Liburan Murah Tapi Tetap Seru? Ini Dia 4 Kuncinya!

Liburan Murah via jangandiamterus.blogspot.com
Waktu baca: 3 menit

Siapa sih yang tidak suka liburan murah? Beberapa studi menyebutkan bahwa liburan bisa membantu mengurangi depresi dan juga stres akibat padatnya rutinitas kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, studi dari State University of New York juga menyebutkan bahwa orang yang suka liburan umurnya akan lebih panjang sekitar 20% jika dibandingkan dengan orang yang tidak pernah liburan.

Namun, ada masalah yang biasanya muncul saat kamu sudah berniat dan merencanakan liburan, yaitu realitas yang tak sesuai ekspektasi saat hari-H. Misalnya, tempat wisata yang tidak sebagus gambar di internet atau harga-harga barang yang lebih mahal dari perkiraan. Nah, untuk mengantisipasi hal-hal seperti itu, kamu bisa menerapkan beberapa trik di bawah ini agar kamu bisa liburan murah tapi tetap seru!

Liburan saat hari biasa dan ambil cuti jauh-jauh hari

Tips pertama untuk liburan murah tapi seru adalah jangan pergi liburan saat weekend atau bahkan hari libur nasional. Tentu kamu tidak ingin ketika rencana sudah matang, tetapi sampai di tempat wisata ternyata sangat ramai dan sesak, lalu akhirnya liburan kamu tidak menyenangkan sama sekali. Jadi, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengambil cuti jauh-jauh hari untuk liburan saat weekdays.

Dengan begini, kamu bisa liburan tanpa perlu lagi takut dengan keramaian dan tentunya udara jadi lebih segar. Ingat ya, liburan ini tidak harus selalu datang ke sebuah tempat dan berenang, selancar, atau mendaki gunung. Hal yang terpenting adalah membuat diri kamu senyaman mungkin terlepas dari destinasi yang kamu tuju.

Jauhkan dari urusan kantor

Masih berhubungan dengan poin pertama, agar liburan murah kamu lebih seru, kamu harus menjauhkan semua urusan kantor ketika liburan. Jadi, pastikan ketika kamu mengajukan cuti pada hari biasa, kamu langsung mengoordinasikan kepada seluruh rekan kerja. Jadi, jika ada pekerjaan yang mendadak, mereka bisa meng-handle terlebih dahulu.

Sekarang coba bayangkan jika kamu tidak bisa mengoordinasikan seluruh pekerjaan dan akhirnya ketika kamu liburan masih ada saja beberapa email atau kontak mengenai pekerjaan. Pasti akan membuat liburanmu kurang maksimal, bukan? Meski hal ini terkesan sederhana, masih banyak orang yang meremehkannya, lho.

Jangan terlalu stick to the plan, be flexible!

Tips selanjutnya adalah jangan terlalu stick to the plan. Mungkin kamu mati-matian membuat itinerary liburan, tetapi terkadang kamu harus lebih “liar” dan menikmati liburan dengan cara yang tidak biasa. Jadilah sefleksibel mungkin! Coba dalam liburan berikutnya, kamu cukup menentukan destinasi kota, kemudian untuk tempat wisata kamu bisa bertanya kepada penduduk sekitar atau petugas hotel.

Dengan begini, kamu akan mendapatkan sesuatu yang berbeda. Kamu pun akan merasakan bagaimana berpetualang di tempat yang benar-benar tidak kamu ketahui sebelumnya. Jadi lebih seru lagi kalau kamu melakukannya bersama orang-orang terdekat kamu.

Jangan lupa dokumentasikan momen-momen seru

Saat berlibur nanti, jangan lupa dokumentasikan berbagai momen seru, ya. Ingat, bukan berarti kamu harus mengunggah semua foto ke akun media sosial. Menyimpannya sebagai dokumen pribadi juga sudah cukup, kok. Jadi, saat pulang nanti kamu pun punya kenang-kenangan yang berharga dari berbagai tempat liburan yang dikunjungi.

Selain itu, foto-foto yang kamu ambil saat liburan juga bisa menjadi motivasi kamu untuk bekerja keras mengumpulkan biaya liburan selanjutnya. Kalau perlu, cetak beberapa foto terbaik dan pajang di rumah atau meja kantor kamu.

Jangan lupa dokumentasikan momen-mu ya via theinnsofoceangrove.com

Jangan lupa dokumentasikan momen-mu ya via theinnsofoceangrove.com

 

Itulah keempat tips liburan murah tapi tetap seru yang bisa kamu lakukan. Setiap orang memiliki tipe yang berbeda-beda, jadi kamu bisa mencoba salah satu di antara cara di atas, ya. Jangan lupa siapkan budget sejak jauh-jauh hari. Agar uang lebih cepat terkumpul, kamu bisa berinvestasi melalui KlikCair, sebuah platform peer-to-peer lending berbasis online.

You may also like...

Leave a Reply