KPR Rumah: Definisi, Syarat, dan Langkah-langkah Mengajukannya

Ilustrasi KPR rumah
KPR Rumah: Definisi, Syarat, dan Langkah-langkah Mengajukannya. photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Sepertinya memiliki rumah sudah menjadi kebutuhan utama. Setiap orang tentunya membutuhkan tempat tinggal. Namun bukan hal baru sepertinya kalau membeli rumah bukanlah hal yang mudah. Selain memastikan rumah tersebut sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan, masalah pembayaran juga menjadi hal yang menghambat untuk dapat membeli rumah.

Membeli rumah tidak semudah membalikan telapak tangan. Butuh dana yang cukup banyak untuk dapat membelinya. Namun rasanya sulit mengumpulkan uang dengan jumlah banyak untuk satu kali transaksi.

Tapi tahukah kamu bahwa banyak keringanan dalam pembayaran pembelian rumah. Salah satunya adalah program KPR Rumah. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Program KPR Rumah yang dapat meringankan bebanmu.

Baca Juga: Mengambil Keringanan Cicilan KPR di Masa Pandemi

Apa Itu KPR Rumah

Ilustrasi KPR rumah
Pengertian KPR. Photo by @tierramallorca

KPR merupakan singkatan dari Kredit Kepemilikan Rumah. Cara kerja KPR yaitu dengan memberikan kredit kepada nasabah untuk membeli ataupun memperbaiki rumah. Saat ini KPR bisa juga untuk menyicil apartemen dan juga ruko (rumah toko).

Program KPR pertama kali dikembangkan oleh Bank Tabungan Negara (BTN). Namun saat ini kamu dapat mengajukan KPR di berbagai macam bank milik BUMN ataupun bank swasta. Tidak hanya bank, kamu juga bisa mengajukan program KPR ke lembaga non bank seperti perusahaan pembiayaan rumah.

Saat kamu mengikuti program KPR, kamu tidak perlu menyiapkan dana sejumlah harga rumah yang akan kamu beli lho! Kamu hanya perlu menyiapkan uang muka atau Down Payment (DP) saja. Untuk sisa pembayarannya kamu dapat menyicilnya setiap bulan sampai dengan jangka waktu yang sudah ditetapkan.

Bagaimana Syarat KPR Rumah

Rumah tidak diasuransikan.
Syarat KPR rumah. Photo by Pixabay

Program KPR memang sangat meringankan nasabahnya yang berencana untuk memiliki rumah. Nah, apa saja sih syarat-syarat untuk bisa mengikuti program KPR Rumah? Berikut ini syarat-syarat yang perlu kamu penuhi untuk dapat mengikuti program KPR Rumah.

  • Syarat Pengajuan KPR Rumah Perorangan

Untuk dapat mengikuti program KPR Rumah, ada beberapa dokumen yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu. Biasanya dokumen yang harus kamu siapkan merupakan dokumen yang menjelaskan identitas kamu. Selain dokumen, kamu juga akan diminta untuk memberikan bukti kemampuan finansial. Dokumen-dokumen yang perlu kamu persiapkan yaitu;

  1. Fotokopi KTP Pemohon
  2. Fotokopi KTP Suami atau Istri
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  4. Fotokopi Surat Nikah atau Cerai
  5. Fotokopi NPWP Pribadi
  6. Slip Gaji Asli atau Surat Keterangan Penghasilan, minimal 1 bulan terakhir
  7. Fotokopi Rekening Koran
  8. Surat Rekomendasi Perusahaan
  9. Akta Pisah Harta Notaril
  • Syarat Pengajuan KPR untuk Wiraswasta

Tidak hanya perorangan saja yang dapat mengajukan program KPR, pemilik usaha juga bisa mengikuti program ini. Syarat pengajuan KPR untuk wiraswasta yaitu;

  1. Fotokopi KTP Pemohon
  2. Fotokopi KTP Suami atau Istri
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  4. Fotokopi Surat Nikah atau Cerai
  5. Fotokopi NPWP Pribadi
  6. Fotokopi SIUP
  7. Fotokopi Akta Pendirian Perusahaan
  8. Fotokopi Rekening Koran atau Tabungan 3 Bulan Terakhir
  9. Surat Pernyataan Asli Mengenai Kredit Kepemilikan Properti

Langkah-Langkah Mengajukan KPR Rumah

Harga Rumah Minimalis
langkah mengajukan KPR rumah. Photo by Pixabay
  • Memilih Rumah yang Diinginkan

Sebelum kamu mengajukan program KPR Rumah, pilihlah terlebih dahulu rumah yang kamu inginkan. Perlu kamu ketahui, bahwa tidak semua rumah dapat menggunakan KPR. Oleh karena itu penting untuk melakukan survey terlebih dahulu.

  • Mencari Informasi yang Detail Mengenai Rumah yang Akan di Beli

Setelah melakukan survey, kini saatnya menanyakan hal lebih detail mengenai rumah yang akan kamu beli. Terlebih dahulu, pastikan kamu menanyakan broker properti mengenai cicilan KPR Rumah. Setelah itu kamu bisa melakukan survei mengenai daerah, lokasi, sistem cicilan hingga uang muka.

  • Mengajukan Program KPR kepada Bank

Setelah semuanya sudah sesuai dengan pilihan dan budget yang kamu punya, kini saatnya mengajukan program KPR kepada pihak Bank. Lengkapi segala persyaratan untuk mengajukan KPR Rumah. Biasanya pihak developer yang sudah menjadi partner di bank tertentu akan membantu proses pengajuan KPR Rumah.

Ternyata syarat dan langkah untuk mengajukan KPR Rumah tidak sesulit itu bukan?

Artikel Lainnya