Apa yang Bisa Dilakukan Setelah Jual Batu Meteorit Seperti Josua?

Jual Batu Meteorit
Apa yang Bisa Dilakukan Setelah Josua Jual Batu Meteorit? Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Beberapa hari yang lalu, publik sempat dihebohkan dengan penemuan batu meteorit oleh Josua, warga Dusun Sitahan Barat, Desa Satahi Nauli, Kecamatan Kolang, Kabupaten Tapanuli Tengah. Dikabarkan batu tersebut bisa laku hingga 1,4 juta poundsterling atau setara dengan Rp26 miliar. Lantas apa yang bisa dilakukan oleh Josua setelah jual batu meteorit tersebut?

Sebelum memasuki ke pembahasan tersebut, akan dijelaskan sedikit mengenai meteorit. Dilansir dari National Geographic, meteroit merupakan batuan luar angkasa yang jatuh ke permukaan bumi. Tercatat, ada lebih dari 60 ribu meteorit yang telah ditemukan di bumi.

Melansir NASA, para ilmuwan memperkirakan bahwa sekitar 48,5 ton materi meteorit jatuh di Bumi setaip hari. Namun biasanya kurang dari 5% saja dari objek asli yang jatuh ke tanah.

Nah, meteorit yang jatuh di rumah Josua itu merupakan salah satu dari beberapa batuan luar angkasa yang langka karena diklasifikasikan sebagai CM1/2 karbonan Chondrite. Batu tersebut diyakini mengandung bahan kimia penyusun dan benih kehidupan di awal tata surya. Bobot batu tersebut seberat 2,2 kilogram dan tertanam sekitar 15 cm di dalam tanah dengan kondisi yang masih hangat serta ada beberapa bagian yang pecah.

Awalnya, Josua tidak ingin menjual batu tersebut. Setelah tiga pekan dari kejadian tersebut Josua dihubungi oleh seorang Warga Negara Asing yang tinggal di Bali, Jared Collins. Jared mengaku tertarik dan ingin melihat batu tersebut. Ternyata saat itu juga Jared langsung membayar batu tersebut.

Meski sempat beredar bahwa harga batu tersebut fantastis, Josua hanya menjual sebagian saja yakni sekitar 1,7 kg dengan harga Rp200 juta.

“Saya tidak tahu, kalau batu itu terjual dengan harga segitu. Karena saya hanya menjual batu sekitar Rp 200 juta lebih. Sekitar segitu. Untuk pastinya, biarlah menjadi rahasia saya,” kata Josua dilansir dari Kompas.com.

Selanjutnya mari kita berandai-andai, apa yang bisa dilakukan jika kamu menjadi penemu lalu jual batu meteorit seperti Josua dengan nominal Rp200 juta? Simak penjelasannya di bawah ini.

Beli emas

Investasi emas untuk menguntungkan di hari tua.
Beli emas. Photo by Pexels

Dengan uang Rp200 juta, kamu bisa membeli 1 emas batangan dengan berat 250 gram bila memakai harga jual hari ini (Jumat, 20/11/2020). Jika dilansir dari situs logam mulia, harga 1 emas batangan 250 gram ini berkisar kurang lebih Rp228 juta. Kamu bisa menambahkan kurang lebih Rp28 juta sisanya.

Namun, jika tidak ingin nombok, kamu bisa membeli 2 emas batangan 100 gr yang harga per batangnya sekitar Rp91 juta.

Beli saham

Saham bluechip investasi jangka panjang
Beli saham. Photo by Rawpixel

Selain membeli emas, kamu bisa menggunakan uang Rp200 juta ini untuk membeli ber lot-lot saham. Katakanlah kamu berencana membeli saham BCA. Jika menggunakan harga jual hari ini, yakni kurang lebih Rp33.000, kamu bisa membeli kurang lebih 60 lot saham BCA loh. Perlu diketahui, 1 lot saham sama dengan 100 lembar saham. Jadi, kamu memiliki 6000 lembar saham BCA dan bisa mendapatkan dividen yang cukup besar dari itu.

Modal usaha

Biaya sebelum dan sesudah melahirkan
Modal usaha. Photo by Pexels

Saat kamu memiliki uang sebesar Rp200 juta, hal yang paling jelas bisa dilakukan ialah memulai bisnis. Dengan modal sebesar itu kamu bisa mengubahnya berlipat ganda. Terlebih jika kamu memiliki jiwa wirausaha dan ide bisnis yang menarik. Nah agar bisnismu bisa laris, kamu bisa melakukan promosi secara online.

Baca juga: Cara Promosi Barang Online Yang Paling Efektif

Biaya pendidikan

Fasilitasi pendidikan anak.
Biaya pendidikan. Photo by Pexels

Pendidikan menjadi salah satu modal dalam mengubah nasib. Sebab, dengan kamu memiliki pendidikan tinggi maka peluang untuk sukses makin terbuka lebar.

Nah, dengan uang Rp200 juta tersebut kamu bisa gunakan untuk melanjutkan pendidikan terakhirmu di universitas terbaik di Indonesia. Selain itu, jika memang tidak berminat untuk mengejar gelar, kamu juga bisa mencari course atau kelas online yang dapat menunjang kariermu saat ini.

Nah itulah beberapa hal yang bisa dilakukan jika memiliki uang sebesar Rp200 juta hasil dari jual batu meteorit seperti yang dilakukan oleh Josua. Semoga bisa menambah wawasanmu.

Mungkin Anda juga menyukai