Selain Bank, Ini Dia Sumber Modal Usaha Kecil yang Mudah Diakses

sumber modal usaha kecil
Selain Bank, Ini Dia Sumber Modal Usaha Kecil yang Mudah Diakses. Photo by @adeolueletu
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Saat ini, semakin banyak sumber modal usaha kecil. Bukan hanya bank. Ada semakin banyak pilihan lainnya. Dan beberapa modal bisa diakses tanpa memberatkan kamu sebagai peminjam

Banyak sekali pebisnis yang merasa khawatir saat meminjam uang dari bank. Yang ada di benak mereka adalah ketika usaha tidak berjalan sesuai harapan. Tentu mereka akan terbebani dengan cicilan dan juga biaya yang harus dikeluarkan untuk jalannya bisnis.

Solusinya adalah mencari sumber modal bisnis kecil lainnya yang tidak terlalu memberatkan.

5 Sumber Modal untuk Bisnis Kecil-Kecilan

sumber modal usaha kecil
Sumber modal untuk bisnis. Photo by Pixabay

Menjalankan sebuah bisnis itu membutuhkan modal. Jumlah modal yang diperlukan tergantung jenis bisnis yang kamu jalankan. Untuk itu, akan lebih bijak jika kamu memikirkan opsi teringan untuk akses permodalan. Berikut ini 5 sumber modal usaha kecil yang bisa kamu coba dapatkan:

Jual Aset

sumber modal usaha kecil
Jual aset. Photo by Pixabay

Sebelum memutuskan untuk meminjam uang dari pihak manapun, akan lebih baik jika kamu pikirkan apa yang bisa kamu lakukan terlebih dahulu. Misalnya saja kamu bisa jual aset. Contohnya saja emas, kendaraan, dan lain sebagainya. Pilih aset yang tidak begitu berkembang seperti kendaraan. Karena kendaraan harganya terus turun. Jika dijual, akan lebih bermanfaat ketika uang dari hasil jualan kendaraan dipakai untuk usaha. Uang akan lebih berkembang.

Menggadaikan Barang Berharga

sumber modal usaha kecil
Gadaikan barang. Photo by Grid Oto

Jika menjual aset terasa terlalu berat, opsi lain adalah menggadaikan barang berharga. Punya emas di rumah? Kamu bisa gadaikan di Pegadaian. Uang bisa kamu dapatkan sebagai modal tanpa harus kehilangan aset.

Ada beberapa barang berharga yang bisa digadaikan, seperti emas, sertifikat tanah, sertifikat rumah, atau BPKB. Ini pilihan yang lebih baik daripada menjual aset yang nilainya bisa terus naik.

Baca juga: Lakukan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan, Perhatikan Hal Ini

Cari Investor

sumber modal usaha kecil
Cari investor. Photo by Pexels

Jika dua opsi sebelumnya mengandalkan dari diri sendiri, kamu juga bisa coba untuk mencari permodalan dari luar. Cari investor. Karena banyak sekali orang saat ini yang punya banyak uang dan ingin terus dikembangkan. Di sisi lain, banyak juga orang kaya yang ingin membantu orang lain untuk membangun usaha. Tentu saja bukan sekedar membantu tapi juga ada simbiosis mutualisme. Mereka sebagai investor juga ingin mendapatkan sharing profit dari kegiatan usaha tersebut.

Akan tetapi, untuk mendapatkan investor, usaha yang kamu jalankan harus jelas, terukur, dan proven atau terbukti. Tunjukkan bahwa bisnis kamu potensial. Jika itu bisa kamu lakukan, kamu tidak perlu mencari investor. Investor yang datang ke kamu untuk menanamkan modal.

P2P Lending

sumber modal usaha kecil
Peer to peer lending. Photo by Cekaja

Apakah kamu tahu apa itu P2P Lending? Secara sederhana, ini merupakan platform online yang mempertemukan orang yang meminjamkan uang dengan peminjam. Orang yang memiliki uang bisa memilih kepada siapa uang dipinjamkan. Dalam hal ini, pihak P2P Lending akan membantu kedua belah pihak (pemberi pinjaman dan peminjam) agar kerja sama berjalan dengan baik.

Pinjaman Online

sumber modal usaha kecil
Pinjaman online. Photo by Pexels

Ada banyak sekali perusahaan pinjaman online saat ini. Kamu bisa manfaatkan perusahaan tersebut. Ini cocok sekali untuk kamu yang sedang mencari sumber modal usaha kecil. Perusahaan pinjaman online lebih cepat dan mudah memproses pengajuan pinjaman. Namun, pastikan kamu memilih perusahaan pinjaman online yang resmi dan sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Beberapa sumber modal usaha kecil tersebut bisa kamu coba. Apalagi jika selama ini kamu kesulitan untuk mengakses pinjaman ke bank. Kamu tidak boleh menyerah karena masih banyak opsi lain untuk mendapatkan modal selain bank.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai