5 Solusi Praktis Mengatasi Pengeluaran Lebih Besar dari Pendapatan

Pengeluaran lebih besar dari pendapatan
5 Solusi Praktis Mengatasi Pengeluaran Lebih Besar dari Pendapatan. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Kebutuhan meningkat dengan biaya hidup tinggi memacu finansial kurang seimbang. Efeknya, terjadi pengeluaran lebih besar dari pendapatan jika pendapatan tidak menentu setiap harinya.

Apabila dibiarkan terus-menerus keadaan finansial kamu bisa defisit dan terjadi gali lubang tutup lubang untuk membayar hutang. Membutuhkan cara mengatasi hal seperti ini agar keadaan finansial membaik kembali.

5 Solusi Tepat Saat Pengeluaran Lebih Besar dari Pendapatan

Mungkin, hampir semua orang pernah mengalami kejadian lebih besar pasak daripada tiang atau pengeluaran lebih besar dari pendapatan. Penghasilan kecil dengan biaya kebutuhan bertambah membuat keadaan keuangan kamu berantakan.

Namun, tidak perlu panik dan takut untuk mengubahnya menjadi lebih baik dan keluar dari hutang yang menumpuk. Meskipun terkesan sulit, langkah dan 5 solusi di bawah ini bisa kamu lakukan untuk mengantisipasi keadaan finansial yang amburadul.

1. Pangkas Pengeluaran Saat Ini

Langkah pertama adalah memangkas pengeluaran saat ini. Apa yang bisa dipangkas lakukan secara bijak dan cerdas. 

Misalnya saja setiap bulan membeli baju baru dan berwisata, hentikan terlebih dahulu kebiasaan yang kurang urgent tersebut. Caranya adalah:

  • Lakukan padu padan pakaian untuk ke kantor atau sekedar kondangan. Jika kamu sering dapat undangan resepsi atau pesta mengenakan baju baru, tinggal padu padan saja. Lakukan ide baru agar terlihat menarik tapi dari bahan yang telah tersedia.
  • Berwisata atau piknik bulanan memang menyenangkan, tapi tidak semua harus dengan pengeluaran besar. Maka bisa diganti ke tempat yang murah meriah. Namun, bisa tetap healing dengan nyaman.
  • Kurangi belanja harian atau mingguan menjadi 2 mingguan sekali. Belanja kebutuhan sehari-hari akan lebih hemat jika dilakukan dalam jangka waktu panjang sekalian. 
  • Kamu juga bisa biaya transportasi yang kurang penting. Jika terbiasa menggunakan mobil pribadi, ubah dengan busway, transportasi online atau angkutan umum.

Meskipun sederhana, pengurangan pengeluaran pos tertentu yang masih ‘aman’ dapat menjadi pilihan kamu mengatasi kebocoran dana bulanan.

2. Batasi Cicilan Maksimal 30% Penghasilan

Penyebab pengeluaran lebih besar dari pendapatan biasanya karena cicilan hutang tidak sesuai income. Agar finansial sehat batas maksimal cicilan adalah 30% dari penghasilan.

Apabila cicilan melampaui batas, malah akan terlilit hutang. Untuk awal cicilan mungkin mampu tapi setelah bulan ke 3 kamu akan ‘pecicilan’ sendiri untuk membayar tagihan.

Jika telah terlanjur, perhitungkan baik-baik dan jangan sekalipun memulai mengambil cicilan baru lagi sebelum tagihan lama lunas.

3. Sisakan Satu Aplikasi Belanja Online

Pembelian secara online memang memudahkan pembeli untuk memilih barang sesuai keinginan. Mungkin kamu juga mengalaminya, saat jenuh atau santai, biasanya mulai berselancar membuka aplikasi untuk belanja.

Padahal produk tersebut tidak terlalu penting bahkan sudah memilikinya di rumah. Namun, kamu tetap tertarik untuk membeli barang yang kurang penting.

Sekarang cek, deh, ada berapa aplikasi belanja di HP kamu? Jika lebih dari 3 pangkas  saja dan sisakan satu aplikasi belanja online saja. Dengan demikian keinginan belanja yang kurang penting dapat teratasi dengan baik.

4. Sesuaikan Kebutuhan, Bukan Keinginan

Langkah keempat untuk meminimalisir hutang banyak penghasilan sedikit dengan beli barang sesuaikan kebutuhan, bukan keinginan. Misalnya tidak perlu nongkrong yang menghabiskan begitu banyak uang.

