Jenis Usaha Kuliner Minim Modal Pendulang Rupiah Layak Dipertimbangkan

Jenis Usaha Kuliner Minim Modal Pendulang Rupiah Layak Dipertimbangkan
Jenis Usaha Kuliner Minim Modal Pendulang Rupiah Layak Dipertimbangkan. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Banyak sekali pilihan usaha kuliner minim modal yang bisa ditekuni. Menariknya, bisnis ini bisa mendulang rupiah cukup tinggi. Mau tahu apa saja jenisnya?

Membuka bisnis di bidang kuliner bisa menjadi pilihan bijaksana. Pasalnya, bisnis ini selalu dicari oleh banyak orang.

Permintaannya cukup tinggi. Ini sekaligus membuka peluang bagi siapa saja yang tekun di bisnis tersebut. Tentunya, punya peluang untuk mandiri dan sukses dari usaha yang dijalankan.

Tidak masalah bila modalnya kecil. Nyatanya, sebagian besar bisnis kuliner ini dibangun dari modal yang minim. Kemudian, pendapatan yang diperoleh pun lumayan tinggi.

10 Usaha Kuliner Minim Modal Keuntungan Maksimal

Jika kamu memiliki passion di bidang kuliner, tidak ada salahnya menekuni bisnis di bidang penyajian makanan tersebut. Bisnis tersebut pun bisa dijalankan dengan modal minim. Berikut ini 10 usaha kuliner minim modal yang bisa digeluti.

1. Makaroni Pedas

Makaroni termasuk jenis camilan yang sering dijumpai di toko-toko kecil. Jenis camilan ini pun banyak sekali peminatnya.

Anak-anak, remaja hingga dewasa menyukai camilan tersebut. Dengan cita rasa pedas, makaroni ini semakin populer di kalangan masyarakat. Menariknya, bisnis penyediaan makaroni ini tidak membutuhkan modal yang besar.

Di samping itu, makaroni pedas dapat dikemas sesuai keinginan. Tentunya, disesuaikan sendiri oleh penjualnya.

2. Basreng

Cita rasa enak dengan harga yang ekonomis membuat basreng tidak pernah sepi peminat. Basreng ini juga menjadi salah satu makanan favorit untuk mengisi waktu senggang.

Peminatnya tinggi sehingga layak untuk dijadikan lahan bisnis. Terutama jika kamu mengalami keterbatasan modal.

Yang terpenting, tekad untuk membuatnya diperlukan. Kemudian, ketekunan untuk menjalankan usaha yang akan menentukan hasil ke depannya.

Baca juga: Alasan Berani Memulai Bisnis, Jangan Ragu!

3. Bakso Aci

Bisnis minim modal yang bisa digeluti selanjutnya adalah jualan bakso aci. Camilan ini tampaknya selalu ramai peminatnya.

Hampir setiap harinya, bakso aci ini diserbu para pecintanya. Hal ini dikarenakan oleh rasanya yang enak. Kemudian, teksturnya juga menggugah selera.

4. Tahu Goreng Krispi

Hanya berbahan tahu, jajanan ini tampak spesial di mata konsumen. Tahu digoreng hingga krispi dan renyah. Dipotong kecil untuk menghasilkan kerenyahan tersendiri.

Tinggal bungkus dengan kemasan yang diinginkan. Maka, tahu goreng krispi ini siap dijual dengan keuntungan yang menjanjikan.

5. Tteokbokki

Disadari atau tidak, tteokbokki mulai diminati oleh masyarakat di tanah air. Secara umum, jajanan ini berasal dari Korea Selatan.

Uniknya, masyarakat Indonesia termasuk gemar dengan sajian tersebut. Terlebih, sajian ini banyak dipopulerkan di banyak drama Korea. Makanya, hidangan ini pun seakan dipromosikan sehingga konsumen tanah air pun penasaran untuk mencobanya.

6. Pisang Goreng Kriuk

Jenis usaha kuliner minim modal yang patut dicoba adalah jualan pisang goreng kriuk. Ciri khasnya adalah renyah dan garing.

Ketika digigit, pisang goreng ini lebih renyah. Tentunya, tidak terlalu berminyak sehingga banyak dipilih.

7. Salad Buah dan Sayur

Permintaan atas salad buah dan sayur nyatanya cukup tinggi. Ini tidak lepas dari kesadaran masyarakat modern atas Kesehatan.

Untuk menikmatinya dengan cara berbeda, sayuran dan buah ini dikemas dalam hidangan salad. Hal Inilah yang membuatnya lebih bisa dinikmati oleh siapa saja.

Modalnya hanya digunakan untuk membeli sayuran dan buah segar. Nantinya, bahan-bahan ini bisa dibuat salad.  Kemudian, dijual kepada konsumen dengan harga yang cukup menguntungkan.

8. Jajanan Pasar

Jajanan pasar
Jajanan pasar. Photo by aldrinrachmanpradana

Jualan jajanan pasar termasuk dalam bisnis UMKM. Kamu bisa memunculkan kekhasan kuliner daerah ke tengah masyarakat. Setidaknya, ini menjadi promosi daerah melalui hidangan tersebut.

Karena berasal dari daerah, tentunya cita rasa dari jajanan pasar ini jauh lebih nikmat. Alasannya, kamu tahu sepenuhnya tentang cara membuatnya. Bahkan, bisa menunjukkan bagaimana cara menikmatinya secara tepat.

9. Es Buah

Bisnis lain yang tampaknya tidak pernah sepi peminat adalah bisnis es buah. Usaha ini bisa mendulang rupiah sangat tinggi.

Modal awal yang disediakan pun bisa diatur. Kamu hanya perlu menyediakan gerobak sebagai tempat jualan.

Setelah itu, sediakan bahan-bahan utamanya seperti aneka buah, es batu, susu mau pun sirup dan pemanis. Tinggal bahan-bahan ini diracik sampai menghasilkan produk jadi yang menyegarkan.

Es buah ini biasanya dihargai cukup mahal. Padahal, modal awalnya terbilang kecil. Dengan begitu, margin dari pembelian bahan dan penjualan es buah tentu semakin tinggi.

Semakin banyak dalam menjualnya, keuntungan yang didapatkan pun semakin tinggi. Untuk itulah, tidak salah bila kamu menggeluti usaha ini.

10. Es Dawet

Rekomendasi terakhir untuk usaha kuliner minim modal adalah jualan es dawet. Ini juga termasuk jenis kuliner berbentuk minuman yang tak pernah sepi peminatnya.

Jika belum bisa meraciknya, belajarlah terlebih dahulu tentang cara membuatnya. Kalau sudah bisa, tinggal buat es dawet.

Adapun jualannya bisa dilakukan secara keliling. Bisa juga dibuatkan stand sendiri. Bahkan, bisa dikemas dalam gelas plastik sehingga pembeli bisa memesannya dari tempat yang jauh.

Banyak sekali ide untuk usaha kuliner minim modal yang bisa digeluti. Kuncinya adalah melihat kebutuhan pasar. Setelah mengetahuinya, tinggal niatkan untuk terjun di bisnis tersebut. Dengan ketekunan, bisnisnya akan berkembang dan menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Mungkin Anda juga menyukai