5 Ide Usaha Kreatif dan Unik yang Bisa Hasilkan Untung Besar

Jenis ide usaha kreatif dan unik.
Waktu baca: 3 menit

Dewasa ini, sudah banyak sekali model atau jenis bisnis yang berkembang. Bahkan, tak sedikit pula model atau jenis bisnis yang sama dalam satu lingkungan. Dengan begitu, tantangan untuk berinovasi pun makin besar. Jika ingin membuka usaha atau bisnis, kamu harus bisa melakukan inovasi-inovasi dan mengembangkan ide usaha kreatif yang kamu miliki. Hal itu dikarenakan berpikir kreatif dan unik adalah salah satu cara untuk meningkatkan penjualan produk anda. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa contoh ide usaha kreatif yang bisa kamu tiru atau kembangkan agar bisa menciptakan peluang untuk berbisnis.

Berjualan oksigen dalam botol

Troy Paquette dan Moses Lam berhasil menciptakan vitality air.
Troy Paquette dan Moses Lam, orang yang membuat perusahaan oksigen kemasan botol dengan nama Vitality Air. Photo by nationalpost.com

Kalau biasanya kamu melihat minuman dijual dalam kemasan botol, kini ada inovasi baru yaitu oksigen yang dijual dalam kemasan botol. Ide unik itu adalah buah pikiran dari seorang pria yang bernama Moses Lam yang merasa dunia ini sudah dipenuhi dengan pencemaran udara. Ia menjual produk itu melalui situs Ebay. Moses Lam ini menjual botol oksigen dengan memiliki isi hingga 7,7 liter dengan harga 160 dollar Amerika atau sekitar Rp 2,3 juta. Kini, sudah ada sekitar 4000 botol yang disiapkan untuk dikirim ke Kanada.

Katering duka cita

David Storke
David Storke, seorang pebisnis yang menciptakan usaha katering duka cita. Photo by Fredericksburg

Bisnis katering biasanya identik dengan suasana yang gembira dan suka cita. Namun, seorang pebisnis asal Amerika Serikat, David Storke, berhasil mengubah suasana bisnis katering tersebut. David membuat sebuah bisnis katering duka cita. Awalnya ide ini terlahir karena ia melihat banyak karangan bunga duka cita yang harganya mahal namun terbuang sia-sia. Pebisnis Amerika Serikat itu berpikir, orang yang sedang berduka lebih membutuhkan makanan dibandingkan bunga. Maka dari itu, ia mencetuskan bisnis katering duka cita yang dijual melalui situ mealgifts.com. Menurut David, harga makanan yang ia jual memiliki harga yang murah namun mampu mengungkapkan rasa duka.

Jasa jadi pendengar curhat

Takanobu Nishimoto, founder Ossan Rental.
Takanobu Nishimoto, founder Ossan Rental. Photo by Japan Times

Banyak orang yang memiliki masalah namun tidak bisa menceritakan masalah yang dihadapinya karena takut dihakimi atau dipermalukan. Namun, ada seorang pria asal Jepang, Takanobu Nishimoto, yang siap menjadi pendengar segala keluh kesah permasalahan orang tanpa menghakimi dan tanpa mempermalukan si pencerita. Meningkatnya permintaan untuk mendengarkan curhat, Takanobu berinisiatif membuka usaha bernama Ossan Rental, tempat untuk menampung banyak cerita orang. Dengan tarif sekitar 10 dollar Amerika atau setara dengan Rp 142 ribu, sudah banyak orang yang merasa terbantu dengan jasa Ossan Rental ini.

Jasa penyalur amarah

Ide usaha kreatif dengan menyediakan arena untuk penyalur amarah
Jasa penyalur amarah yang diciptakan oleh Shawn Barker. Photo by Liputan 6

Jika di Jepang ada yang membuat usaha jadi pendengar curhat, maka ada seorang pria asal Texas yang membuat usaha jasa penyalur amarah. Rasa marah merupakan salah satu emosi yang dimiliki manusia. Perasaan ini biasanya akan menimbulkan tindakan lanjutan seperti ingin berbuat jahat kepada orang lain dan pasti akan berakhir di penjara. Dengan melihat fenomena ini, Shawn Barker, membuat ide kreatif yaitu usaha jasa penyalur amarah. Ia menciptakan ruangan lengkap dengan segala isi yang bisa dihancurkan untuk menyalurkan amarah kliennya. Hanya dengan 25 dollar Amerika atau setara Rp 350 ribu per 5 menit, kliennya bisa menghancurkan seluruh barang bekas yang ada di ruangan tersebut.

Menjual cincin bekas pertunangan

Cincin pernikahan tidak terpakai? Jangan dibuang ya TemanKlik.
Menjual cincin pernikahan jadi ide usaha kreatif. Photo by @cullandnguyen

Banyak pasangan yang gagal menikah lalu ingin membuang seluruh kenangannya, termasuk cincin pernikahan yang sudah disiapkannya. Namun, karena mahal harganya terkadang malah sayang untuk membuangnya. Oleh karena itu, Joshua Opperman pun berpikiran hal yang sama, pengalaman gagal menikah malah membuat dirinya menyadari sesuatu dan memberikan ide usaha yang unik. Kini, ia mendirikan sebuah marketplace khusus bernama I Do Now I Don’t untuk menjual cincin bekas pertunangan.

Itulah 5 produk dan ide usaha kreatif dan unik yang mampu menghasilkan keuntungan besar. Kamu bisa meniru atau bahkan mengembangkan dan berinovasi dari usaha-usaha tersebut agar bisa meraih keuntungan.

You may also like...

Leave a Reply