5 Alasan Jangan Tutup Kartu Kredit Milikmu

Alasan jangan tutup kartu kredit.
Waktu baca: 3 menit

Saat ingin tutup kartu kredit milikmu, kamu harus mempertimbangkan banyak hal. Walaupun terkesan memperbaiki keuanganmu saat menutup kartu kredit, sebenarnya hal itu sepenuhnya tidaklah benar. Sebab, kartu kredit bukanlah penyebab tingginya pembelanjaan.

Pada dasarnya, jika bisa digunakan dengan baik, kartu kredit akan memberi banyak keuntungan bagi penggunanya. Meskipun kamu sudah berniat melakukan resolusi keuangan dan menghindar dari pemborosan, sebenarnya menutup kartu kredit bukanlah satu-satunya pilihan yang tepat.

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dengan matang sebelum akhirnya tutup kartu kredit milikmu. Selain kehilangan manfaat dan keuntungan, penutupan kartu kredit mungkin saja bisa membuatmu mengalami suatu masalah.

Jadi, sebelum tutup kartu kredit, sebaiknya jangan lakukan dulu bagi orang yang masih melakukan beberapa gaya hidup seperti di bawah ini. Berikut penjelasannya.

Masih butuh keuntungan saat belanja

Tutup kartu kredit.
Butuh promo saat belanja. Photo by Pexels

Saat kamu berbelanja, biasanya toko atau pedagang akan memberikan keuntungan untuk konsumennya, bisa berupa promo, diskon, program cicilan, dan sebagainya. Apalagi jika kamu menggunakan kartu kredit, pasti akan mendapatkan banyak keuntungan-keuntungan tersebut. Dengan adanya keuntungan seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa belanja dengan lebih hemat dan menyenangkan.

Namun, jika kamu menutup kartu kreditmu, maka berbagai penawaran menarik dan menguntungkan tentu sudah tidak bisa dinikmati. Maka dari itu, saat masih ingin menikmati berbagai keuntungan dan kemudahan, kamu jangan tutup kartu kreditmu.

Masih ada tagihan kartu kredit yang cukup besar

Masih ada tagihan kartu kredit.
Masih ada tagihan kartu kredit. Photo by Pexels

Kamu yang terbiasa aktif menggunakan kartu kredit sudah pasti akan terbiasa dengan sejumlah tagihan yang diterima setiap bulannya. Saat berniat menutup kartu kredit, pastikan kamu harus melunasi tagihannya terlebih dahulu.

Dalam melunasinya, tidak akan masalah jika kamu punya dana yang cukup untuk membayar tagihannya. Namun, jika hanya mengandalkan gajimu saja untuk melunasi tagihan kartu kredit yang besar, maka masalah keuangan sangat mungkin dialami.

Baca juga: 5 Cara Bijak Mengatur Tagihan Kartu Kredit

Suka jalan-jalan atau banyak urusan bisnis luar kota

Suka bepergian.
Suka bepergian. Photo by Pexels

Kartu kredit lebih memudahkanmu untuk memesan tiket dengan lebih cepat. Bukan itu saja, dengan kartu kredit kamu bisa mendapatkan diskon untuk tiket sekaligus penginapan. Maka dari itu, kartu kredit sangat menguntungkan bagi orang yang suka traveling atau memiliki urusan bisnis di luar kota.

Tidak punya dana darurat

Tidak punya dana darurat
Tidak punya dana darurat. Photo by @ericmuhr

Kamu wajib memiliki dana darurat. Sebab, dana darurat akan membantumu mengatasi berbagai kondisi darurat yang bisa saja terjadi kapan saja dan di mana saja kepadamu. Terlebih, jika kamu sudah punya tanggungan.

Jika kamu belum punya sejumlah dana darurat, maka jangan sampai menutup kartu kreditmu. Sebab, kartu kredit bisa menjadi pengganti dana darurat bagi orang yang tidak memiliki dana darurat.

Punya cicilan yang cukup banyak

Punya cicilan yang besar.
Punya cicilan yang besar. Photo by Pixabay

Cicilan bukan lagi program yang asing bagi pemegang kartu kredit. Usahakan untuk jangan meninggalkan kartu kredit disaat kamu masih banyak cicilan yang harus dilunasi. Apalagi cicilan itu memiliki bunga yang cukup besar.

Nah cukup jelas kan alasannya mengapa kamu jangan tutup kartu kredit tanpa mengetahui strateginya. Yang perlu diingat ialah gunakanlah kartu kreditmu dengan bijak. Dengan begitu, kondisi keuanganmu bisa lebih baik dan perlahan namun pasti kamu bisa mulai untuk menutup kartu kredit yang dimiliki.

You may also like...

Leave a Reply