Supaya Hemat, Yuk Belajar Cara Belanja Puasa yang Efektif dan Efisien 

tips belanja hemat
Supaya Hemat, Yuk Belajar Cara Belanja Puasa yang Efektif dan Efisien. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Mungkin kamu sadar betul mengapa sebaiknya masak sendiri di rumah selama Ramadhan. Yaps. Karena dengan masak sendiri, kamu bisa berhemat. Namun, kamu juga perlu tahu lho bagaimana belanja puasa yang efektif dan efisien. Karena tanpa tahu hal ini, kamu tetap akan boros meskipun sudah memutuskan masak makanan sendiri selama bulan Ramadhan.

Apakah itu artinya kamu tidak boleh jajan di luar selama puasa? Tentu tidak seperti itu. Ada kalanya kamu bisa beli takjil atau buka bersama di luar. Akan tetapi, itu hanya bisa kamu lakukan sesekali saja, tidak terlalu sering.

Nah, bagaimana sih agar belanja puasa yang efektif dan efisien? Setidaknya, kamu harus membagi dulu antara bahan yang tahan lama dan tidak tahan lama. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: Cara Belanja Online agar Barang Sesuai yang Diharapkan

Bahan Tahan Lama vs Bahan Tidak Tahan Lama 

Belanjaan bisa dengan mudah kita bagi menjadi dua kategori. Yang pertama adalah belanjaan yang tahan lama. Ini meliputi bahan seperti, gula, beras, garam, minyak goreng, dan lain sebagainya. Bahan makanan yang tergolong frozen food juga termasuk ke dalam bahan tahan lama karena belanjaan seperti itu bisa disimpan lama di freezer.

Sementara itu, apa contoh dari bahan belanjaan yang tidak tahan lama? Misalnya saja sayur-sayuran. Memang benar sayuran bisa disimpan di dalam lemari es. Akan tetapi, meskipun demikian, tetap saja sayuran akan layu. Sayuran semakin lama semakin tidak fresh.

Nah, khusus untuk bahan belanjaan yang tidak tahan lama, kamu bisa berbelanja secara berkala. Misalnya saja kamu belanja sayuran dua atau tiga hari sekali di pasar atau di tukang sayur yang lewat di depan rumah.

Bagaimana dengan bahan belanjaan yang tahan lama? Nah ini ada tips yang bisa kamu terapkan agar belanja puasa yang efektif dan efisien untuk belanjaan kategori ini. Apa saja tipsnya?

  1. Buat Daftar Belanja

Pertama-tama, kamu perlu membuat list bahan belanjaan yang ingin dibeli. Untuk bisa memiliki daftar belanjaan ini, tentu saja kamu perlu mempertimbangkan masakan apa yang ingin dibuat selama bulan Ramadhan.

Dalam hal ini, pertimbangkan membeli bahan makanan yang fleksibel. Artinya, bahan makanan tersebut bisa dimasak dalam berbagai bentuk hidangan. Misalnya saja bisa belanja frozen food yang bisa kamu olah menjadi berbagai masakan.

Selain itu, ada baiknya juga untuk memikirkan menu sederhana. Kamu tidak ingin repot untuk menyiapkan menu berbuka, bukan? Apalagi untuk menu sahur. Agar tidak malas-malasan, ada baiknya pilih menu makanan yang mudah dimasak. Menu makanan yang tidak butuh waktu lama untuk menyiapkannya. Ini juga menjadi pertimbangan stok bahan makanan apa yang perlu kamu simpan.

  1. Beli di Tempat Grosir

Sudah punya daftar belanjaan yang ingin dibeli? Lanjut memilih tempat belanja. Pilih tempat grosir. Sekarang, ada banyak pilihan minimarket grosir yang menjual berbagai bahan makanan dengan harga yang terjangkau.

Selain lebih murah, tempat grosir juga komplit. Jadi, kamu tidak perlu berpindah ke beberapa tempat belanja yang beda untuk memenuhi kebutuhan bahan makanan yang kamu ingin beli. Ini bagian yang cukup penting ketika kamu ingin belanja puasa yang efektif dan efisien. 

  1. Manfaatkan Diskon 

Karena kamu belanja di awal bulan puasa, biasanya tidak ada banyak diskon. Pasalnya, pusat perbelanjaan biasanya menyiapkan diskon di akhir bulan puasa atau menjelang Idul Fitri.

Akan tetapi, bukan berarti tidak ada kemungkinan kamu dapat diskon. Kamu hanya perlu jeli bagaimana pusat perbelanjaan memberikan diskon. Diskon bukan hanya diberikan menjelang hari raya. Ada juga diskon dengan syarat minimum belanja.

Nah, karena kamu berbelanja dalam jumlah yang banyak, kemungkinan besar bakal dapat diskon. Atau cari saja bahan makanan yang mungkin sedang didiskon oleh pihak penjual.

  1. Manfaatkan Voucher Belanja

Bukan hanya diskon saja yang bisa membuat kamu berhemat. Manfaatkan juga voucher belanja. Lagi-lagi ini menjadi kelebihan ketika kamu berbelanja dalam jumlah yang banyak. Ada kemungkinan kamu mendapatkan voucher.

  1. Belanja Online 

Tidak ada salahnya kamu coba berbelanja secara online. Ini juga termasuk tips belanja puasa yang efektif dan efisien lho.

Ada banyak sekali pelaku bisnis yang hanya menjual produk mereka secara online. Dan harganya jauh di bawah harga pasar lho.

Jadi, coba saja kamu mencari toko-toko online yang menjual bahan makanan yang sedang dicari. Barangkali saja ada toko online yang menawarkan harga spesial. Apalagi sekarang ada juga yang berani memberikan layanan tambahan seperti layanan delivery tanpa biaya. Kamu tidak perlu lagi keluar rumah untuk berbelanja, bukan?

Itulah beberapa tips belanja puasa yang efektif dan efisien. Sekarang, yang kamu perlukan adalah take action. Mulai saja. Mulai dengan menerapkan tips pertama. Lalu, buat janji kepada diri sendiri agar kamu bisa melakukan apa yang sudah dijadikan komitmen untuk hidup hemat selama bulan puasa.

Akan ada banyak tantangan selama bulan Ramadhan. Misalnya saja godaan untuk buka bersama di luar dengan teman, aneka jajanan takjil di tempat bazar Ramadhan, dan juga postingan teman di media sosial yang menawarkan camilan.

Tentu bukan hal yang salah ketika kamu membeli makanan atau jajanan dari rumah. Asalkan terlalu sering, itu tetap akan membuat keuangan kamu sehat.

Kamu harus tahu kebanyakan orang boros selama puasa. Dan saat Idul Fitri tiba, mereka merasa tabungan ludes. Mereka pun seolah dipaksa untuk memulai menabung lagi setelah Hari Raya sudah usia. Kamu tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan? Makanya, yuk terapkan tips belanja puasa yang efektif dan efisien.

Mungkin Anda juga menyukai