Tips Belanja Online yang Bijak Agar Tidak Bikin Kantong Kempes

ilustrasi orang sedang bersiap untuk belanja online
Tips Belanja Online yang Bijak Agar Tidak Bikin Kantong Kempes. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Menjelang akhir tahun, biasanya banyak diskon dan promo yang ditawarkan oleh berbagai platform. Mulai dari toko-toko online hingga beberapa platform ecommerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan sebagainya.

Biasanya, mereka menawarkan promo belanja online harbolnas 10.10, 11.11, hingga 12.12. Dan promo atau diskon yang diberikan itu cukup menggiurkan.

Bayangkan saja, harga produk apple yang bisa dikatakan mahal itu dapat kamu beli dengan harga yang miring saat ada promo belanja tersebut. Sangat menggiurkan bukan? Belum lagi produk sehari-hari lainnya.

Meski begitu, kamu tetap harus bijak saat belanja online ya TemanKlik. Sebab, jika tidak, kamu akan kalap dan kondisi itu tentu sangat mempengaruhi keadaan finansialmu. Kamu tidak mau kan, uangmu habis percuma untuk membeli produk-produk yang tidak diperlukan TemanKlik?

Belanja online yang bijak

Nah, agar bisa belanja online yang bijak, apalagi saat banyak promo seperti saat ini, yuk simak tipsnya di bawah ini TemanKlik.

  • Siapkan budget
ilustrasi menyiapkan budget untuk belanja
Siapkan budget. Photo by Pexels

Mumpung masih belum memasuki masa-masa promo besar-besaran nih, ada baiknya kamu menyiapkan budget untuk belanja. Disarankan budget tersebut didapatkan dengan cara menyisihkan pendapatan secara rutin.

Hal itu agar budgeting yang sudah kamu susun sejak lama tidak berantakan. Selain itu, tentu dapat mengamankan keadaan finansialmu bukan?

Baca juga: Latihan Ini Bisa Kamu Pakai Sebagai Cara Mengatur Keuangan agar Bisa Menabung

  • Catat barang-barang yang dibutuhkan
Buat daftar belanja
Buat daftar belanja agar membeli barang yang dibutuhkan. Photo by Pixabay

Setelah menyiapkan budget, selanjutnya sesuaikan dengan barang-barang yang memang sedang kamu butuhkan. Dengan begitu, setidaknya budget yang sudah kamu siapkan sebelumnya syukur-syukur bisa memenuhi belanja kebutuhanmu.

Namun jika masih kurang, coba untuk difilter lagi ya TemanKlik. Coba diurutkan sesuai prioritas kebutuhanmu.

  • Jangan fokus di satu toko
Membandingkan harga barang antar toko
Jangan ragu membandingkan harga antar toko. Photo by Pixabay

Saat akan berbelanja, jangan hanya terpaku pada satu toko saja. Sebab, biasanya hampir semua toko akan memberikan diskon. Apalgi di momen promo belanja online.

Coba bandingkan harga barang yang sama di tiap toko yang ada. Memang cukup merepotkan sih, namun jika kamu mendapatkan produk yang diinginkan dengan harga miring menyenangkan bukan?

  • Manfaatkan diskon dan promo
Salah satu promo yang ada, yaitu black friday sale
Memanfaatkan promo. Photo by Pexels

Sudah tentu jika kamu belanja saat musim harbolnas, ada banyak diskon dan promo yang bisa digunakan. Manfaatkan ya TemanKlik!

  • Kendalikan diri
Mengeluarkan kartu ATM untuk siap-siap belanja
Kendalikan diri. Photo by Pixabay

Dengan banyaknya diskon dan promo yang tersedia bukan berarti kamu harus belanja seenakmu ya. Kamu tetap harus mengendalikan diri.

Ingat daftar barang-barang kebutuhan yang sudah disusun sebelumnya. Ingat juga budget yang sudah disiapkan.

Jika ada sisa dari budget yang tersedia, lebih baik disimpan atau ditabung saja untuk persiapan harbolnas tahun-tahun berikutnya. Lumayan bukan?

Demikian beberapa tips belanja online yang bisa kamu lakukan agar bisa lebih bijak dalam menggunakan uangmu. Dengan mengikutinya, setidaknya keuanganmu bisa tetap stabil meskipun kamu membelanjakan uangmu untuk banyak produk yang kamu butuhkan. Dompet tenang, kamu senang bukan?


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai