Membuka Warung Sembako Modal 2 Juta, Inilah Persiapan yang Harus Kamu Lakukan!

Warung sembako modal 2 juta
Membuka Warung Sembako Modal 2 Juta, Inilah Persiapan yang Harus Kamu Lakukan! Photo by @zhuzhutrain
Waktu baca: 5 menit

Warung sembako merupakan tempat yang menyediakan berbagai kebutuhan dasar manusia yang bisa dijumpai di berbagai tempat, mulai dari gang kecil hingga perumahan. Untuk membuka warung sembako modal 2 juta bukanlah hal yang mudah, di mana kamu harus bisa memanfaatkan dengan sebaik mungkin modal tersebut untuk mengisi ketersediaan stok barang di warung sembako yang akan dibuka. 

Artikel ini akan membahas secara lebih lengkap mengenai hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan dan tips untuk membuka warung sembako dengan modal yang kecil.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuka Warung Sembako

Berikut adalah hal-hal penting yang perlu kamu perhatikan sebelum membuka warung sembako :

  1. Tentukan Lokasi Warung Sembako

Hal terpenting yang harus dilakukan sebelum membuka warung sembako kecil adalah menentukan lokasi dari warung sembako tersebut. Lokasi ini akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran usahamu, dimana lokasi yang strategis dan padat penduduk tentunya akan membawa keuntungan yang besar pula untuk warung sembakomu. Kamu juga bisa membuka warung di perumahan warga yang jauh dari lokasi supermarket. 

Membuka warung sembako yang dekat dengan tempat umum juga bisa menjadi kesempatan bagi kamu untuk mendapatkan perhatian dari pengunjung tempat tersebut. Contoh lokasinya adalah taman warga, area stasiun dan halte, hingga destinasi-destinasi wisata yang bisa menjadi tempat untuk membangun usaha warung sembako.

  1. Riset Calon Pembeli

Setelah mengetahui lokasi yang akan digunakan untuk membuka warung sembako, selanjutnya kamu bisa melakukan riset kecil-kecilan mengenai produk atau barang apa saja yang sekiranya dibutuhkan oleh para pengunjung atau warga sekitar. 

Setiap lokasi tentunya akan berbeda barang yang dibutuhkan. Sebagai contoh, jika kamu membuka warung sembako di area perumahan, maka kamu bisa menjual berbagai macam kebutuhan rumah tangga, mulai dari perlengkapan memasak hingga perlengkapan mencuci. Dengan begitu, kamu bisa menjual barang yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh mayoritas penduduk di lingkungan tersebut.

  1. Pikirkan Jenis Produk yang akan Dijual

Selanjutnya, kamu bisa menentukan produk apa saja yang akan dijual di warung sembako milikmu. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, tentunya kamu harus menyesuaikan produk dengan kebutuhan warga sekitar. Namun, kamu juga bisa menambahkan beberapa produk yang out of topic atau yang spesial, misalnya menjual produk-produk yang sedang menjadi tren di masa kini. 

Selain itu, kamu harus bisa membuat warung sembako menjadi toko yang bisa diandalkan oleh para pembeli setiap kali mereka membutuhkan sesuatu. Jika masih bingung dengan produk apa saja yang harus dijual, kamu bisa menyimak artikel ini hingga selesai.

  1. Analisis Para Kompetitor

Selanjutnya, kamu bisa melakukan analisis terhadap para kompetitor, seperti mengerti pergerakan yang mereka lakukan. Hal tersebut akan sangat berguna bagi kelangsungan warung sembako milikmu. Dengan menganalisa para kompetitor, kamu bisa mengetahui apa saja kekuatan dan kelemahan dari mereka.

Kemudian kamu bisa memanfaatkan kelemahan mereka untuk dijadikan sebagai kekuatan untuk warung sembako milikmu. Sebagai contoh, warung A menawarkan harga sembako yang murah namun produk yang disediakan tidak lengkap.

Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut dengan menawarkan produk yang lebih lengkap dan bisa juga memberikan diskon atau potongan harga dengan syarat minimum belanja. Hal tersebut bisa membuat warung sembako milikmu bisa bertahan ditengah persaingan para kompetitor.

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Intrapreneurship

Barang-barang yang Harus Ada di Warung Sembako

Jika kamu masih bingung mengenai daftar barang warung sembako apa saja yang harus ada di warung sembako, Kamu bisa menyimak penjelasan berikut ini:

  1. Sembako

Sesuai dengan namanya, warung sembako tentunya harus menjual aneka jenis sembako atau sembilan bahan pokok. Sembako sendiri sudah dijelaskan dalam Peraturan Menteri Perdagangan, dimana mencakup beberapa bahan berikut : beras, jagung, telur, gula, minyak goreng, kedelai, daging ayam, daging sapi, dan bawang merah.

Bahan-bahan tersebut juga merupakan kebutuhan dasar bagi semua orang. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya jika kamu menyediakan semua bahan-bahan tersebut di warung sembako yang akan dibuka. Tidak perlu dengan jumlah yang banyak, kamu bisa menyediakan secukupnya saja di setiap harinya.

  1. Alat Tulis

Alat tulis juga merupakan barang yang harus ada di warung sembako, dimana sebagian besar orang pasti akan membutuhkan alat tulis, baik itu untuk belajar ataupun untuk bekerja. Alat tulis yang bisa disiapkan adalah: buku tulis, buku gambar, kertas HVS, kertas folio, pensil, pulpen, spidol, penggaris, penghapus, amplop, map, lakban, gunting, dan lain sebagainya. Kamu bisa menyusun peralatan tulis tersebut pada etalase yang mudah untuk dilihat oleh pembeli.

  1. Perlengkapan Mandi dan Perlengkapan Cuci

Perlengkapan mandi dan cuci juga menjadi salah satu kebutuhan pokok setiap orang, sehingga kamu bisa menyediakan berbagai perlengkapan mandi dan cuci di warung sembako tersebut. Kamu bisa menyediakan beberapa barang berikut : sabun mandi, shampo, pasta gigi, sikat gigi, kondisioner, detergen, sabun cuci piring, hingga pewangi pakaian.

  1. Makanan Ringan dan Instan

Makanan ringan juga tak lepas dari kebutuhan pokok setiap orang. Terlebih lagi jika lokasi warung sembako milikmu berada dekat dengan sekolahan, maka kamu bisa menyediakan berbagai macam makanan ringan, seperti wafer, biskuit, kerupuk, permen, atau bisa juga makanan ringan yang dibuat sendiri.

Selain makanan ringan, makanan instan juga wajib ada di warung sembako milikmu. Mie instan merupakan salah satu makanan instan yang banyak diminati, sehingga kamu bisa menyediakan berbagai rasa dari mie goreng dan mie kuah. Kamu juga bisa menyediakan bumbu-bumbu instan yang biasa digunakan untuk memasak.

  1. Minuman

Selain makanan ringan, kamu juga harus menyediakan berbagai macam minuman, mulai dari air mineral, teh kemasan, susu kotak, dan jenis minuman yang lainnya. Namun Anda juga wajib melakukan pengecekan secara berkala terhadap masa kadaluarsa minuman tersebut.

  1. Perlengkapan Rumah Tangga

Perlengkapan rumah tangga juga bisa kamu sediakan di warung sembako, seperti sapu, alat pel, kemoceng, ember, dan lain sebagainya. Kamu juga tidak perlu menyediakan terlalu banyak stok dan jenis perlengkapan rumah tangga, karena itu bisa mempersempit warung sembako. Kamu bisa menyediakan secukupnya saja dan jika sudah terjual, bisa membeli untuk stok persediaan kembali.

  1. Lain-lain

Selain barang-barang diatas, kamu juga bisa menambahkan barang-barang lainnya yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar. Karena setiap warung akan memiliki kategori yang berbeda-beda, maka kamu bisa menyesuaikan dengan permintaan konsumen di sekitar warung sembako.

Artikel Lainnya