3 Tips Tetap Produktif di Masa Pandemi COVID-19

tetap produktif di masa pandemi.
Tips tetap produktif di masa pandemi. Photo by @emmamatthews
Waktu baca: 3 menit

Pada masa pandemi COVID-19 saat ini, ada banyak orang yang dirumahkan dan harus menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam rumah demi memangkas penyebaran virus Corona. Tentunya pada minggu-minggu awal kamu berada di rumah maka akan banyak menghabiskan waktumu untuk istirahat. Namun sebaiknya waktu istirahat ini jangan sampai membuatmu menjadi terlalu malas untuk bergerak. Usahakan untuk tetap produktif di masa pandemi.

Jika kamu merasa mager maka tubuh pun tidak sehat dan kamu tidak bisa mencari rejeki untuk kebutuhan sehari-hari. Selama pandemi banyak perusahaan yang memberikan keleluasaan untuk bekerja di rumah bagi karyawannya, sebaiknya ini bisa dimanfaatkan untuk tetap bisa bekerja namun juga memiliki waktu lebih untuk beristirahat. Jika kamu diam saja maka akan semakin memperparah krisis ekonomi Indonesia yang belakangan terjadi karena pandemi.

Berikut ini ada beberapa tips bermanfaat yang bisa dilakukan agar bisa tetap produktif di masa pandemi:

Rancang Jadwal Harian

Sesuai jadwal
Jadwal harian. Photo by Pexels

Agar bisa tetap menghabiskan waktu dengan produktif maka sebaiknya setiap harinya jangan lupa untuk membuat jadwal harianmu sendiri. Agar tidak hanya berdiam diri dan bermalas-malasan maka kamu bisa merancang jadwal ini saat baru saja terbangun atau bahkan sejak malam sebelumnya. Meski di rumah pasti ada saja pekerjaan yang selama ini tertunda karena kesibukanmu yang bisa dikerjakan selama masa karantina di rumah.

Misalnya saja selama ini kamu terus menunda untuk membersihkan jendela rumah sehingga jendela menjadi kotor, maka jadwalkan untuk melakukannya hari ini. Kemudian besok apa lagi yang akan dilakukan semuanya harus sudah terancang agar bisa tetap produktif di masa pandemi.

Baca juga: 3 Strategi Agar Tetap Produktif ala Jeff Bezos

Olahraga di Rumah

Skipping salah satu olahraga hemat
Olahraga di rumah. Photo by @element5digital

Bahkan sebelum masa pandemi ini berlangsung, kegiatan olahraga juga telah banyak dilakukan di rumah, jadi kamu memang tidak harus berada di luar rumah untuk bisa melakukan olahraga. Ada banyak sekali jenis olahraga yang bisa dilakukan selama di rumah, sebut saja yoga, senam aerobik bahkan juga bisa melakukan olahraga gym dengan mengangkat barbel sembari mendengarkan musik di dalam rumah.
Dengan rajin olahraga di rumah maka kamu tetap bisa menjaga kesehatan dan tidak hanya berdiam diri saja. Karena tentunya berdiam diri saja pun bisa memperburuk kesehatanmu. Tidak berolahraga dalam waktu lama, justru bisa menyebabkan penyakit dan membuat kekebalan tubuhmu menurun. Padahal di masa pandemi ini sangatlah penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar kamu tidak mudah terkena virus.

Memasak Makanan Sehat

Makanan sehat
Memasak makanan sehat. Photo by @jeztimms

Waktu luang di rumah ini juga bisa menjadi kesempatan untukmu mengurangi konsumsi makanan tidak sehat yang biasanya dibeli di luar rumah. Dengan waktu yang dimiliki di rumah, maka kamu bisa mulai memasak berbagai makanan sehat untuk diri sendiri, sehingga dengan demikian tidak hanya bisa tetap produktif di masa pandemi namun juga bisa menyehatkan tubuhmu sendiri yang biasanya sering mengkonsumsi berbagai makanan junk food saat berada di luar rumah, namun kini justru bisa mengkonsumsi berbagai makanan sehat yang kamu buat sendiri di rumah.

Ada banyak sekali resep yang mudah untuk kamu masak di rumah yang bisa ditemukan melalui internet. Memasak juga merupakan kegiatan yang menyenangkan apabila kamu lakukan dengan perasaan yang senang. Memasak bukanlah hal yang sulit apabila kamu mau mencobanya lebih dulu.

Mungkin Anda juga menyukai