? Kegiatan ini adalah menghasilkan keuntungan dari keuntungan yang sudah ada, sehingga kamu bisa kaya tanpa kerja. Bagaimana caranya?

Misal, kamu berusia 20 tahun dan berinvestasi menabung reksadana selama 20 tahun. Selama itu kamu akan mendapatkan keuntungan sekian persen, tergantung bagaimana perjanjiannya.

Keuntungan yang kamu dapatkan itu nantinya akan terakumulasi pada investasi reksadana. Pada akhirnya, keuntungan berikutnya yang kamu peroleh pun semakin berlipat ganda.

Tentu saja, reksadana bukan satu-satunya investasi yang menguntungkan untuk tabungan compounding. Namun jika yang kamu butuhkan adalah instrumen tabungan yang tidak memotong modal investasi maka reksadana adalah pilihan yang tepat.

Selain itu, bisakah kamu menyisihkan 15 persen dari pendapatan bulanan? Menjadikan hal tersebut sebagai rutinitas akan membantu seseorang untuk meraih financial freedom ketika sudah pensiun.

Bagaimana caranya menjadi orang kaya untuk yang suka berdagang? Jualan apa yang cepat kaya? Semua butuh proses, tapi kalau kamu mencari bisnis tanpa modal maka dropship bisa menjadi opsi.

2. Hindari Utang dan Pengeluaran yang Tidak Perlu

Cepat kaya dalam 1 hari tentu bukan hal yang logis, mengingat tidak ada hal yang instan. Selain pemasukan dan pendapatan yang harus dikontrol, kamu pun perlu memonitor pengeluaran.

Tidak hanya menabung, memperhatikan pengeluaran dan menghindari utang yang bersifat konsumtif merupakan salah satu jawaban dari bagaimana caranya menjadi orang kaya.

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah tidak membelanjakan uang untuk benda atau apapun yang tidak kamu butuhkan. Hal tersebut juga berlaku ketika kamu memutuskan untuk berutang atau menggunakan kartu kredit.

Sebelum membelanjakan uang, tanyakan beberapa hal berikut ini pada diri sendiri:

  • Apa aku membutuhkan hal ini?
  • Apakah aku punya benda yang serupa dengan ini?
  • Lebih penting mana, benda ini atau jadi kaya?

Setiap rupiah yang dibelanjakan untuk benda yang tidak penting berarti mengurangi anggaran yang bisa kamu gunakan untuk menabung. 

Di sisi lain, apabila bisa menyisihkan uang tersebut untuk menabung, katakanlah Rp. 250.000 per minggu selama 20 tahun maka kamu bisa mengumpulkan lebih dari 200 juta.

Bisakah kamu menyisihkan 250 ribu dari anggaran mingguan? Ada banyak kemungkinan, namun jika hal tersebut memungkinkan, maka hal tersebut bisa berkontribusi untuk mengubah nasib. Apalagi jika orientasinya adalah kondisi finansial yang lebih leluasa.

3. Hasilkan Lebih Banyak Uang

Kamu ingin kaya mendadak? Sayangnya hal tersebut tidak mungkin terjadi, kecuali ada warisan keluarga yang jumlahnya fantastis.

Tapi tanpa perencanaan dan pengelolaan yang tepat, uang warisan dalam jumlah yang banyak pun tidak akan memberikan kontribusi yang nyata. Lalu, bagaimana caranya menjadi orang kaya yang halal?

Kamu perlu menghasilkan lebih banyak uang. Memang, kedengarannya lebih mudah dikatakan daripada dilakukan, bukan? Untuk menjadi milyuner, menyisihkan 15 persen dari pendapatan bulanan adalah angka minimal. 

Akan sulit bagi siapa saja untuk kaya dan berada di status financial freedom tanpa menerapkan hal tersebut. Tapi tenang saja, ada beberapa opsi yang bisa kamu pertimbangkan, seperti:

  • Meminta atasan untuk menaikkan gaji (jika hal tersebut memungkinkan dan masuk akal).
  • Kerja lembur yang dibayar.
  • Menjalankan side hustle.
  • Mengikuti berbagai pelatihan yang berkontribusi memberi insight tentang meningkatkan penghasilan bulanan – misal, sertifikasi gym trainer apabila kamu cukup aktif di bidang itu.

Mendapatkan license dari sertifikasi seringkali menjadi sumber pemasukan tambahan untuk jangka panjang. Oleh karena itu, kamu bisa mulai mencari program yang sesuai dengan aktivitas yang disukai.

Selain itu, jika profesimu saat ini membutuhkan sertifikasi, memiliki lisensi pendukung juga bisa meningkatkan pendapatan. Perawat, misalnya, yang sudah profesi biasanya berpotensi memiliki pendapatan lebih tinggi daripada mereka yang belum mengambil kelas profesi.

4. Tidak Terjebak Lifestyle Inflation

Pernahkan kamu mendengar istilah lifestyle inflation? Ini merupakan sebuah kondisi di mana seseorang mengeluarkan uang lebih banyak untuk mencukupi gaya hidupnya ketika penghasilannya bertambah.

Misalnya, tinggal di rumah sewa yang nyaman seharga 2 juta per bulan. Tapi karena naik gaji, kamu pindah ke tempat yang sewanya 3 juta per bulan. Tentu saja hal tersebut masih terjangkau namun bisa menghambat tujuan dari bagaimana caranya menjadi orang kaya.

Keinginan untuk meningkatkan taraf lifestyle bergejolak seiring meningkatkan pendapatan. Apabila tujuannya adalah kaya dengan cara halal dan mendapatkan kehidupan nyaman di hari tua, maka tahan keinginan untuk terjebak lifestyle inflation.

Daripada membelanjakan lebih banyak uang, sebaiknya menabung lebih banyak, bukan?

Baca juga: 5 Solusi Praktis Mengatasi Pengeluaran Lebih Besar dari Pendapatan

5. Membangun Portofolio Investasi

Cara berikutnya dari bagaimana caranya menjadi orang kaya adalah dengan investasi saham dan membangun diversified portfolio. Saham memang tidak untuk semua orang. Namun jika kamu memiliki modal yang cukup dan siap untuk investasi jangka panjang, maka saham bisa dipertimbangkan.

Sama seperti compounding, keuntungan yang kamu peroleh bisa digunakan untuk investasi yang lain. Lebih dari apapun, menyisihkan uang, berinvestasi, dan menabung adalah kiat utama cara sukses jadi orang kaya. Perlu kamu ingat bahwa tidak ada cara menjadi kaya yang instan.

Kerja apa yang bisa cepat kaya? Apapun yang dilakukan, pastikan imbalan yang kamu dapatkan sesuai dengan beban kerja yang diterima.

Lebih dari apapun, segala mimpi bisa kamu wujudkan dengan ketekunan dan usaha yang setimpal. Selain itu, salah satu jawaban dari bagaimana caranya menjadi orang kaya adalah dengan mulai lebih awal.

Kamu juga harus keep track segala pengeluaran sehingga dana yang tersedia bisa segera dialokasikan untuk investasi yang lebih penting. Demikian berbagai hal yang perlu kamu ketahui tentang bagaimana caranya menjadi orang kaya. Seimbangkan mimpimu dengan usaha, ya!

Mungkin Anda juga menyukai