5 Ketakutan dalam Menjual Produk dan Cara Mengatasinya

Ketakutan dalam Menjual Produk
Ketakutan dalam Menjual Produk dan Cara Mengatasinya. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentu kamu harus bisa menjual produk yang kamu miliki. Maka dari itu, kamu perlu belajar untuk menguasai penjualan dan pemasaran. Selain itu, ketakutan dalam menjual produk juga harus disingkirkan. Hal itu dilakukan agar bisnis yang kamu jalankan bisa mencapai kesuksesan.

Berikut ini lima ketakutan yang paling umum dihadapi dalam menjual produk beserta cara mengatasinya dilansir dari Entrepreneur yang perlu kamu ketahui.

Takut penolakan

Takut penolakan.
Takut penolakan. photo by Zuckerman

Penolakan merupakan ketakutan yang paling mengerikan. Sebab, saat pertama kali merasakan penolakan pasti kamu akan merasa down dan patah semangat. Padahal, sebenarnya penolakan bukanlah menghapuskan tujuanmu dalam menjual produk.

Untuk mengatasi rasa takut akan penolakan ialah dengan memahami bahwa hal itu hanya bagian dari proses. Penolakan hanyalah sebuah tantangan. Maka dari itu, kamu harus mempelajari dan memahami target konsumenmu.

Takut mendengar komplain

Takut mendengarkan komplain.
Takut mendengarkan komplain. Photo by Pixabay

Dalam menjalankan suatu bisnis, sudah pasti ada yang suka dengan produk yang dijual dan ada pula yang tidak suka. Biasanya, orang yang tidak suka tersebut akan memberikan komplain kepada pemilik bisnis. Komplain tersebut mungkin akan mengganggu pikiranmu.

Tak perlu takut mendengar komplain. Kamu harus memahami bahwa komplain merupakan salah satu cara agar produkmu bisa lebih laku dari sebelumnya. Misalnya saja, saat salah satu target konsumenmu mengatakan bahwa produkmu terlalu mahal, kamu cukup menjelaskan secara detail bagaimana barang tersebut memiliki harga segitu.

Baca juga: 5 Nasihat Agar Pebisnis Semakin Untung di 2020

Takut ada perubahan

Takut dengan perubahan.
Takut dengan perubahan. Photo by Pexels

Saat pasar berubah, penjualan yang dilakukan akan berubah pula. Apalagi pembeli sekarang lebih berpendidikan dan pasti tidak akan sembarangan dalam membeli suatu barang atau jasa.

Nah untuk mengatasi hal itu, kamu bisa memikirkan cara atau terobosan baru yang dapat memberikan perubahan besar dan tentunya sesuai dengan perubahan yang terjadi di pasar.

Takut berbicara melalui telepon

Takut berbicara lewat telepon.
Takut berbicara lewat telepon. Photo by Pexels

Selain menawarkan produk melalui face to face atau bertemu langsung, kamu harus menawarkan produk melalui telepon. Namun terkadang ada yang merasa takut untuk berbicara melalui telepon. Hal itu terjadi karena biasanya merasa akan mengganggu orang lain.

Untuk menghindarinya, cobalah untuk mengatur jadwal panggilan dengan calon pelanggan terlebih dahulu. Lalu, saat telepon usahakan untuk mengajukan pertanyaan yang tepat dan langsung ke pokok permasalahan seperti menanyakan hal yang dibutuhkan saat ini.

Takut bertanya

Takut bertanya.
Takut bertanya. Photo by Pixabay

Yang terakhir, ketakutan paling umum yang dihadapi oleh pebisnis ialah takut bertanya. Ketakutan ini malah bisa memnempatkanmu pada posisi di mana calon pelanggan harus mengambil keputusan. Ketika hal itu terjadi, maka tidak akan ada penawaran yang terjadi. Solusi yang bisa kamu lakukan ialah beranikan untuk menanyakan kebutuhan dari calon pelanggan. Dengan begitu, kamu bisa menawarkan barang yang tepat untuk mereka dan produkmu bisa terjual.

Itulah beberapa ketakuan paling umum saat menjual produk beserta cara mengatasinya. Semoga artikel ini bisa membantu produkmu makin laku ya TemanKlik!

Mungkin Anda juga menyukai