Aset Riil Adalah: Pengertian, Contoh, dan Tips Memulainya

Aset riil
Aset Riil Adalah: Pengertian, Contoh, dan Tips Memulainya. Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Apakah kamu ingin mencoba untuk berinvestasi? Kali ini kita akan membahas mengenai aset riil adalah dan tips untuk memulainya. Pastikan kamu mengetahuinya dengan baik sebelum memulai investasi.

Apa Itu Investasi Riil?

Hal penting yang perlu kamu ketahui sebelum berinvestasi adalah memahami proses investasi. Salah satunya adalah mengenai investasi riil. Sehingga, kamu bisa memilih investasi terbaik sesuai dengan keinginanmu.

Investasi riil adalah suatu proses investasi yang dilakukan dengan menggunakan aset yang terlihat. Dalam artian, kamu menggunakan aset riil dalam investasi tersebut. Aset riil adalah barang-barang produktif untuk investasi yang dapat dikelola dan memiliki wujud tertentu.

Jika ingin mencoba berinvestasi riil, maka kamu perlu menggunakan instrumen investasi yang kuat. Dalam artian memiliki modal yang besar supaya bisa memberikan keuntungan untuk investasimu.

Investasi riil membutuhkan modal yang besar, sehingga kamu harus berani dalam berinvestasi. Jika berani mengambil risiko yang ada, maka kamu bisa mencoba untuk memilih salah satu jenis investasi riil untuk berinvestasi.

Investasi Sektor Riil vs Investasi Finansial

Supaya kamu memahami apa perbedaan investasi riil dan investasi keuangan? Maka, kita harus membahas mengenai perbedaan sektor riil dan investasi finansial. Hal ini akan membantu kamu untuk menentukan pilihan investasi dengan lebih berani.

1. Modal yang Digunakan untuk Investasi

Salah satu perbedaan yang perlu kamu ketahui adalah modal investasi yang digunakan. Investasi sektor riil memerlukan modal yang besar yang berupa aset riil. Sehingga kamu harus memiliki barang-barang berharga yang bisa dijadikan investasi.

Salah satu contoh dari aset riil adalah emas. Kamu bisa menggunakan emas sebagai aset investasi riil. Sedangkan, untuk investasi finansial menggunakan modal yang lebih kecil. Kamu bisa menggunakan uang ataupun saham.

Apakah saham termasuk aset riil? Saham tidak termasuk aset riil. Jika memiliki saham, maka kamu bisa mencoba untuk melakukan investasi finansial. Kamu bisa memilih jenis investasi berdasarkan modal yang dimiliki.

2. Jangka Waktu Investasi

Kamu juga bisa menemukan perbedaan dari investasi riil dan investasi finansial yaitu dengan melihat jangka waktunya. Kamu bisa melakukan investasi riil dalam waktu yang panjang. Kamu hanya bisa melakukan investasi dengan jangka waktu yang panjang.

Sedangkan untuk investasi finansial, kamu bisa memilih untuk melakukan investasi panjang atau pendek. Hal ini dapat disesuaikan dengan aset keuangan yang kamu miliki. Pastikan saja kamu memilih waktu investasi sesuai dengan kemampuanmu.

Baca juga: Kustodian Adalah: Tugas, Fungsi, dan Contohnya

Contoh Investasi Riil

Selanjutnya, kita akan membahas mengenai contoh sektor riil di Indonesia. Hal ini penting supaya kamu bisa memilih investasi terbaik. Selain itu, kamu bisa belajar dari berbagai contoh investasi riil tersebut.

Beberapa contoh investasi riil yang perlu kamu ketahui, sebagai berikut:

1. Investasi Emas

Salah satu investasi populer menggunakan aset riil adalah investasi emas. Hal ini menjadi populer karena nilai emas terus meningkat dari waktu ke waktu. Sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan dengan melakukan investasi emas tersebut.

Kamu bisa memilih modal aset berupa logam mulia. Cara investasi emas sangat mudah, kamu bisa menggunakan berbagai platform online untuk memulai investasi. Pastikan saja platform investasi emas tersebut resmi dan dapat dipercaya.

2. Investasi Rumah

Bentuk investasi lain yang menggunakan aset riil adalah investasi rumah. Kamu bisa mencoba untuk berinvestasi properti. Investasi properti berupa rumah dapat memberikan keuntungan untukmu.

Pastikan bahwa kamu memilih lokasi yang memiliki nilai jual yang tinggi. Dalam artian, memiliki lokasi strategis sehingga harganya dapat meningkat seiring waktu. Sehingga kamu tidak akan rugi berinvestasi.

3. Investasi Tanah

Investasi riil lain yang bisa kamu coba adalah investasi tanah. Harga tanah terus meningkat sesuai dengan lokasinya. Sehingga penting untuk memilih lokasi tanah yang strategis. Hal ini akan membantu kamu untuk mendapatkan nilai jual yang menguntungkan.

Jika ingin melakukan investasi tanah sebagai bisnis sektor riil maka kamu harus memperhatikan harga jualnya. Dalam artian, kamu harus memperhatikan kondisi tanah tersebut supaya bisa meningkatkan nilai jual tanah tersebut.

Tips Memulai Investasi Riil

Sebagai investor pemula kamu perlu mengetahui cara untuk memulai investasi riil. Hal ini penting supaya kamu tidak salah memilih jenis investasi yang diinginkan. Jangan gegabah menentukan pilihan, pastikan kamu melakukan hal sebagai berikut:

1. Lakukan Riset Harga Properti

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk investasi aset riil adalah melakukan riset mengenai investasi. Kamu perlu mencari tahu tentang investasi properti yang bisa mendatangkan keuntungan di masa depan. 

Pastikan kamu mengetahui aset riil apa saja yang akan dibutuhkan di masa depan. Kamu bisa melihat informasi di berbagai media dan menanyakan langsung ke agen properti. Sehingga kamu tidak akan salah langkah dalam investasi.

2. Siapkan Modal 

Jika kamu sudah mengetahui aset riil yang ingin dijadikan investasi. Maka, kamu perlu menyiapkan modal yang dibutuhkan. Misalnya saat ingin memilih investasi rumah, maka kamu harus tahu modal yang diperlukan.

Fungsi mengetahui modal aset riil adalah untuk membantu menyiapkan diri untuk berinvestasi. Selain itu, kamu juga bisa memilih investasi sesuai dengan modal yang sudah disiapkan. Sehingga, kamu tidak akan merasa terbebani dengan investasi tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai aset riil adalah dan penjelasannya. Semoga dapat membantu kamu menentukan investasi terbaik untuk masa depan. Jangan takut untuk investasi riil.

Artikel Lainnya