10 Teknologi Digital yang Diprediksi Akan Berkembang di 2020

Teknologi yang akan berkembang pada 2020.
Teknologi yang akan berkembang pada 2020. Photo by Pexels
Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Waktu baca: 4 menit

Belakangan ini, perkembangan teknologi digital bisa dibilang sangat masif. Dengan berkembangnya teknologi ini sudah pasti gaya hidup masyarakat akan mengikuti dan mengimbangi fenomena tersebut.

Contohnya, dengan munculnya financial technology (fintech) menjadikan masyarakat mulai bertransaksi secara cashless. Tidak hanya itu saja, pemerintah juga tengah berupaya untuk memindahkan siaran tv analog ke tv digital sesegera mungkin agar masyarakat bisa menikmati kualitas siaran yang lebih baik.

Oleh karena sudah menjelang akhir tahun 2019, ada baiknya kamu mengetahui perkembangan teknologi digital yang akan menjadi headline pada tahun depan.

Berikut ini daftar 10 teknologi digital yang diprediksi akan berkembang pada 2020 dilansir dari Money Inc.

Teknologi cloud computing

Teknologi cloud computing jadi salah satu teknologi digital berkembang 2020.
Teknologi cloud computing. Photo by Pixabay

Teknologi cloud computing atau komputasi awan adalah teknologi yang memungkinkan kamu untuk mengunduh serta menggungah data di manapun dan kapanpun. Teknologi ini diprediksi akan menjadi sebuah kebutuhan di 2020 nanti. Apalagi, dengan tren orang-orang menggunakan gadget seperti smartphon untuk kegiatan sehari-harinya sehingga membutuhkan proses perpindahan data yang cepat dan besar.

Hyperautomation

Hyperautomation.
Hyperautomation. Photo by @franckinjapan

Hyperautomation merupakan salah satu teknologi yang diprediksi akan berkembang pesat pada 2020 mendatang. Teknologi ini nantinya akan digunakan untuk membantu atau bahkan menggantikan peran manusia di beberapa pekerjaan.

Mesin akan diprogram khusus untuk bisa melakukan suatu pekerjaan menggunakan artifical intelligence (AI) dan machine learning untuk meningkatkan efisiensi proses automasi tersebut. Nantinya, hyperautomation ini akan memiliki peran yang lebih besar lagi terutama dalam proses analisis, desain, penemuan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Punya Bisnis? Manfaatkan Google My Business untuk Promosi

Artificial Intelligence

artificial intelligence.
Artificial intelligence. Photo by Pixabay

Masih bersinggungan dengan hyperautomation, artificial intelligence (kecerdasan buatan) bisa dipastikan akan berkembang lebih pesat pada 2020 nanti. Saat ini sudah banyak orang yang rela menggelontorkan biaya miliaran dan mengorbankan waktunya untuk bisa mengembangkan inovasi terbaru dalam teknologi kecerdasan buatan ini, salah satunya ialah Elon Musk.

Elon Musk memiliki hasrat untuk menciptakan mobil yang bisa berjalan secara otomatis. Saat ini, impian tersebut masih dalam tahap pengembangan. Hal itu karena akan memerlukan AI yang benar-benar sempurna agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas.

Mata uang kripto

Mata uang kripto.
Mata uang kripto. Photo by Pexels

Meski puncak kepopuleran sudah lewat, namun pada 2020 nanti diprediksi mata uang kripto masih menjadi tren di kalangan masyarakat dunia. Mata uang kripto ini biasanya digunakan sebagai alternatif investasi selain menabung emas atau saham. Keuntungan yang banyak menjadi salah satu daya tarik dari teknologi ini.

Extended reality (XR)

Extended reality jadi teknologi digital yang berkembang di 2020.
Extended reality jadi teknologi digital yang berkembang di 2020. Photo by Pexels

Extended Reality ini merupakan penggabungan dari teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality. XR akan menyajikan pengalaman yang lebih baru lagi di mana pengguna bisa mengontrol secara penuh permainan di sebuah lingkungan virtual yang akan dibuat semirip mungkin dengan kenyataan.

Teknologi 5G

Teknologi 5G.
Teknologi 5G. Photo by Techsport

Selanjutnya, ada teknologi 5G. Perkembangan teknologi ini bisa dibilang jadi yang paling terasa perubahannya karena sudah banyak perusahaan yang melakukan uji coba akses data 5G ini. Nantinya, kamu akan merasakan kecepatan download yang sangat cepat. Bahkan dikatakan bisa mencapai 2Gbit per detik.

Internet of Things

Internet of Things.
Internet of Things. Photo by Pexels

Internet of Things atau lebih sering disebut dengan IoT merupakan suatu konsep di mana obyek tertentu memiliki kemampuan untuk mentransfer data lewat jaringan tapa memerlukan interaksi dari manusia ke manusia ataupun dari manusia ke perangkat komputer. Contohnya ialah teknologi smart home di mana semua hal terkoneksi dan bisa dikendalikan secara jarak jauh.

Teknologi suara

teknologi digital yang akan berkembang 2020 ialah teknologi suara.
Teknologi digital yang akan berkembang 2020 ialah teknologi suara. Photo by Pexels

Teknologi suara saat ini sudah dipergunakan oleh Siri dan Alexa. Keduanya akan merespon perintah suara dari manusia dan menjalankan tugas tersebut. Saat ini, teknologi ini sedang dalam pengembangan agar makin mudah dioperasikan.

3D printing

3D printing.
3D printing. Photo by Pixabay

3D printing merupakan salah satu teknologi yang sudah mulai berkembang dengan baik. Teknologi ini memungkinkan manusia untuk mencetak dalam bentuk 3 dimensi dan membuat prototype dari berbagai macam produk tekstil, suku cadang, dan bahkan perabotan rumah. Bahkan, teknologi ini juga sedang dikembangkan untuk bisa menciptakan 3D bioprinting dari organ manusia.

Solar power

Solar power.
Solar power. Photo by Pixabay

Saat ini sudah banyak yang memanfaatkan solar power atau tenaga matahari untuk kehidupan sehari-hari. Diprediksi, solar power akan digunakan secara masih di dunia. Apalagi, teknologi ini bisa dikatakan ramah lingkungan sehingga banyak orang yang makin tertarik untuk memanfaatkan solar power untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Itulah 10 teknologi digital yang diprediksi akan berkembang pada 2020 nanti. Manakah yang paling bikin kamu penasaran?


Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

You may also like...