3 Gaya Hidup Minimalis Agar Dompetmu Tak Jebol

Gaya hidup minimalis
Waktu baca: 3 menit

Gaya hidup minimalis belakangan jadi sebuah tren dikalangan milenial. Pengaruh gaya hidup minimalis ini berasal dari masyarakat Jepang. Masyarakat Jepang sudah lama mengenal dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Masyarakat Jepang menjalani hidup minimalis karena indeks gaya hidup berdasarkan hasil riset Numbeo, Jepang termasuk salah satu negara dengan biaya hidup termahal. Maka dari itu masyarakat Jepang menjadi melek terhadap gaya hidup sederhana demi bisa berhemat.

Meski gaya hidup minimalis ini mengusung gaya hidup sederhana, bukan berarti malah akan mempersulit diri. Justru dengan mengusung gaya hidup minimalis ini dapat memberikan kebahagiaan tersendiri karena mengurangi rasa kepemilikan terhadap sesuatu.

Baca juga: 5 Kesalahan Generasi Milenial yang Bikin Gagal Merdeka Finansial

Selain mempengaruhi pada barang kepemilikan, konsep ini juga dapat mempengaruhi keadaan finansialmu. Minimalis dapat berarti kamu bisa menekan pengeluaran untuk hal-hal yang tidak diperlukan. Dengan hanya membeli barang pokok dan yang penting saja, kamu bisa mengalokasikan uang sisa untuk ditabung atau diinvestasikan.

Adapun tiga gaya hidup minimalis yang bisa kamu terapkan agar kondisi finansialmu bagus dan dompetmu tidak jebol. Berikut penjelasannya.

Tidak berlebihan dalam berbelanja

Tidak belanja berlebihan.
Tidak berbelanja secara berlebihan. Photo by @byfoul

Saat berbelanja atau membeli suatu barang, kamu bisa menemukan promo atau diskon. Jangan sampai terbuai dengan adanya promo atau diskon. Pasalnya, kedua hal tersebut bisa membuatmu membeli dalam jumlah banyak. Hal itu membuat makin boros. Apalagi jika yang kamu beli ialah bahan makanan yang bisa cepat basi.

Maka dari itu, jika ingin menjalani hidup minimalis, pertimbangkan barang-barang apa saja yang menurutmu penting untuk dibeli. Dengan begitu, kamu bisa lebih mengutamakan kebutuhan daripada keinginanmu.

Miliki barang yang relevan dengan kehidupanmu

miliki barang yang sesuai dengan kebutuhanmu.
Beli dan miliki barang yang sesuai dengan kebutuhanmu. Photo by @charlesdeluvio

Usahakan untuk memiliki atau membeli barang yang relvan dengan hidupmu. Dengan begitu, perasaanmu akan lebih lega dan bisa membuat kamu berpikiran jernih. Hal itu dikarenakan saat membeli barang hanya atas dasar ingin lebih dipandang, yang ada malah mendatangkan keresahan sendiri. Terlebih, jika memang barang tersebut malah membuatmu tidak lebih bahagia.

Nikmati sesuatu tanpa terobsesi

Bersyukur dengan apa yang dimiliki.
Bersyukur dengan apa yang dimiliki. Photo by @findracadabra

Di era yang serba cepat ini, kita dituntut untuk selalu update dengan segala hal termasuk produk-produk keluaran baru. Dengan begitu, kamu makin memiliki keinginan untuk selalu up-to-date. Padahal, keinginan ini bisa jadi obsesi.

Seiring berjalannya waktu, kepuasaan terhadap barang itu akan menurun dan nantinya kamu akan mengincar barang yang lebih baru lagi. Maka dari itu, alangkah baiknya kamu lebih menikmati barang yang sudah kamu beli dan kamu miliki. Dengan begitu, kamu akan lebih bisa mengontrol pengeluaranmu.

Nah itulah 3 hal yang bisa kamu lakukan agar bisa menerapkan gaya hidup minimalis. Perlu diingatkan bahwa semua hal butuh proses termasuk saat ingin menerapkan gaya hidup ini. Kamu bisa lakukan secara perlahan. Selamat mencoba, TemanKlik.

You may also like...

Leave a Reply