Bagaimana Cara Membuat Kartu Pra Kerja?

Kiat daftar kartu pra kerja secara online.
Cara membuat kartu pra kerja. Photo by Antara Foto
Waktu baca: 3 menit

Pemerintah sudah melanjutkan program kartu prakerja tahun anggaran 2020. Dan Semua warga sudah bisa mendaftarkannya. Dan jika kamu masih belum mendaftkan diri dan bingung cara membuat kartu pra kerja maka kamu bisa melakukan beberapa langkah. Karena sebenarnya cara daftar kartu pra kerja sangat mudah, kamu bahkan tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk bisa mendaftarkan diri dan memiliki kartu pra kerja. Dan berikut adalah beberapa tips dan cara lengkap untuk kamu yang ingin mendaftarkan diri untuk kartu pra kerja. 

Setidaknya ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk cara membuat kartu pra kerja, pertama adalah dengan cara daring atau online dan kedua dengan cara luring atau offline.  Nah berikut adalah penjelasan lengkap cara pendaftaran online dan offline dari kartu prakerja. Sebelumnya anda harus mengetahui ada beberapa syarat yang harus anda siapkan sebelum akan membuat kartu pra kerja diantaranya adalah:

Syarat Mendapatkan Kartu Pra Kerja

Perbandingan syarat pinjam uang di bank dan pinjaman online.
Syarat daftar kartu pra kerja. Photo by Pixabay

Syarat untuk pemberian Kartu Prakerja biasanya diprioritaskan pada calon penerima yang memang mendapatkan dampak karena Pandemi dan memang belum mendapatkan bantuan selama masa pandemi ini. Jika melihat ketentuan yang ada ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi diantaranya adalah :

  • Pekerja / buruh yang terkan PHK dan membutuhkan peningkatan kompetensi kerja 
  • Pekerja / buruh yang dirumahkan dan pekerja yang bukan penerima buruh termasuk pelaku usaha miro dan kecil 

Adapun para pencari kerja dan pekerja buruh yang dimaksud setidaknya memiliki persyaratan berikut :

  • Warga Negara Indonesia atau WNI
  • Memiliki KTP dengan usia minimal 18 tahun
  • Tidak sedang dalam mengikuti pendidikan formal

Pendaftaran dengan cara Online

modal kecil untung besar.
Cara daftar online. Photo by @tranmautritam
  • kamu bisa masuk ke situs prakerja.go.id dan anda bisa melihat halaman home pagenya, di sana akan ada petunjuk untuk anda mendaftarkan diri. Klik “ Daftar Sekarang”
  • Lakukan proses registrasi email dan kamu bisa buat password untuk akun dari Prakerja kamu sendiri 
  • Setelahnya akan ada konfirmasi melalui email kamu untuk melakukan verifikasi data sebelum anda akan melengkapi hal lainnya 
  • Setelah verifikasi data, maka kamu bisa mengisi data diri anda, Untuk hal ini jangan lupa untuk anda mempersiapkan NIK atau Nomor Induk Kependudukan dan NKK atau Nomor Kartu Keluarga kamu
  • kamu bisa mengikuti tes untuk motivasi dan kemampuan dasar yang disediakan
  • Selanjutnya anda bisa klik sub judul Gabung untuk gelombang yang memang sedang dibuka masa pendaftarannya

Setelah anda melakukan pendaftaran maka peserta hanya perlu menunggu pesat notifikasi mengenai apakah kartu pekerja anda di diterima atau tidak. Biasanya Notifikasi ini akan diterima melalui SMS atau bisa dicek pada halaman dashboard dari akun pra kerja. 

Pendaftaran dengan cara offline

Kartu pra kerja. Photo by Sindonews

Selain dengan cara online, cara membuatnya juga bisa dilakukan dengan cara offline, caranya masyarakat bisa mendatangi Kementerian Ketenagakerjaan atau Pemerintah Daerah, khususnya adalah dengan mengunjungi Dinas Ketenagakerjaan. Selanjutnya, anda yang datang akan diminta untuk mengisi formulir yang sebenarnya sama dengan format isian pada form pendaftaran online.

Selanjutnya, daftar permohonan ini secara koletif nantinya akan dikumpulkan oleh kementerian dan lembaga dari kementerian dan lembaga ketenagakerjaan yang akan mengirim pendaftaran. Setelah disahkan maka akan dikirimkan kepada PMO dan nantinya PMO yang akan menetapkan calon peserta kartu pekerja ini. Kamu juga bisa menunggu notifikasi apakah anda mendapatkan kartu pekerja atau tidak.

Mungkin Anda juga menyukai