6 Tips Memulai Usaha Digital Printing untuk Pemula

Tips memulai usaha digital printing.
Tips memulai usaha digital printing. Photo by @bank_phrom
Waktu baca: 3 menit

Adanya pandemi COVID 19 yang tengah terjadi di Indonesia dan juga terjadi di seluruh dunia ternyata juga berdampak pada perekonomian Indonesia. Sekarang ini tengah terjadi krisis ekonomi Indonesia yang dampaknya begitu terasa bagi rakyat kecil. Banyak orang yang tak lagi bisa bekerja di masa pandemi ini. Oleh karena itu, jika kamu ingin membuka usaha dan membantu orang-orang yang tengah kesulitan mendapatkan pekerjaan maka anda bisa memulai usaha digital printing. Karena sekarang ini dunia percetakan telah bergeser ke dunia digital. Dan peluang usaha yang satu ini cukup besar karena tidak akan terpengaruh oleh perekonomian yang sedang lesu seperti sekarang ini.

Nah, jika tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika ingin memulai usaha ini, kamu tidak perlu khawatir karena dibawah ini ada beberapa tips memulai usaha digital printing yang bisa anda lakukan. Apa sajakah tips nya? Simak dibawah ini yuk!

Tentukan Segmen Pasar

Target pasar
Tentukan segmen pasar. Photo by Pixabay

Hal pertama yang harus dilakukan ketika memulai usaha digital printing adalah dengan menentukan segmen pasar. Tentukan siapa sajakah target pasar anda, misalnya apakah targetmu adalah melayani pesanan perorangan atau perusahaan dan lain-lain. Jika memilih perorangan maka orderan yang kamu dapatkan tidak terlalu banyak, jadi bisa sedikit santai ketika mengerjakannya. Namun, ketika kamu memilih perusahaan maka orderan yang masuk memiliki jumlah yang lebih besar tetapi terkadang pembayarannya lambat.

Persiapkan Modal

Modal
Modal harus disiapkan. Photo by Pixabay

Ketika kamu ingin membuka usaha apapun itu, hal yang tidak boleh dilewatkan adalah modal. Setelah menentukan target pasar usahamu, maka kamu harus segera menentukan berapa modal yang dimiliki untuk membeli peralatan serta bahan yang akan dibutuhkan.

Jika memungkinkan pakailah uangmu sendiri sebagai modal. Karena jika mengambil kredit dari bank maka kamu harus membayar cicilan setiap bulannya. Hal tersebut kadang dirasa cukup memberatkan bagi orang-orang yang baru saja merintis usaha.

Baca juga: Peluang Bagi Fresh Graduate untuk Memulai Bisnis

Memilih Lokasi Usaha

Lokasi strategis
Lokasi yang dipilih harus strategis. Photo by @nucky

Tips memulai usaha digital printing yang harus diperhatikan selanjutnya adalah lokasi usaha. Usahakan kamu memilih lokasi usaha yang strategis. Memiliki lokasi usaha yang strategis memungkinkanmu untuk mendapatkan pelanggan yang banyak. Pilihlah lokasi yang sering dilalui oleh orang-orang. Contohnya, kamu bisa memilih lokasi di pinggir jalan raya, di dekat kampus, atau di dekat area perkantoran.

Siapkan Dana Operasional

memulai usaha digital printing
Siapkan dana operasional. Photo by Pixabay

Selain menyiapkan modal, kamu juga harus menyiapkan dana operasional ketika memulai sebuah usaha. Dana ini akan digunakan untuk kebutuhan operasionalmu selama satu bulan awal kamu membuka usaha. Misalnya untuk membayar karyawan, membayar tagihan listrik, membayar internet dan lain-lain. Selain dana operasional, kamu juga harus menyiapkan dana darurat untuk mengatasi hal-hal buruk yang bisa saja terjadi pada usahamu.

Pilih Karyawan

Buat karyawan bahagia
Pilih karyawan. Photo by Pexels

Jika kamu memiliki target pasar perusahaan maka ada baiknya untuk mencari karyawan. Sebab, tidak mungkin kamu bisa mengerjakan semua pesanan seorang diri terutama ketika pesanan datang dalam partai besar. Oleh karena itu, carilah karyawan yang sudah memiliki pengalaman dibidang digital printing serta sudah mahir dalam mengoperasikan mesin digital printing. Selain itu, carilah karyawan yang memiliki etos kerja tinggi dan dapat diajak bekerja sama.

Susun Strategi Pemasaran

memulai usaha digital printing
Susun strategi pemasaran. Photo by @campaign_creators

Tips terakhir dalam memulai usaha digital printing adalah dengan menyusun strategi pemasaran yang tepat. Salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan promosi. Hal ini penting untuk dilakukan agar kamu bisa mengenalkan usaha yang sedang dirintis ke khalayak. Promosi yang akan dilakukan tidak harus menggunakan biaya yang mahal. Untuk menekan biaya, kamu bisa menggunakan media sosialmu untuk melakukan promosi. Jangan lupa untuk membuat penawaran yang menarik untuk calon pelangganmu.

Demikian cara memulai usaha digital printing yang perlu diketahui. Selamat mencoba.

Mungkin Anda juga menyukai