Tips Menabung untuk Mahasiswa yang Mudah untuk Dilakukan

Tips menabung untuk mahasiswa.
Tips menabung untuk mahasiswa. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Tips menabung untuk mahasiswa bisa kamu peroleh di beberapa sumber. Menabung sendiri bukan hal yang mudah apalagi untuk mahasiswa yang mungkin mendapat kiriman uang bulanan yang mepet. Kebutuhan mahasiswa yang terkadang tak terduga juga membuat kamu sulit untuk menyisihkan uang dari dompetmu untuk ditabung. Sulit dilakukan memang bukan berarti tidak bisa dilakukan.Untuk bisa menabung, kamu sendiri sangat perlu mempunyai komitmen yang kuat. Kamu harus benar-benar membulatkan tekad terlebih dahulu untuk menyisihkan uang tiap bulan agar tabungan kamu benar-benar bisa bertambah. Tekad kuat juga harus didukung dengan pembagian yang tepat agar walaupun kamu harus menabung tapi kamupun tidak akan kekurangan. Lalu bagaimana cara agar kamu bisa mudah menabung? Kamu bisa mendapatkan beberapa tipsnya di bawah ini.

Buat Pos Anggaran

Mengumpulkan uang untuk traveling
Membuat pos anggaran. Photo by @stilclassics

Tips menabung untuk mahasiswa yang pertama adalah buatlah pos-pos anggaran. Pos anggaran ini sangat penting agar uang yang kamu bawa jelas kemana perginya. Kamu bisa memisahkan uang makan, uang kebutuhan seperti sabun, sampo, make up dan lain-lain, uang kebutuhan kuliah seperti fotocopy buku dan lain lain. Kamu bisa langsung memasukkan uang ke dalam amplop-amplop sesuai dengan posnya setelah kamu mendapatkan kiriman uang bulanan dari orang tua.

Hemat Ongkos dan Makan

Kualitas rasa biasa saja.
Hemat anggaran untuk makan. Photo by Pixabay

Tips menabung untuk mahasiswa yang kedua kamu bisa menghemat biaya ongkos atau makan. Misalnya kamu banyak memilih menggunakan ojek online untuk pergi ke mana saja, maka ada baiknya kamu mulai berfikir menggunakan angkutan umum atau busway yang harganya tentu lebih murah. Kamu juga bisa menghemat biaya makan. Memang terdengar menyiksa diri namun sebenarnya harga makanan di warung jauh lebih murah dan tidak kalah enak dibanding dengan makanan-makanan yang ditawarkan di restoran atau mall. Kamu juga bisa mulai memasak sendiri di kos jika memungkinkan.

Hindari Mengeluarkan Uang Secara Spontan

Tidak belanja berlebihan.
Hindari belanja dadakan. Photo by @byfoul

Tips menabung untuk mahasiswa selanjutnya adalah hindari mengeluarkan uang secara tiba-tiba. Pengeluaran semacam ini biasanya adalah uang nongkrong, belanja hal yang tidak mendesak di mall dan lain sebagainya. Dengan menghindari hal ini kamu bisa menghemat lebih banyak uang bulanan kamu. Kamu sesekali memang bisa tetap nongkrong atau jajan namun ada baiknya tidak selalu dan tidak dilakukan tiap hari karena ini tidak akan bisa membuat kamu menabung.

Akali Buku Kuliah

Tips hemat untuk mahasiswa
Mengakali buku kuliah dengan pinjam di perpustakaan, Photo by @lightrisephotography

Bagi mahasiswa biaya membeli buku kuliah di awal semester tentu saja menjadi biaya yang besar. Kamu harus bisa cerdas menyiasatinya. Apa yang perlu kamu lakukan? Kamu bisa meminjam buku dari teman lalu kamu fotokopi atau kamu bisa juga mencari kakak tingkat untuk coba meminjam buku-buku yang sudah tidak dipakai lagi. Hal ini akan membuat kamu banyak menghemat uang. Yang terpenting adalah bisa tetap membaca buku tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Uang yang harusnya digunakan untuk membeli buku bisa kamu masukkan ke dalam anggaran tabungan.

Baca juga: Lanjut S2 atau Kerja? Pertimbangkan Dulu Hal-Hal Ini

Memanfaatkan Kartu Mahasiswa

Tips hemat untuk mahasiswa.
Manfaatkan kartu mahasiswa. Photo by AnakUI

Tips menabung untuk mahasiswa yang juga perlu kamu coba adalah dengan memanfaatkan kartu mahasiswa. Tahukah kamu kalau banyak tempat belanja, toko-toko dan bahkan bengkel yang menawarkan harga mahasiswa? Kamu bisa banget menggunakan kartu mahasiswa atau status mahasiswa kamu tersebut untuk menghemat pengeluaranmu setiap bulannya. Kamu tidak perlu sungkan memanfaatkan kartu mahasiswa kamu itu. Kamu bisa menghemat 10-15% dari harga yang seharusnya kamu bayarkan.

Menentukan Target

Prinsip kerja
Menetapkan target. Photo by Pixabay

Trik selanjutnya yang juga bisa kamu lakukan adalah menentukan target barang yang hendak kamu beli. Dengan menentukan target ingin mendapatkan sesuatu maka kamu mau tidak mau harus menyisihkan uangmu agar lebih cepat bisa mendapatkan target yang kamu inginkan. Kamu bisa menempel target-target apa saja di dinding kamarmu supaya tiap hari kamu terpacu untuk selalu menabung demi mendapatkan apa yang kamu ingin beli.

Menabung juga diperlukan waktu yang tidak sebentar. Agar kamu lebih banyak mendapatkan tabungan ada baiknya kamu menabung di tempat yang memang kamu tidak akan bisa mengambilnya untuk kurun waktu tertentu. Jangan menabung dengan toples yang mudah kamu buka dan ambil. Ini tidak akan membuat kamu bisa lancar menabung karena kamu akan ingin mengambilnya ketika ada kebutuhan yang mendesak. Itu dia beberapa tips menabung untuk mahasiswa yang perlu kamu coba.

Mungkin Anda juga menyukai