Membuka Warung Sembako Modal 2 Juta, Inilah Persiapan yang Harus Kamu Lakukan!

Warung sembako modal 2 juta
Membuka Warung Sembako Modal 2 Juta, Inilah Persiapan yang Harus Kamu Lakukan! Photo by @zhuzhutrain
Waktu baca: 5 menit

Tips Buka Usaha Warung Sembako Modal 2 Juta

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk membuka usaha warung sembako dengan modal yang sedikit:

  1. Rencanakan Usaha dengan Matang

Merencanakan usaha dengan matang merupakan hal yang paling penting, dimana hal ini juga akan memberikan pengaruh yang besar terhadap keberlangsungan warung sembako yang akan dibangun. Jika kesiapan tidak dilakukan dengan matang, maka bukan tidak mungkin jika usaha kamu akan berhenti di tengah jalan. Oleh karena itu, kamu perlu membuat rencana usaha warung sembako dengan matang terlebih dahulu.

  1. Lakukan Riset Pasar

Selanjutnya, kamu bisa melakukan riset pasar untuk mengetahui perilaku konsumen, tingkat persaingan, dan hal-hal lainnya yang bisa mempengaruhi jalannya warung sembako.

  1. Siapkan Tempat Usaha

Selanjutnya, menyiapkan tempat usaha dengan baik dan menyiapkan semua peralatan toko, seperti etalase, rak, meja dan kursi untuk kasir, keranjang belanja, dan lain sebagainya.

  1. List Daftar Barang yang akan Dijual

Kemudian kamu juga harus membuat list daftar barang yang akan dijual, sehingga bisa membelinya dalam satu waktu dan tidak membeli barang yang sekiranya tidak memiliki nilai jual yang tinggi.

  1. Mencari Agen atau Supplier yang Terpercaya

Mencari agen atau supplier yang terpercaya juga harus kamu lakukan. Meskipun saat ini banyak sekali supplier yang bertebaran, namun untuk menemukan supplier dengan kualitas bagus dan harga yang murah bukanlah hal yang mudah.

Dalam hal ini, kamu bisa mencari informasi dan meminta rekomendasi dari teman, saudara, atau keluarga yang sudah memiliki pengalaman berbelanja di supplier.

  1. Perhitungkan Modal dengan Tepat

Hal yang tak kalah penting adalah memperhitungkan modal usaha sembako yang kamu miliki dengan tepat. Jika hanya memiliki modal yang sedikit, maka kamu bisa memanfaatkan hal-hal yang ada di sekitarmu. Sebagai contohnya, kamu bisa memanfaatkan garasi rumah sebagai tempat membuka warung kelontong.

Selain itu, kamu bisa menyediakan barang secukupnya dan pilih barang yang sekiranya paling banyak dicari oleh orang-orang di sekitar warung sembako tersebut.

  1. Lakukan Promosi

Selanjutnya, kamu juga bisa melakukan promosi agar warung sembako itu semakin dikenal oleh banyak orang. Promosi yang biasanya dilakukan untuk pembukaan toko adalah dengan menyediakan diskon bagi para pembeli di hari tertentu.

Demikianlah penjelasan mengenai hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan beserta dengan tips yang bisa diikuti untuk membuka warung sembako modal 2 juta. Walaupun hanya warung sembako, namun kamu juga harus memiliki pemahaman bisnis yang baik serta keseriusan dalam menjalankan bisnis tersebut. 

Mungkin Anda juga menyukai