Hindari gaya hidup mewah yang berlebihan dan hedon yang akan membuat pengeluaran kamu membengkak. Hidup bukan seperti drama yang penuh dengan kekayaan. Ada kalanya berada dalam situasi finansial kurang menentu.

Walaupun terasa sulit, jika dilakukan dengan niat dan benar-benar mampu mengurangi hal kurang penting dana bisa tersimpan dengan baik. 

Jangan tergiur membeli banyak barang meskipun banyak diskon karena menganut asas sesuaikan kebutuhan, bukan keinginan yang tidak penting.

5. Mencari Sumber Pendapatan Lain

Solusi paling penting untuk mengatasi pengeluaran lebih besar dari pendapatan adalah mencari sumber pendapatan lain. Lihat ke diri kamu saat ini, apakah sebagai pekerja kantoran, ibu rumah tangga yang  mengharapkan gaji bulanan suami atau pekerja lepas.

Jika pekerja kantoran cari sumber pendapatan yang dapat dikerjakan di luar rutinitas kerja. Jika ibu rumah tangga atau pekerja serabutan dan pekerja paruh waktu bisa memulai sumber pendapatan baru yang dimulai dari hobi.

Baca juga: 6 Tips Hidup Hemat di Jakarta yang Sudah Dibuktikan Banyak Orang

Cara Menambah Penghasilan Tambahan

Tidak perlu terlalu pusing jika mengalami pengeluaran lebih besar dari pendapatan. Selain efisien dalam banyak pengeluaraan dapat mencari income tambahan dengan mulai dari hobi. 

Melakukan hobi yang menghasilkan uang akan membuat kamu melakukan dengan senang dan tidak bikin stres. Meskipun demikian membutuhkan fokus dan telaten serta niat pantang menyerah. 

Bagaimana mengatasi finansial yang kurang bersahabat, bisa melakukan banyak cara tapi sesuaikan dengan pekerjaan yang telah dilakukan saat ini. 

Pilihan mendapatkan tambahan income bisa optimal dan benar-benar menghasilkan, misalnya:

1. Menerima Pesanan Tulisan

Jika kamu suka menulis, bisa membuat blog dan menerima order artikel semampunya saja. Tidak perlu mengambil banyak job jika sekiranya menyita banyak waktu.

2. Investasi Saham

Penasaran bisnis saham? Belajar trading atau investasi saham bisa juga mengatasi penghasilan sedikit menjadi bukit. Apabila suka berselancar di dunia investasi, kamu dapat memulainya sekarang dan jangan lupa untuk terus belajar.

Tidak perlu modal banyak, untuk pemula mulai dari 100 ribu juga ada. Apabila telah mendapatkan banyak ilmu, bisa menambah modal untuk mendapatkan lebih banyak prodit.

3. Jual Makanan

Suka dunia memasak dapat dijadikan pilihan untuk membuat camilan ringan dan mulailah berjualan secara online. Jika kamu bekerja kantoran atau di pabrik, dapat menjajakan ke teman kantor.

4. Jual Pakaian Online

Apakah kamu suka fashion? Tidak ada salahnya memulai bisnis jual beli baju secara online. Pastikan tidak banyak menyita waktu jika pekerja kantoran. Jika kerja di rumah bisa memaksimalkan bisnis seperti ini.

5. Menjadi Content Creator

Menjadi content creator dapat dijadikan pilihan tepat dan hasilnya tidak kaleng-kaleng lho. Malah, banyak pekerja kantoran yang ‘nyambi’ jadi content creator dan hasilnya lebih besar dari gaji bulanan.

Jika suka editing video, download saja aplikasi yang menghasilkan uang ini. Misalnya saja Tik Tok, Snack Video dan yang lainnya. Selain menyenangkan banyak hal baru didapat bagi seorang content creator.

Selain kelima hal di atas, ada juga cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan yaitu dengan melakukan pendanaan melalui KlikCair. KlikCair merupakan peer to peer lending terpercaya di Indonesia yang sudah berizin serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan sudah terdaftar sebagai anggota Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Mari mendanai di KlikCair TemanKlik!

Tidak ada yang  mengharapkan pengelolaan keuangan pribadi dalam batas limit tertentu tapi namanya kehidupan memang tidak dapat diprediksi secara pasti. Membutuhkan kesabaran dan efisiensi dalam banyak hal untuk  mengatasi defisit finansial yang terjadi.

Berbagai solusi praktis dapat dilakukan dengan mudah untuk mengatasi pengeluaran lebih besar dari pendapatan. Langkah paling jitu dengan mencari penghasilan tambahan agar kebutuhan finansial tercukupi dengan baik.

Mungkin Anda juga menyukai