5 Hal yang Bikin Milenial Boros Terus-terusan

Milenial boros
5 hal yang bikin milenial boros. Photo by @akson
Waktu baca: 3 menit

Dalam beberapa tahun ke belakang, generasi milenial menjadi yang paling banyak disorot. Terlebih dalam persoalan keuangan. Karena bisa dibilang generasi milenial adalah generasi boros atau suka menghambur-hamburkan uang.

Hal itu sangat disayangkan mengingat rata-rata penghasilan yang mereka dapatkan bisa dibilang besar. Apalagi gaya hidup dan berbagai kebiasaan yang disukai milenial cenderung boros, bahkan untuk hal-hal yang pada dasarnya tidak begitu penting. Maka dari itu jangan kaget jika pada akhirnya penghasilan generasi milenial biasanya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja.

Lalu apa saja hal-hal yang bikin milenial boros terus-terusan? Berikut penjelasannya.

Nonton konser atau live event lainnya

Milenial boros
Menonton konser. Photo by Pixabay

Bersenang-senang merupakan salah satu kebutuhan yang perlu dipenuhi oleh setiap manusia. Begitu pula dengan para milenal. Generasi ini lebih cenderung menyukai hal-hal yang memberi pengalaman yang bisa dikenang. Hal ini tentu membuat mereka mlebih menikmati banyak hal yang memberikan pengalaman seperti traveling atau mungkin sekadar menonton konser dan event live lainnya.

Meski terlihat sederhana, tetap beberapa aktivitas tersebut justru butuh biaya yang cukup besar. Generasi ini bisa menghabiskan ratusan ribu bahkan jutaan hanya untuk sekadar menikmati konser dari grup musik kesukaan mereka.

Sebenarnya hal itu tidak masalah jika dilakukan sesekali saja. Namun, jika terlalu sering, maka pemborosan tentu tidak bisa dihindari.

Beli makanan cepat saji

Milenial boros
Beli makanan cepat saji. Photo by Pexels

Generasi milenial bisa dikatakan suka dengan gaya hidup yang praktis. Dengan hal itu tentu generasi ini bisa dikatakan jarang memasak atau menyiapkan makanan sendiri. Mereka lebih suka hal-hal yang mudah dan cepat termasuk dalam hal makanan. Makanya mereka pasti akan memilih makanan cepat saji yang mudah dibeli dan dibawa ke mana saja.

Dengan mengonsumsi makanan cepat saji, tentunya harus mengeluarkan uang dengan nominal yang tidak sedikit. Bahkan, bisa lebih banyak jika dibandingkan dengan harga makanan di warung makan biasa seperti warteg. Selain itu, makanan cepat saji ini tentu tidak sehat untuk tubuhmu apalagi jika dilakukan dalam waktu yang cukup panjang.

Baca juga: Yuk Mulai Lakukan Cara Mengatur Uang Bulanan

Layanan pengiriman cepat

Layanan pengiriman. Photo by Pexels

Dengan semua hal yang praktis, bisa dibilang milenial suka melakukan belanja online. Dalam pembeliannya, mereka cenderung suka menggunakan layanan pengiriman yang cepat dan terbaik. Mereka tidak mau menunggu lama untuk setiap barang yang dibeli meskipun barang tersebut tidaklah begitu penting/mendesak.

Memang layanan pengiriman cepat seperti ini akan menyenangkan. Namun, di balik itu, mereka perlu menyiapkan biaya yang cukup mahal. Jika terlalu sering dilakukan, maka pemborosan di dalam keuangan tidak bisa dihindarkan.

Konsumsi rokok dan minuman beralkohol

Mengonsumsi akohol. Photo by @giisilveira

Memang tidak semua milenial mengonsumsi keduanya atau mungkin hanya mengonsumsi salah satu hal itu. Bagi mereka yang mengonsumsi kedua hal atau salah satu dari hal tersebut merupakan bagian dari menikmati hidup dan menjalani pengalaman yang menyenangkan.

Bisa dibilang, generasi milenial cukup banyak menghabiskan uang untuk mengonsumsi hal ini. Padahal bisa dikatakan aktifitas ini tidak memberikan manfaat apa-apa dalam keuangan. Maka dari itu, hal ini bisa saja menjadi kebiasaan boros untuk keuangan mereka apalagi jika sering dilakukan.

Menyimpan uang dengan konservatif

Menabung.
Menabung. Photo by Pexels

Menyimpan uang secara konservatif memang menjadi pilihan yang lebih aman maka dari itu kebanyakan orang terutama generasi milenial cenderung melakukannya. Memang hal ini tidak salah, selama diimbangi dengan hal lainnya seperti investasi yang bisa memberikan keuntungan lebih banyak.

Beberapa contoh dari menyimpan uang dengan konservatif ialah menabung. Memang jika dilihat akan cukup menguntungkan. Namun, hal ini memiliki musuh yang besar yakni inflasi. Sebab inflasi akan menjadi salah satu tantangan besar di dalam keuangan. Bahkan, inflasi juga dapat menggerus nilai uang yang tidak disimpan atau diinvestasikan dengan cara yang tepat.

Demikian beberapa hal yang bikin milenial boros. Memang menikmati hidup dengan simpel merupakan sesuatu hal yang menyenangkan terutama untuk generasi ini. Namun, dalam hal keuangan, perlu ada beberapa yang diubah untuk mengurangi berbagai pemborosan. Milenial juga harus membiasakan diri untuk mengelola dan membelanjakan uang dengan lebih bijak agar kondisi keuangan menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

Mungkin Anda juga menyukai